Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 10


Windows 10 adalah sebuah sistem operasi versi terbaru yang dikembangkan oleh microsoft yang kini sudah dapat diunduh gratis. Sebelum memutuskan untuk upgrade ke windows 10 ada baiknya jika anda mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sistem operasi ini. Artikel kali ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan OS windows 10 untuk menambah pengetahuan anda sebelum menjalankannya.

Kelebihan sistem operasi windows 10

  1. Menampilkan kembali tombol “Start”

Jika sebelumnya pada windows 8 tidak memiliki tombol start namun terdapat pada windows sebelumnya yaitu windows 7, kini pada versi terbaru sistem operasi windows 10  pihak microsoft menampilkan kembali tombol start tersebut. Hal ini kerana sebelumnya pihak microsoft telah mendapatkan banyak kritikan serta saran agar mengembalikan tombol start kerana hanya dianggap sebagai ikon dari windows.

  1. Menghadirkan Cortana

Kali ini pihak microsoft menambahkan fitur terbaru ke dalam sistem operasinya yaitu cortana. Cortana adalah sebuah digital assistant yang dapat membantu mempermudah aktivitas para penggunanya dalam melaksankan berbagai hal hanya melalui perintah suara. Selain itu, cortana juga bisa mengetahui serta mempelajari hal yang seringkali dilakukan pengguna ketika mengoperasikan komputer. Tidak hanya itu, cortana bisa diberikan perintah untuk menceritakan obrolan lucu atau dapat juga dijadikan teman untuk curhat.

  1. Web browser terbaru “Microsoft Edge”

Jika sebelumnya banyak pengguna mengeluh bahwa bawaan web browser windows terdahulu lebih berat dan sering lemot seperti internet explorer. Maka dengan alasan itu, pihak microsoft menampilkan web browser terbarunya yaitu microsoft edge yang dapat bekerja dengan lebih baik dan bawaannya lebih ringan serta terbukti koneksi data internet nya lebih cepat. Selain itu, kelebihan lain dari microsoft edge ini juga adalah anda bisa menulis atau mencoret sebuah halaman web untuk menambahkan sebuah catatan yang diinginkan serta bisa mengirimkan catatan tersebut kepada pengguna windows 10 yang lain.

  1. Multitasking

Pada kali ini pihak microsoft menampilkan fitur barunya yang belum pernah ada pada windows terdahulu yaitu sebuah fitur multi-doing dan virtual desktop dimana pengguna dapat melihat dan menjalankan beberapa aplikasi dalam satu layar sekaligus dalam bentuk yang ringkas. Ini merupakan suatu pencapaian yang baru yang dilakukan oleh microsoft untuk lebih memudahkan para pengguna sistem operasinya.

  1. Disematkan aplikasi Windows Store

Kelebihan lain yang ditawarkan windows 10 adalah terdapat penyediaan aplikasi windows store dimana seluruh konten yang terkandung didalamnya sudah disertifikasi secara legal oleh pihak microsoft. Hal ini memudahkan para pengguna mengunduh berbagai aplikasi, video, game atau musik sama ada berbayar maupun gratis.

  1. Menghadirkan fitur baru “Continuum”

Hadirnya fitur continuum memungkinkan para pengguna agar dapat menghubungkan perangkat komputer dengan smartphone yang masing-masing menggunakan sistem operasi windows 10. Namun dapat juga melakukan konektivitas dengan perangkat lain seperti android atau ios dengan tambahan aplikasi “phone companion app” sebagai pendukung. Hal menarik lain yang bisa dilakukan adalah pengguna dapat merubah tampilan desktop menjadi tampilan smartphone begitu juga sebaliknya dapat merubah tampilan smartphone menjadi tampilan layar desktop.

  1. Sistem keamanan lebih futuristik

Kini windows 10 meningkatkan sistem keamanannya menjadi lebih canggih dan futuristik yang disebut “windows hello”. Melalui windows hello para pengguna harus melakukan scan wajah atau lakukan tes fingerprint agar dapat masuk ke dalam perangkat komputer. Dengan adanya pembaruan seperti ini, pengguna tidak perlu repot memasukkan kata sandi sama ada dalam bentuk tulisan ataupun angka secara manual.

Kekurangan sistem operasi windows 10

  1. Sulit menggantikan default browser

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa windows 10 memperkenalkan web browser terbarunya yaitu microsoft edge yang dapat bekerja dengan baik. Namun yang menjadi permasalahan adalah para pengguna akan mengalami kesulitan menggantikan web browser tersebut kerana pihak microsoft sendiri memproteksi sistem operasinya. Jika pengguna ingin mencoba melanggarnya maka dapat menimbulkan kesan buruk yaitu berlaku crash pada sistem operasi.

  1. Size data yang besar

Walaupun unduhan sistem operasi windows 10 ini gratis namun semasa proses unduhan dijalankan membutuhkan dukungan sinyal internet yang bagus atau kuat kerana besaran data yang dibutuhkan untuk mengunggah sistem operasi ini mencapai 3 gb. Perlu diketahui juga bahwa proses unduhan berjalan tanpa bisa dipause sehingga jika berlaku kegagalan jaringan, para pengguna harus ekstra sabar untuk mendownload ulang dari awal.

  1. Tidak semua perangkat kompatibel

Bagi para pengguna yang yang hobi memperbanyak aplikasi dan game maka sistem operasi windows 10 kurang cocok kerana seperti yang kita sudah ketahui bahwa sistem operasi ini masih baru jadi kompatibilitas terhadap berbagai aplikasi masih belum banyak. Oleh kerana itu, lebih baik jika pengguna melihat spesifikasi minimum untuk menjalankan windows 10 dengan lancar seperti yang telah dicantumkan pada halaman web resmi microsoft.

Beli Windows 10 Sekarang

 



Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi windows 10, semoga dapat membantu menambah informasi buat anda yang masih membuat pertimbangan untuk memilih windows 10. (Oleh Kontributor)


2 Comments

  1. abahadil Juni 5, 2017
  2. Abdul Malik Juni 6, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+