Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika


Kawasan ekonomi khusus Mandalika ini terletak di Nusa Tenggara Barat. Ada apa sebenarnya dengan kawasan ini? Wilayah ini mulai dikenal khalayak ramai khususnya setelah Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah vlog menggambarkan keindahan kawasan ekonomi khusus ini. Vlog itu bertepatan dengan waktu pembukaan Kawasan Mandalika yang diresmikan Presiden sendiri.

Kawasan ini telah dibangun sejak 29 tahun silam namun tak kunjung selesai. Presiden mengaku senang karena akhirnya proyek ini dapat selesai di masa jabatannya. Sekarang kawasan ekonomi khusus mandalika sudah dibuka, investasi telah mulai masuk. Harapannya tentu akan membawa manfaat untuk masyarakat di NTB.

Melihat waktunya yang memakan 29 tahun, kawasan ekonomi khusus Mandalika ini sepertinya bukanlah proyek sembarangan. Wilayah ini disiapkan untuk menjadi lokasi wisata unggulan di Pulau Lombok, NTB.

Luas lahan kawasan ekonomi khusus ini mencapai 1.034 hektar yang dirampungkan PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC). ITDC merupakan BUMN yang juga berhasul mengembangkan kawasan wisata Nusa Dua di Bali.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Strategis

Letak kawasan wisata Mandalika termasuk strategis di Pulau Lombok. Jaraknya hanya 30 menit dari Bandara Internasional Lombok dan membentang dari Pantai Kuta, Pantai Seger sampai Pantai Tanjung Aan.

Pantai Kuta telah dikenal pasirnya putih dan kejernihan air lautnya ditambah latar belakang perbukitan merupakan pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Sebuah Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang sangat khas dari masyarakat Sasak merupakan penghuni asli Pulau Lombok. Mereka juga tak jauh keberadaannya dari kawasan ekonomi khusus ini.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan jika berbagai fasilitas penunjang akan dibangun di kawasan Mandalika tersebut.

Kawasan Mandalika akan  dilengkapi dengan 10ribu kamar hotel, tempat pertemuan, dan sirkuit balap kelas dunia.

Enoh Pranoto, Sekretaris Dewan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, membenarkan jika di kawasan ekonomi ini akan dibangun sirkuit balap.

Sebanyak 8 investor sudah pada tahap permulaan yang berminat mendirikan resort atau hotel di Kawasan Ekonomi Khusus ini. Total investasinya akan mencapai13 triliun rupiah.

Harapan Besar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Tidak mengherankan jika Presiden Joko Widodo menempatkan harapan besar pada kawasan Mandalika ini.



Harapan besar tentu disandarkan pada pembangunan kawasan ini. Tujuannya agar rakyat menikmati manfaat investasi yang masuk dan berdampak langsung pada kesejahteraan mereka. Diprediksi bahwa kawasan ini akan membuka 58ribu lowongan kerja. (foto: Antara/Ahmad Subaidi)


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+