Jawaban Target Ambisius Alexa 3 Bulan Lalu

Wah sepertinya, jadwal terlalu padat hingga saya terlupa akan postingan yang satu ini. Karena sudah teringat ya inilah saatnya mengungkap apa adanya bagaimana jawaban target ambisius alexa 3 bulan lalu.

Jawaban cepat saya adalah Target Tidak Tercapai! Namun ada hal menarik lainnya dalam uji coba yang telah dilakukan untuk mewujudkan target itu. Hal menarik inilah yang akan saya bagikan dalam postingan ini. Jadi baca sampai habis ya … πŸ˜‰

Jawaban Target Ambisius : Tidak Tercapai

Baca postingan sebelumnya :
http://notordinaryblogger.com/target-ambisius-tahun-2013-meraih-peringkat-alexa-50k-dalam-3-bulan/

Nah, sekarang mari kita lihat saja langsung peringkat alexa blog ini setelah 3 bulan mencanangkan target ambisius ….

Alexa Bulan Mei 2013

Bisa dilihat sendiri (meski telat … seharusnya postingan ini dimuat tanggal 6 Mei 2013) peringkat Alexa blog ini turun menjadi hampir mendekati 200K.

Kenapa demikian? Sulit juga untuk menjelaskan karena hanya ada satu perubahan dalam jadwal blogging saya, yaitu minimnya promosi.

Hal Menarik Yang Terjadi

Sejak Januari tahun ini permintaan blogger asing untuk menjadi penulis tamu lumayan banyak. Akhirnya saya harus memberi waktu ekstra untuk melakukan evaluasi atas permintaan-permintaan yang masuk.

Mengevaluasi tulisan blogger lain bukan perkara mudah, saya harus melihat keaslian, nilai yang diberikan dan sebagainya.

Di sisi lain saya ingin meningkatkan penjualan spot iklan melalui blog ini baik dalam bentuk banner ataupun artikel. Kenapa? Sebagai part-time blogger waktu adalah musuh utama saya, dan penghasilan dari spot iklan di blog dengan target luar negeri sangat membantu karena kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan harga yang relatif bisa dinegosiasikan.

Oleh karena itu juga, sejak awal tahun 2013, notordinaryblogger mengembangkan strategi mendapatkan pengunjung yang tertarget guna menarik peminat iklan produk terkait. Berdasarkan riset pribadi, maka pengunjung yang potensial mendatangkan minat pemasang iklan adalah pengunjung dari Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Inggris.

Strategi ini belum dapat diungkap karena masih dalam pengembangan dan memerlukan banyak sekali bukti pendukung. Sebagai awal pengembangan dan bukti tersebut, notordinaryblogger telah mendapatkan kunjungan yang stabil dari pembaca Amerika Serikat. Darimana tahunya? Lagi-lagi Alexa.

Ya, Alexa sangat bermanfaat bagi blog ini untuk melakukan berbagai uji coba untuk mengetes seberapa baik sebuah strategi mendatangkan hasil yang ditargetkan. Meskipun target 50K tidak tercapai namun target pembaca spesifik dari suatu negara (Amerika Serikat) mulai membuahkan hasil.

Alexa Bulan Mei 2013 2

Bisa dilihat sendiri bukan? Bagi yang tidak mengerti mari saya jelaskan sedikit. Indonesia jelas menjadi pengunjung terbesar karena itulah negara tempat saya berada, dan postingan notordinaryblogger tersedia dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Jadi, menjadi sangat lumrah jika blogger Indonesia akan mendapatkan peringkat alexa regional Indonesia yang tertinggi.

India muncul sebagai yang kedua, karena memang saya pernah mencoba jasa link building dari India sebagai bentuk afiliasi marketing yang saya lakukan (artinya saya coba dulu sebelum menawarkan. Dana yang saya investasikan di sana kurang lebih $45 dan pembayaran dilakukan melalui Paypal).

Kemudian Amerika Serikat di tempat ketiga. Seperti sudah diulas sedikit sebelumnya, sejak Januari, notordinaryblogger sedang mencoba strategi membangun pembaca tertarget dengan bantuan Alexa sebagai alat pembuktiannya.

Pernah Coba Target Ambisius di Blog Sendiri?

Sebenarnya ada niatan untuk membuka strategi (yang masih dalam pengembangan) iniΒ  nantinya namun dalam versi eBook eksklusif yang tidak gratis. Namun ya, ini baru rencana, karena jika pembaca harus membayar untuk mendapatkannya, isi eBook harus bisa dipertanggungjawabkan ;), maka dari itu masih lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan eBook kedua ini.

Nah, sekian dulu. Maaf atas keterlambatannya, postingan ini seharusnya saya muat tanggal 6 Mei lalu.

10 Comments

  1. Kang Jum Mei 12, 2013
    • Okto Mei 13, 2013
  2. manz Mei 15, 2013
    • Okto Mei 15, 2013
  3. bayu Mei 23, 2013
  4. Rina Mei 29, 2013
    • Okto Mei 29, 2013
      • Rina Juni 1, 2013
  5. mariodevan Februari 21, 2014
  6. Okto Februari 21, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge