Fakta Penting Corporate Blog

corporate blog Fakta Penting Corporate Blog

Ketika Anda mengalami kekecewaaan terhadap suatu produk atau brand. Seseorang bisa saja menuliskan keluhannya langsung ke koran nasional dan menceritakan tentang betapa buruknya pelayanan atau kurang puasnya ia kepada suatu brand atau produk tersebut.

Kita mungkin seringkali membaca berbagai keluhan tersebut di surat pembaca karena memang Surat pembaca merupakan sarana publik yang mengungkapkan pendapat seseorang terhadap suatu produk.

Namun mengapa hal seperti ini terus bermunculan setiap hari dan tak ada habisnya?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mencurahkan kekecewaannya langsung ke media melalui surat pembaca. Padahal hal seperti ini tidak perlu terjadi seandainya komunikasi antara produsesn dan konsumen lebih mudah dan transparan.

Ada ruang yang tepat untuk konsumen yang dapat menananyakan permasalahan dan produsen dapat menjelaskannya. Dan tentunya tempat tersebut harus mudah diakses dan informasinya lengkap.

Corporate Blog Solusinya

Alternatif ruang informasi yang tepat bagi perusahaan adalah corporate blog atau blog untuk perusahaan.

Corporate blog adalah blog yang berisikan materi yang dipublikasikan, dibuat dan didukung oleh perusahaan atau organisasi tertentu sebagai media komunikasi.

Dari sisi komunikasi corporate blog  dapat membantu informasi dan komunikasi pemasaran untuk lebih dekat ke konsumen. Selain itu komunikasi antara perusahaan dan konsumen akan lebih transparan dan semua orang dapat melihat bagaimana perusahaan Anda dapat melayani konsumen dengan tepat.

Blog Sebagai Media Informasi

Blog perusahaan juga dapat memberikan informasi atau tips – tips tentang produk yang ia miliki.

Contoh blog-blog perusahaan yang telah berjalanan lama adalah blog http://indolokbaktiutama.blogspot.com yaitu blog perusahaan Indolok Bakti Utama yang memberikan informasi tentang produk – produk alat keamanannya seperti tips tentang CCTV, maupun cara penggunaan alat pemadam sebagai contohnya.

Blog perusahaan juga dapat menjadi wadah yang tepat untuk menjelaskan produknya lebih rinci lagi. Di blog perusahaan tersebut Anda dapat menyediakan kolom review yang dapat diisi siapa saja yang ingin mereview produk Anda.

Selain menggunakan platform blogspot, wordpress,  akan lebih baik lagi blog perusahaan memiliki domain sendiri atau sub-domain dari perusahaan tersebut.

Contoh blog perusahaan yang dapat kita ambil yaitu blog dari perusahaan fotocopy http://www.no1-office.com ia menggunakan subdomain untuk membuat blog perusahaan yang berlokasi di http://photocopyblog.no1-office.com yang menjelaskan lebih rinci dan detail tentang produk serta tips fotocopy.

Blog perusahaan adalah tempat para konsumen mendapatkan informasi bukanlah tempat promosi secara terang-terangan. Blog perusahaan bisa dibuat dengan gaya yang lebih personal dan tidak perlu terlalu formal.

Hal ini dapat memudahkan pembaca menikmati sajian informasi tentang perusahaan tersebut. Bisa dibilang soft selling dengan membuat konten marketing yang tepat pada pembaca.

Dan efek positif dari membuat blog perusahaan yaitu pelanggan yang dapat berinteraksi di blog perusahaan tentu akan merasa nyaman, karena dianggap dilayani dengan baik.

Corporate Blog + Social Media

Para konsumen dapat bertanya atau sekedar memberi masukan secara bebas, dan memperoleh tanggapan dari perusahaan dengan segera. Selain membuat blog perusahaan akan lebih baiknya lagi jika ditambah dengan akun social media seperti fanspage facebook dan akun twitter.

Pelanggan atau konsumen akan lebih nyaman dengan dan mudah menanyakan sesuatu jika ada masalah. Namun social media kurang tepat untuk menjelaskan secara jelas tentang suatu hal detail maka dari itu social media adalah penunjang blog perusahaan agar lebih baik.

Sayangnya masih banyak perusahaan yang tidak membuat blog perusahaan, yang mereka buat hanyalah terus berpromosi dan akhirnya konsumen tidak mendapat pelayanan yang baik karena merasa di acuhkan setelah membeli produk dari perusahaan tersebut.

Kesimpulannya… bagi Anda yang memiliki perusahaan dan memiliki konsumen banyak dan luas maka kini saatnya untuk membuat blog perusahaan yang dapat melayani konsumen Anda dengan baik serta bisa menjadi media informasi bagi konsumen produk Anda. Terima Kasih.

Tentang Guest Blogger
Artikel ini ditulis oleh Iqbal Maulana (@iq_balle) yaitu seorang konsultan SEO di datamaya  yaitu penyedia layanan jasa SEO dan pembuatan web di Indonesia.

 

3 Comments

  1. Jefry Maret 10, 2013
  2. Nakusan Bali Maret 10, 2013
  3. 3yuwono Maret 11, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge