Ekonomi Digital Meningkatkan Peluang Bisnis Daerah


Ekonomi digital meningkatkan peluang bisnis daerah dapat diwujudkan jika pemanfaatan teknologinya tepat guna. Ekonomi digital adalah usaha – usaha yang dilakukan baik secara individu maupun berkelompok untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan memanfaatkan tekhnologi digital.

Seiring dengan gencarnya pembangunan yang di laksanakan pemerintah saat ini, seperti pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan jalur kereta api, pembangunan jalan tol, perbaikan bandara dan pelabuhan yang bertujuan untuk memudahkan akses ke daerah – daerah terpencil, contohnya menyelesaikan pembangunan Bandara international  Selangit di Toba, Sumatera Utara,  pembangunan Jalan tol transjawa, pembangunan jalur kereta api di sulawesi dan sumatera. Dan pembangunan Palapa Ring yang berguna untuk menyediakan infrastruktur jalur telekomunikasi di berbagai daerah pelosok semakin terhubung.

Dengan semakin mudahnya akses menuju daerah – daerah pelosok terpencil mengakibatkan potensi – potensi daerah yang selama ini tersembunyi khususnya di sektor pariwisata, kebudayaan, lifestyle dan Kuliner dapat terangkat.

Menurut presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara Kompas 100 CEO Forum di Raffles hotel Jakarta pada hari Rabu tanggal 29/11/2017, bahwa orang – orang jaman sekarang mengalami pergeseran pola konsumsi, bahwa orang – orang jaman sekarang lebih suka mencari pengalaman ketimbang membeli barang. Ini trend yang bikin bisnis di Indonesia jadi Naik.

Pengalaman tersebut kemudian di upload di Internet dengan memanfaatkan media facebook, instagram, youtube, ataupun di blog pribadi mereka masing – masing. Sehingga berita tentang keindahan pariwisata, budaya, lifestyle, dan Kuliner pada daerah – daerah terpencil menjadi viral dan tersebar ke seluruh dunia sehingga daerah tersebut menjadi terkenal dan banyak dikunjungi banyak wisatawan dan memunculkan peluang bisnis didaerah semakin tumbuh besar. Trend positif seperti inilah yang diharapkan pemerintah karena meningkatkan bisnis dan pariwisata di daerah – daerah terpencil. Dan pemerintah menyebutnya sebagai ekonomi digital.

Wujudkan Ekonomi Digital Meningkatkan Peluang Bisnis Daerah

Hosting Unlimited Indonesia
Dengan memanfaatkan ekonomi digital ini akan sangat membantu daerah – daerah terpencil di Indonesia untuk meningkatkan daerahnya dari ketertinggalan. Mereka saling  berlomba – lomba untuk mempercantik wilayahnya masing – masing, menciptakan obyek wisata yang baru, mengembangkan kebudayaan dan Kuliner daerahnya.

Momentum ekonomi Indonesia sekarang meningkat, kini saatnya memaksimalkan potensi – potensi daerah supaya meningkat ebih besar lagi dengan mengoptimalkan kan ekonomi digital dan ekonomi kreatif ataupun kolaborasi keduanya untuk memikat para wisatawan pemburu pengalaman.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+