Ecommerce Bukan Penyebab Bangkrutnya Bisnis Ritel


Ecommerce bukan penyebab bangkrutnya bisnis ritel seolah menjadi jawaban atas tudingan jika ecommerce penyebab tutupnya toko ritel besar akhir-akhir ini. Bisnis ritel di Indonesia seolah sedang didera tantangan saat ini. Tidak tanggung-tanggung, toko ritel besar mulai menutup beberapa gerai akibat tingginya biaya operasional. Mulai dari Matahari, Ramayana, 7-Eleven sampai Lotus sudah menutup beberapa gerainya akhir-akhir ini. Debenhams bahkan akan ditutup pada akhir tahun 2017.

Menyikapi tudingan kepada ecommerce sebagai penyebabnya, Pemimpin tokopedia, William Tanujaya menjelaskan jika ecommerce bukan penyebab bangkrutnya bisnis ritel. Pangsa pasar transaksi ecommerce baru mencapai 1 % dari keseluruhan transaksi ritel di Indonesia.

Banyaknya toko yang tutup setiap hari diimbangi dengan banyaknya toko yang buka juga. Di masa mendatang, tokopedia melihat bahwa akan muncul kondisi saling membutuhkan antara toko online dan toko offline. Ketergantungan itu dalam bentuk kolaborasi proses bisnis keduanya. Popularitas bisnis online juga didorong berkat kehadiran toko offline konvensional.

Baca: Strategi Harga Pengaruhi Kepuasan Pelanggan, Kok bias?

Toko Ritel Bangkrut Karena Perubahan Pola Belanja

Adanya perubahan pola belanja konsumen Indonesia yang cenderung mengarah ke proses digital harus diantisipasi pelaku bisnis ritel. Pengalaman belanja konsumen sangatlah penting. Lihatlah Starbuck misalnya, konsumen sekarang dapat membeli produk Starbuck dari smartphone dengan bantuan Go Jek. Itulah ecommerce. Bisnis ritel perlu berkolaborasi seperti itu untuk menjaga penjualan mereka.

Kolaborasi ini sangatlah penting karena momentum pertumbuhan ecommerce sangatlah tepat. Sekarang zamannya sudah berubah, jika bisnis ritel tidak mau menyesuaikan proses bisnis dengan perkembangan yang ada mereka akan tertinggal dengan sendirinya.

Baca: 28 Peluang Usaha Modal Rp 10 jutaan

Setuju Ecommerce Bukan Penyebab Bangkrutnya Bisnis Ritel?

Sebenarnya memang terlalu cepat menyalahkan ecommerce sebagai penyebab tutupnya banyak gerai ritel saat ini. Benar seperti pandangan yang mengungkap jika ecommerce dan toko konvensional akan saling membutuhkan.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+