Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Benar

  • 9
    Shares

Contoh surat kuasa yang benar ini sangat bermanfaat untuk jaman serba sibuk sekarang ini. Maklum saja karena tuntutan pekerjaan atau aktivitas bukan tidak mungkin suatu saat kamu akan membutuhkan bantuan orang lain mewakili kamu mengurus berbagai hal. Nah inilah dimana sebuah surat kuasa dapat berperan.

Surat kuasa dapat digunakan untuk berbagai hal. Namun demikian unsur kesepakatan dalam surat kuasa harus membuat tujuan pemberian kuasa itu halal atau tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan.

Contoh Surat Kuasa Yang Tidak Halal atau Bertentangan dengan Ketentuan

Sebuah surat kuasa itu ada juga yang bertentangan misalkan surat kuasa untuk mencuri barang. Tujuan pemberian kuasa ini tidak halal jadi surat kuasa itu batal demi hukum

Baca: Perjanjian Batal Demi Hukum Apa Maksudnya?

Contoh Surat Kuasa yang Benar

Nah sekarang mari simak contoh surat kuasa yang benar itu seperti apa.

Surat kuasa setidaknya harus mencakup kejelasan Pihak Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa. Untuk menjamin kejelasan itu sebaiknya didasarkan pada dokumen identitas yang diakui dan berlaku seperti Kartu Tanda Penduduk, Surat Ijin Mengemudi atau Paspor.

Lazimnya jika surat kuasa dilakukan antara sesama Warga Negara Indonesia Kartu Tanda Penduduk akan digunakan sebagai rujukan informasi para pihaknya.

Contoh Surat Kuasa (memakai dokumen KTP)

 

SURAT KUASA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

NIK:

Tempat / Tanggal Lahir:

Alamat:

 

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama:

NIK:

Tempat / Tanggal Lahir:

Alamat:

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa

— KHUSUS —

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa melakukan pengambilan kendaraan Toyota Fortuner, Nomor Polisi B 1234 TUK dari Dealer Toyota di Jalan Kemuning No.9 Jakarta Selatan

 

Demikian Kuasa ini diberikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta,  ……. Oktober 2017

Penerima Kuasa                                                                     Pemberi Kuasa

 

 

 

Nama jelas                                                                              Nama jelas

 

Beda Surat Kuasa Khusus atau Surat Kuasa Biasa

Perbedaan utama khusus atau tidak dalam sebuah surat kuasa adalah terdapat tidaknya penulisan — KHUSUS — seperti pada contoh di atas

Untuk kepentingan pemberi kuasa surat kuasa khusus akan lebih menguntungkan karena penerima kuasa hanya memiliki hak dan kewenangan terbatas sebagaimana dituliskan dalam surat kuasa. Artinya jika penerima kuasa melakukan hal-hal diluar apa yang ditulis, tindakan penerima kuasa merupakan perbuatan melawan hukum yang dapat dituntut pertanggung jawabannya.

Baca: Contoh Kasus Penggelapan Uang Perusahaan

Terapkan Contoh Surat Kuasa Yang Benar




Itulah contoh sederhana surat kuasa yang benar. Bookmark postingan ini agar kamu mudah membuat sendiri surat kuasanya. Semoga bermanfaat.


  • 9
    Shares
  • 9
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+