Contoh Manajemen Organisasi

Manusia merupakan makhluk yang tergolong makhluk sosial, makhluk sosial sendiri mempunyai arti sebagai makhluk yang selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, manusia jika ingin mencapai suatu hal mereka tentunya akan membutuhkan orang lain untuk membantu halnya tersebut. Dengan cara ini, manusia akan menjadi manusia yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul. Untuk menyelesaikan masalah, manusia biasanya memiliki suatu kelompok yang mempunyai tujuan bersama. Hal ini di sebut organisasi. Organisasi ini sendiri bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dengan kerja bersama.

Sudah banyak sekali organisasi organisasi yang ada. Organisasi di buat dengan bertujuan menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas antar individu. Hal ini di buktikan dengan adanya kerja sama yang baik dengan antara anggota organisasi. Bukan hanya itu, dengan berorganisasi, kita bisa mendapatkan jati diri kita dari sini. Hal itu karena, anda akan mempunyai pengalaman berorganisasi yang nantinya berguna untuk masa kedepannya dalam hal kepemimpinan. Sudah ada banyak sekali contoh contoh organisasi yang ada dan tentunya anda bisa bergabung atau membuat organisasi organisasi tersebut dengan sendiri. Dalam berorganisasi tentunya tak luput dengan adanya management atau pengaturan jalannya organisasi tersebut. Hal ini di tujukan agar tujuan dari organisasi tersebut bisa menjadi realistis. Berikut ini adalah contoh manajemen organisasi.

1.Organisasi dalam Perusahaan

Salah satu contoh yang mutlak biasa kita temui adalah organisasi dalam perusahaan. Perusahaan tentunya sangat membutuhkan yang namanya manajemen organisasi. Hal ini di karena kan, agar perusahaan tersebut bisa berjalan dengan lancer dan tentunya agar sampai pada target akhirnya yaitu visi. Seluruh perusahaan melakukan management dalam organisasinya, dan management tersebut tentunya berdasarkan pada visi yang telah di tentukan oleh seluruh penduduk organisasi tersebut. Dengan adanya management seluruh kegiatan mulai dari pemimpin, karyawan dan lain lain akan lebih terarah. Dan juga, tujuan lain dari ada nya management para suatu perusahaan akan membuat para karyawan menjadi lebih betah untuk bekerja di perusahaan tersebut. Maka tak heran jika anda sebagai seorang manager perusahaan dan anda menginginkan perusahaan tersebut maju, maka yang pertama harus anda lakukan adalah memanagement kerja dari para karyawan anda. Itu lah yang menentukan keberhasilan dalam mencapai visi dan misi dari perusahaan tersebut.

2.Organisasi dalam Sekolahan

Ini merupakan contoh dari management organisasi yang tentunya sering kita temui pada saat kita mengenyam pendidikan di sekolah. Organisasi ini tumbuh di dalam sekolah. Mengapa ada saja organisasi dalam sekolah? Ya tentu saja, agar seluruh kegiatan yang berbau pendidikan akan menjadi lebih terarah. Siapa kah yang memanagement kegiatan sekolah? Pengatur atau manager dalam sekolah yaitu kepala sekolah. Di sini, kepala sekolah berperan penting dalam mengendalikan seluruh aktifitas sekolah. Mulai dari aktifitas belajar mengajar, kebijakan sekolah dan lain lain. Tak lain dan tak bukan tujuan dari hal ini adalah untuk mendapatkan kemudahan dalam meraih visi sekolah. Bukan hanya kepala sekolah saja yang sebagai penentu keberhasilan dari visi misi sekolah, namun para karyawan sekolah, dan guru guru sekolah juga ikut serta dalam keberhasilan ini. Guru guru dan para karyawan mendapatkan pengarahan dari pihak kepala sekolah dan tentunya kerja sama yang baik akan membuat seluruh target atau tujuan dari sekolah mudah di capai.

Pahami Contoh Manajemen Organisasi

Itulah beberapa contoh manajemen organisasi yang bisa diberikan. Semoga membuat pemahaman Anda semakin lebih baik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+