Contoh Cover Letter Freshgraduate Efektif

  • 1
    Share

Contoh cover letter freshgraduate akan jadi inspirasi untuk pencari kerja yang baru lulus kuliah. Menulis sebuah cover letter freshgraduate dapat menjadi sulit karena minimnya pengalaman. Meskipun demikian, ada sebuah cara untuk menunjukkan kepada calon perekrut bahwa Anda orang yang pas untuk lowongan kerja yang ditawarkan.

Ikutilah contoh cover letter freshgraduate efektif ini untuk memudahkan Anda.

Tips Menulis Cover Letter untuk Freshgraduate

  • Gunakan kata kunci. Perhatikan dengan seksama job description yang ditawarkan. Catat keahliah atau pengalaman yang dimintakan dalam lowongan kerja. Coba masukan kata kunci tadi kedalam cover letter Anda. Ini akan menunjukkan kepada perekrut hubungan antara pengalaman dan pekerjaan.
  • Fokus pada aktivitas dan tanggung jawab. Pada bagian isi cover letter, Anda ingin fokus pada keahlian dan pengalaman yang membuat Anda kandidat kuat. Hindari menonjolkan nilai tinggi atau matrik lainnya terkait perkuliahan. Lebih baik fokus pada aktivitas yang sudah Anda lakukan, dan tanggung jawab yang sudah Anda emban. Mungkin Anda pernah magang, atau menjadi pemimpin organisasi sekolah. Contoh itu akan menunjukkan perilaku dan etika Anda. Hal itu menunjukkan bahwa Anda punya modal untuk menjadi karyawan yang baik di perusahaan.
  • Menjual diri. Hindari bicara terlalu banyak jika Anda sangat menginginkan pekerjaannya. Lebih baik fokus akan bagaimana Anda bisa membantu perusahaan. Fokus pada nilai lebih yang bisa Anda berikan pada perusahaan dan kenapa Anda cocok untuk perusahaan.
  • Tunjukkan pemahaman Anda akan perusahaan. Riset dulu akan perusahaan sebelum Anda menulis cover letter. Jika mungkin, jelaskan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, atau departemen tujuan Anda bekerja. Mungkin Anda sudah membaca artikel di Koran, atau pernyataan perusahaan. Pengetahuan akan perusahaan akan membuat Anda selangkah lebih maju dibanding pesaing lain.
  • Edit. Pastikan Anda membaca cover letter dengan seksama untuk melacak kesalahan ketik. Jaga cover letter tetap singkat dan jelas, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan sungkan untuk minta teman membaca cover letter Anda sebelum dikirimkan.

Sebuah Contoh Cover Letter Freshgraduate

Kontak Informasi Anda

Alamat
Kota, Provinsi/Kabupaten, Kodepos
Nomor telepon
Nomor HP
Email

Alamat Perusahaan Perekrut
Nama
Jabatan
Perusahaan
Alamat perusahaan
Kota, Provinsi/Kabupaten, Kodepos

Tanggal

Yth, Bpk/Ibu …..

Saya menulis lamaran untuk posisi Asisten Manajer Media Relations yang saya lihat di loker.com. EFGH merupakan institusi global yang sangat dinamis dan perintis media komunikasi yang luar biasa, kini menjadi pemandu arah media jurnalistik. Saya yakin pengalaman saya di dunia media akan cocok untuk posisi di perusahaan Anda.

Sebagai seorang freshgraduate dari Universitas Provinsi, saya memiliki latar belakang mumpuni di bidang media. Hal itu dibuktikan dengan pengalaman magang sebagai Koordinator Media Relations pada perusahaan ABCD. Saya juga berperan sebagai ketua klub media di masa sekolah. Kami sukses mengembangkan dan mendapatkan kampanye iklan untuk area lokal yang membantu meningkatkan donasi sebanyak 22%.

Anda menyatakan dalam lowongan kerja bahwa perusahaan mencari seseorang dengan keahlian menulis dan ketelitian yang tinggi. Dalam masa 4 tahun kuliah, saya bekerja paruh waktu sebagai editor di sebuah jurnal online. Pekerjaan itu membutuhkan perhatian lebih akan detil di bidang editing dan menulis. Saya sangat senang jika dapat menggunakan keahlian editing itu ke perusahaan Anda.

Kekuatan itu, dikombinasikan dengan pengalaman akademis yang mendalam dan beragam, serta magang membuat saya siap untuk memberikan dampak positif yang segera pada perusahaan EFGH.

Saya sangat antusias akan kesempatan kerja di perusahaan EFGH karena itu sejalan dengan minat saya di dunia media. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat saya,

Tandatangan Anda

Nama Anda

 

Contoh Cover Letter Freshgraduate Lainnya

Jl. 123

Jakarta Timur, Jakarta, 21089

021 345678

08987654321

Bpk Heri Subagja

Manajer HRD

Bank Jakarta Timur

Jl 456,

Yth Bpk Heri,

Surat lamaran ini merupakan ketertarikan saya atas posisi Asisten HRD di perusahaan Bapak. Setelah menyelesaikan kuliah saya di jurusan Manajemen Perusahaan di Universitas Jakarta Timur, saya berharap dapat membawa pengetahuan, keahlian dan komitmen untuk memajukan perusahaan yang inovatif.

Sebagai mahasiswa Manajemen Perusahaan, saya memiliki bekal pengetahuan bermanfaat mencakup rekrutmen sumber daya manusia, organisasi sumber daya manusia, training karyawan, kompensasi dan aturan ketenagakerjaan.

Pengalaman magang saya di Perusahaan ABC membekali saya dengan keahlian penting untuk bekerja dengan para profesional terbaik di bidang pengembangan sumber daya manusia.

Untuk detil tambahan informasi terkait kualifikasi keahlian, silahkan lihat resume yang saya lampirkan.

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan. Saya menanti kabar baik dari Bapak.

Hormat saya,

(Tandatangan)

Amalia Y

Siap Buat Cover Letter Freshgraduate Sendiri

Itulah contoh cover letter freshgraduate yang bisa diberikan. Tentu sudah cukup jelas bukan? Saatnya Anda membuat sendiri sesuai dengan pengalaman dan kondisi Anda untuk dicocokan dengan lowongan kerja yang diinginkan. Semoga bermanfaat.


  • 1
    Share
  • 1
    Share

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+