Cari Uang dari Blog Gratis? Gimana sih Caranya …..

Cari uang dari blog gratis? apa iya bisa? Saya tidak ingin berbicara panjang lebar mengenai tips-tips yang dapat Anda lakukan. Saya akan menjadikan “cari uang dari blog gratis” ini sebagai media pembelajaran dengan metode studi kasus .

Ya, studi kasus cari uang dari blog gratis. Artinya saya akan menunjukkan kepada rekan pembaca bagaimana saya memulai sebuah blogspot dengan niche khusus dengan target pembaca luar negeri. Mulai dari nol !

Kemudian cara cari uang dari blog gratis yang diterapkan adalah dengan menerapkan marketing afiliasi dan menjadi publisher iklan.

Ingin tahu lebih jauh? dan seperti apa sih tampilan blogspot-nya? Silahkan simak lanjutannya di bawah ini ya

Memulai Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis (dengan Cara Marketing Afiliasi Amazon dan Adsense Publisher)

Mungkin hal ini ibarat menembak kaki sendiri, dimana saya selalu menyarankan bahwa untuk menghasilkan uang dari blog sebaiknya jangan cari uang dari blog gratis.

Jujur, ide proyek ini terinspirasi dari Duel Blog Niche yang dirilis Blogodolar. Sedikit banyak perjalanan blog gratisan ini nantinya bakal hampir sama dengan cara monetisasi Duel Blog Niche (bermain di niche khusus dan menggunakan afiliasi marketing amazon).

Mungkin yang membedakan adalah semua metode dilakukan dengan platform blogspot alias blog gratisan dan mengkombinasikan iklan.

Sebelum mulai, inilah latar belakang ide postingan ini.

Kenapa Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis Ini Lahir?

Memang pada dasarnya masih banyak blogger yang tidak ingin menghabiskan uang namun ingin menghasilkan uang. Karena itu banyak yang memulai dengan blog gratisan misalnya blogspot atau wordpress.

Berawal dari informasi itu lahirlah ide tantangan membuat blog gratis profesional ini. Gunanya untuk dapat memberi gambaran mengenai tantangan yang akan Anda hadapi bila melakukan hal serupa.

Cara menghasilkan uang yang akan diterapkan adalah dengan marketing afiliasi dan menjadi publisher iklan.

Perjalanan tantangan ini nantinya dapat menjadi pembelajaran bagi blogger khususnya untuk mengetahui apa yang perlu difokuskan, dan sejauh mana blogspot bisa menghasilkan uang bagi blogger.

Kenapa Marketing Afiliasi dan Iklan PPC?

Pendaftaran sebagai marketing afiliasi cukup mudah, selain itu target pembaca blog gratis ini nantinya adalah pembaca berbahasa Inggris dengan fokus (Amerika Serikat, Australia, Kanada, Inggris). Dan berdasar riset sederhana yang saya lakukan, masyarakat negara tersebut cukup dekat dengan transaksi online. Oleh karena itu semakin besar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan dengan cara ini.

Adsense sudah diakui memberi imbal hasil yang cukup tinggi untuk blogger. Jadi tidak ada salahnya saya mengkombinasikan amazon dan adsense di blog gratisan ini. Blogger juga memberi kebijakan yang mendukung penggunaan adsense di blogspot. Jadi setidaknya ada dua cara cari uang dari blog gratis yang bisa mendukung penghasilan blog gratis ini nantinya.

Kenapa Blogspot?

Untuk blog gratis sepertinya blogspot dapat diandalkan dengan berbagai kemudahan edit template, integrasi cara monetasi blog, dsb.

Apa Benar-Benar Cara Gratis?

Sebenarnya tidak. Setidaknya saya akan menggunakan jasa penyedia konten untuk mengisi konten blog nantinya. Selebihnya gratis, mulai dari riset pasar (dengan google) dan riset kata kunci (google trends), dan blog (blogger), tanpa menggunakan alat bantu belajar SEO (alias murni on-page optimization dan SEO artikel).

Saat berbicara profesionalisme, tentu saja visualisasi blog dapat berbicara banyak mulai dari kombinasi warna design, template, sitemap dan terakhir adalah konten blog itu sendiri. Semuanya memegang peranan penting untuk mencuri kepercayaan pengunjung.

 

Memulai Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis: Riset Pasar

Nah, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana saya menemukan pilihan niche.

Berbicara afiliasi, paling mudah adalah bergabung dengan amazon.

Pertama tentu saja mencari tahu produk apa saja yang paling banyak dibeli di amazon. Caranya cukup mudah . Yaitu gunakan Google search dan ketikan kata kunci yang tepat, misalnya “what people buy on amazon”, “popular product on amazon” dsb.

Pelajarilah hasil search yang diberikan.

Asumsi saya adalah bahwa produk online yang laku dipasaran tentu adalah produk yang diterima oleh budaya masyarakat tertentu. Artinya, saya harus mengetahui bagaimana kebudayaan suatu masyarakat akan transaksi (beli) online.

Jika sudah demikian sepertinya pilihan mulai mengerucut kepada Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Kanada.

Setelah itu harga jual barang menjadi pertimbangan selanjutnya. Akan menjadi wajar bahwa dalam pembelian online selalu ada kekhawatiran pembeli akan tertipu oleh penjual. Banyak sekali alasannya. Dari sini, saya mulai berpikir bahwa saya ingin mencari produk yang harga jualnya tidak terlalu tinggi.

Sifatnya yang praktis. Selanjutnya adalah sifat produk yang diperdagangkan. Sebagai pemasar afiliasi, tentu selain harga murah sifat produk bisa berpengaruh. Semakin mudah dan praktis produk untuk digunakan, dipindahkan atau dimanfaatkan semakin besar peluang penjualan (seharusnya seperti itu).

Setelah memahami budaya pembelian online, produk yang potensial, harga murah dan sifatnya praktis saya mulai melirik Gift Card.

Dari halaman web amazon, harga penawaran sebuah gift card bisa berkisar mulai dari $5 sampai ribuan dolar.

Kemudian saya mulai riset di google dengan mengetikan “Gift Card”. Saya memilih wikipedia kali ini untuk mendapat gambaran lebih jauh, kira-kira seperti apa blog gratis ini bisa dikembangkan dengan marketing afiliasi dan adsense.

Dari informasi wikipedia, ada informasi yang sangat menarik perhatian saya.

Gift Card sangat populer sebagai barang kedua yang paling sering dijadikan hadiah oleh pembeli di Amerika Serikat, hadiah paling diminati oleh kaum hawa Amerika Serikat dan hadiah paling diminati urutan ketiga oleh kaum adam negeri Paman Sam.”

Sebagai hadiah, sebuah gift card dapat dipermak sesuai keinginan pembeli. Bisa disesuaikan dengan momen pernikahan, ulang tahun, valentine dsb. Sudah jelas, dalam pikiran saya, produk ini sangat potensial.

Setelah itu, saya kemudian cek Google Trends. Dengan mengetik “gift card” didapatkan informasi bahwa permintaan informasi gift card menunjukkan tren yang meningkat sejak tahun 2004 sampai sekarang.

Itulah awal mula saya akhirnya menetapkan gift card sebagai niche blog gratis blogspot kedepannya. Dengan asumsi awal itu maka target peningkatan penjualan adalah musim liburan dan momen spesial seperti halloween dan valentine.

Apakah selesai? Tidak, tantangan terbesar selanjutnya adalah penguasaan topik dan citra pembaca atas blog gratisan itu sendiri. Apalagi jika Anda ingin cari uang dari blog gratis.

Sebagai blogger yang hobi menulis tentang blogging, tentu membahas gift card akan memberi kesulitan tersendiri. Inilah sebabnya kenapa saya mungkin memerlukan jasa penyedia konten berkualitas nantinya. (jadi tidak benar-benar cara gratis bukan? Tetap saja ada biaya yang dikeluarkan untuk investasi)

Selanjutnya adalah citra blogspot untuk media cari uang online. Sebagai blog gratis yang berupaya menghasilkan uang lewat marketing afiliasi dan adsense tentu bukanlah hal mudah karena blogger harus bisa memberi rasa nyaman saat pengunjung datang melihat-lihat informasi yang diberikan.

Memulai Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis : Kualitas dan Marketing Blog

Bahasan kali ini yaitu bagaimana memberi rasa nyaman kepada pengunjung blog.

Langsung saja :

1.Design

Design blog sangatlah penting untuk sedikit memberi sentuhan profesional kepada pengunjung. Dengan demikian, kepercayaan pengunjung atas informasi yang Anda berikan (kemungkinan) ikut meningkat.

Jika sudah demikian tentu saja pengunjung akan memperhatikan konten blog dengan seksama.

2.Kualitas Konten

Setelah design tentu saja kuncinya selanjutnya berada pada konten. Berikan konten yang berkualitas, jangan setengah-setengah. Apalagi jika Anda mengejar konsumen Amerika Serikat. Mereka sudah terbiasa dengan konten berkualitas. Jadi jika konten Anda dibawah standar, mereka akan pergi.

Selain itu, usahakan konten Anda original bukan copy paste. Meskipun banyak directory articles menyediakan artikel gratis (dengan syarat) untuk dapat Anda gunakan, saya tetap anjurkan untuk ciptakan sendiri konten Anda atau membeli konten berkualitas sesuai pilihan.

Alasannya? Berkaitan dengan Marketing blog.

Mari kita bahas alasannya, kenapa konten berkualitas penting untuk pengembangan blogspot ini.

Sebagai sebuah blog (gratis atau tidak) yang berorientasi untuk menghasilkan uang melalui marketing afiliasi dan juga adsense, konten yang unik dapat meningkatkan average time visit pengunjung di blog Anda. Jika pengunjung berlama-lama, kemungkinan besar terjadinya pembelian semakin besar.

Selain itu, konten unik (bukan copy paste) cenderung lebih SEO Friendly. Ya, SEO penting untuk blog jenis ini. Karena pengunjung yang datang dari mesin pencari merupakan highly targeted visitors. Pengunjung jenis ini sangat berpotensi memberikan keuntungan kepada blog yang dikunjunginya.

Itu sebabnya, SEO menjadi semakin penting dalam tantangan ini. Karena, hampir tidak ada waktu untuk blog commenting dan meminimalisir pengeluaran biaya blogging.

 

Memulai Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis : Optimisasi Web Page dan Pengumuman Alamat Blogspot

Sebenarnya cara menentukannya tidak serumit yang dibayangkan. Saya cukup menggunakan Google Trends untuk membantu saya.

Google trends mengungkap search queries untuk “gift card”. Dari 10 kata yang diberikan akhirnya saya memilih Itunes Give Card, Give Card Ideas, Visa Gift Card, American Express Gift Card, Gift Card Balance, Make Use of Give Card, Printable Gift Card. Ke-7 kata ini akan saya gunakan sebagai “Label” untuk pengelompokan kategori artikel di blogspot itu.

Kemudian, tentu saja artikel pilar. Saya sudah mempersiapkan berbagai artikel pilar baik yang saya ketik sendiri berdasar riset internet maupun dengan jasa penyedia konten seperti iwriter dan jasa cheap article lainnya.

Saya mencoba untuk menjadwalkan pembaharuan artikel minimal 3 hari sekali atau 2 minggu sekali. Artinya, dalam setahun saya harus menciptakan 104 artikel. Jika sudah, maka cukup menyetel dengan jadwal otomatis dan tinggal lihat hasilnya.

Menyediakan 104 artikel unik tentang sesuatu yang saya tidak mengerti bukanah hal mudah untuk diselesaikan. Saya sendiri tidak begitu yakin rencana ini akan berjalan mulus.

Oleh karena itu rencana cadangan saya adalah setidaknya saya melakukan update artikel seminggu  sampai sebulan sekali. Mengingat saya tidak fokus kepada blog commenting dan penggunaan jasa link building lainnya, maka jumlah konten dan on-page SEO akan berpengaruh pada kunjungan rutin pembaca nantinya.

Ya, itulah bagaimana optimisasi webpage dilakukan dengan begitu sederhananya. Nah jika penasaran dengan alamat blogspotnya, inilah alamatnya http://www.giftcardsolutions.blogspot.com.

Memulai Tantangan Cari Uang Dari Blog Gratis : Finalisasi

Pada tahap ini yang diperlukan adalah membuat About page, Affiliate Discolsure dan Privacy Policy. Keberadaan bagian ini dalam sebuah blog bisa membawa banyak perbedaan.

Setidaknya ini menunjukkan bahwa blog ini dibuat tidak dengan main-main melainkan dengan perencanaan untuk mencapai tujuan. Meskipun sebenarnya tujuannya adalah mencari uang tambahan semata.

Ya, setelah about page, affiliate disclosure dan privacy policy sudah siap maka saatnya untuk mengisi konten sedikit demi sedikit.

Akhirnya blogspot sudah siap diluncurkan. Fokus utama pada permulaan ini adalah untuk mendatangkan kunjungan harian setidaknya 100 pengunjung tertarget harian dari mesin pencari. Jika itu sudah tercapai selanjutnya adalah menerapkan adsense di giftcardsolutions.

(blog gratis itu masih dalam proses persiapan. Diperkirakan awal April 2013 giftcardsolutions.blogspot.com baru mulai efektif meramaikan dunia online dengan niche gift card)

Untuk lebih optimal tentu ada baiknya kita memahami juga tips belajar internet marketing. Semoga ini bisa memberi manfaat. Tertarik untuk cari uang dari blog gratis? Pastikan untuk selalu mengikuti laporan rutinnya di notordinaryblogger :).

13 Comments

  1. Budi Majid Maret 5, 2013
    • Okto Maret 6, 2013
      • Budi Majid Maret 8, 2013
        • Okto Maret 10, 2013
  2. mekanik komputer Maret 6, 2013
  3. review jujur Maret 6, 2013
    • Okto Maret 6, 2013
  4. tutorial jitu Maret 6, 2013
  5. Dwi Sugiarto Maret 8, 2013
    • Okto Maret 10, 2013
  6. Eko Januari 24, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge