Cara Pastikan SMS Penipuan Undian Berhadiah

SMS penipuan undian berhadiah kerap terjadi dengan korban dari berbagai segmen masyarakat. Fenomena ini tentu meresahkan karena terus berulang dan seolah pasrah, korban terus saja terjadi. Nah postingan kali ini ingin mengulas cara pastikan SMS penipuan undian berhadiah ini. Mudah-mudahan semakin sedikit orang yang menjadi korban setelah membaca postingan ini.

Peyampaian Informasi Pemenang Melalui SMS

Kerap kali bank dijadikan sarana pelaku. Korban diinfokan mendapat hadiah uang puluhan juta dari sebuah bank lokal dan informasi ini disampaikan melalui sms. Pertanyaan logisnya adalah apakah bank itu sudah kehabisan modal untuk menyampaikan informasi sampai-sampai harus menggunakan sms untuk efisiensi biaya komunikasi?

Ini merupakan pertanda utama yang kerap terlupa oleh korban sms penipuan. Sebuah perusahaan bonafid tentu akan membuktikan reputasinya. Untuk sekedar mengumumkan pemenang hadiah tentu saja penggunaan website resmi, atau siaran televisi adalah cara yang ideal. Jika sebuah perusahaan ternama memberikan informasi pemenang undian melalui SMS tentu itu menjadi pertanyaan besar. Jelas penipuan.

Anda Tidak Merasa Ikut Undian

Sebuah undian berhadiah bisa saja diberikan oleh usaha sekala kecil. Maklum undian berhadiah merupakan salah satu strategi marketing yang baik untuk meningkatkan loyalitas konsumen sekaligus meningkatkan brand awareness.

Untuk pastikan sms penipuan undian berhadiah dari sebuah nomor tidak dikenal, pastikan apakah anda pernah ikut undian atau tidak. Misalkan berbelanja Rp 50ribu di toko kelontong dekat rumah berhak ikut undian berhadian Rp 10 juta. Tentu Anda akan mengingat jika ikut undian di toko kelontong yang sudah biasa jadi tempat membeli. Jika tidak merasa ikut undian, sudah pasti sms dari nomor tidak dikenal merupakan penipuan.

Menggunakan Blog Gratis

Cukup sering pelaku sms penipuan menginfokan calon korban untuk mengunjungi sebuah alamat website. Alamat itu sebenarnya bukan website melainkan blog gratisan. Ciri blog gratisan yang termudah adalah ada banyak (dot/titik) dalam nama domainnya. Beberapa blog gratis seperti:

  • Blogspot.com
  • WordPress.com
  • Weebly.com
  • Dan sebagainya ….

Nah jadi jika Anda melihat nama Anda sebagai pemenang undian puluhan juta di sebuah website seperti www.(nama perusahaan).blogspot.com atau www.(nama perusahaan).wordpress.com dan sebagainya tadi, kemungkinan besar itu adalah percobaan penipuan.

Sepertinya tidak wajar sebuah perusahaan besar, berbagi undian berhadiah memakai blog gratisan.

Untuk orang awam mungkin tidak menyadari hal ini namun untuk yang suka ngeblog tentu bisa mencium keanehan ini.

Menggunakan Domain Berbayar

Seolah sudah membaca “penggunaan blog gratis”, para pelaku penipuan kini sedikit bermodal dengan menggunakan domain berbayar. Sebagai informasi kini Anda bisa memiliki domain berbayar cukup bermodal ratusan ribu saja.

Beberapa situs penipuan sms undian berhadian akan tampak meyakinkan seperti www.pestabri2016.com dan sebagainya.

Bagaimana cara memastikannya?

Untuk para pemerhati internet mengenal istilah internet marketing tool salah satunya adalah media pemeriksa nama domain seperti checkpagerank.

Media gratis ini bisa menunjukkan usia nama domain itu. Jika kosong … bisa diartikan usianya sangat baru. Untuk tes saya lakukan uji coba memeriksa usia nama domain pestabri2016.com

Caranya cukup mudah, jika Anda mengunjungi situsnya (link diatas) maka aka nada tampilan berikut:

Cara Pastikan SMS Penipuan Undian Berhadiah

Cukup ketikan nama domain situsnya, kemudian isikan capctha nya. Selanjutnya klik “Check domain”.

Inilah hasilnya:

Cara Pastikan SMS Penipuan Undian Berhadiah 2

Dari hasil tersebut bisa dilihat bahwa usia (Domain Age) nama domain pestabri2016.com kosong. Ini berarti domain itu masih baru.

Apakah mungkin Bank BRI baru membuat website untuk mengumumkan nama pemenang undian berhadiah? Sangat tidak logis!

Bank sekelas BRI tentu akan membuat halaman khusus di website resminya untuk informasi pemenang undian bukan membuat website baru!

Cara ini jelas penipuan.

Kontak Layanan Konsumen Resmi

Sebuah perusahaan besar tentu memiliki daftar kontak layanan resmi yang sudah terpublikasikan. Ini berarti tidak ada alasan Anda kesulitan mencari tahu nomor kontak layanan konsumen sebuah perusahaan besar pelaksana undian.

Hal ini penting karena seiring perkembangan bisa saja upaya sms penipuan undian berhadiah semakin sulit terdeteksi. Seandainya terjadi maka layanan konsumen resmi perusahaan pelaksana undian merupakan benteng terakhir untuk melindungi diri Anda.

Pahami Cara Pastikan SMS Penipuan Undian Berhadiah

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah “psikologi korban”. Maraknya SMS penipuan undian berhadiah merupakan indikasi bahwa “informasi cepat kaya”, “kaya mendadak”, “kaya instant” sangatlah menarik perhatian.

Pelaku secara psikis memahami kondisi ini dan menggunakannya untuk “menghipnotis” calon korban. Seseorang yang mendengar kabar dirinya mendapat hadiah uang puluhan juta tentu akan merasa senang karena efek psikologis tadi.

Untuk mereka yang percaya bahwa kesuksesan merupakan buah kerja keras mungkin tidak akan cepat termakan informasi seperti ini. Namun untuk seseorang yang belum terbiasa dengan perjuangan (kerja keras) meraih mimpi untuk sukses kemungkinan besar akan termakan secara psikis. Ini karena mereka akan terbuai dengan cara instan.

Informasi tentu perlu dicerna, dianalisa dan dibuktikan kebenarannya sebelum pada akhirnya Anda percaya. Informasi ini bermanfaat untuk Anda? Bagikan kepada yang lain agar semakin sedikit korban SMS penipuan undian berhadiah.

 

4 Comments

  1. Yosua Herbi Juli 18, 2016
    • Okto Juli 18, 2016
  2. rachma Juli 19, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+