Cara Optimalkan Matrik Google Analytics

Optimalkan matrik Google Anlytics bisa membuat blog Anda lebih cepat sukses. Google analytics adalah media gratis bermanfaat luas untuk kebutuhan pengembangan blog. Namun demikian media gratis Google Analytics dapat membuat pengguna sedikit jenuh dan stress memahami data yang disajikan. Bagi pemula bisnis online yang tidak familiar dengan angka-angka, dashboard Google Analytics dapat menyebabkan kram otak ibarat menghadapi kokpit dalam tes pilot pesawat.

Untuk memudahkan inilah tips cepat untuk optimalkan matrik dari media gratis google analytics.

Jangan Pusatkan Perhatian pada Satu Indikator Saja

Saat melihat dashboard Google Analytics, tidak sedikit orang terperangkap dengan memusatkan perhatian kepada satu indikator saja. Beberapa bahkan hanya terfokus pada jumlah kunjungan dan hanya ingin melihat peningkatan jumlah kunjungan dengan kenaikan angka prosentase setiap bulannya.

Tidak bisa dibilang itu salah, namun dalam hal dunia online sebuah blog/website bisa saja mendatangkan jutaan pengunjung yang sebenarnya tidak tertarik dengan blog/website kita. Kejadian seperti ini malah bisa kontra produktif khususnya jika kita menggunakan blog untuk menjual produk secara langsung.

Beberapa pelaku bisnis online terfokus pada tingkat konversi. Memang hal ini penting untuk menunjukkan hasil kerja keras, namun bisa jadi blog/website kita memberi keuntungan tidak langsung secara offline. Coba baca tips menemukan topik niche blog untuk promosi bisnis untuk lebih memahaminya.

Dengan demikian kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam memahami Google Analytics. Untuk memudahkan inilah indikator utama yang perlu diberi fokus :

  • Visits
  • Unique visitors
  • Avg. visit duration
  • Pageviews
  • Bounce rate
  • Mobile visits (Audience – Mobile – Overview)
  • Organic search visits
  • Top referrals
  • Top landing pages (Overview – Site Content – Landing Pages): halaman blog/website yang pertama kali dilihat saat pengunjung datang
  • Top exit pages (Overview – Site Content – Exit Pages): halaman yang terakhir dilihat pengunjung sebelum meninggalkan blog/website kita. Informasi ini dapat digunakan untuk melihat di halaman apa pengunjung pergi tanpa melakukan apa yang kita inginkan
  • Goal completions
  • Goal conversion rate (prosentase orang yang berkunjung dan memenuhi “goal” yang sudah ditentukan)

Lihat Data Secara Rutin

Sangat mudah untuk merespon secara negatif akibat rendahnya tingkat kunjungan dan nihilnya konversi, namun kita perlu menganalisa data secara rutin dalam waktu yang cukup sebelum melakukan perubahan besar untuk blog/website. Lihat dalam kurun waktu bulan dan tahun jangan hanya hari atau minggu kemudian bandingkan dengan periode sebelumnya. Kita mungkin melihat bahwa blog/website kita mengalami masa sulit saat waktu-waktu khusus (misal liburan sekolah, libur panjang, dsb) di periode yang sama dalam satu tahun. Atau mungkin kita akan melihat bahwa penjualan menurun minggu keempat bulan Juni 2013 namun meningkat di minggu keempat bulan Juni 2012.

Ayo Optimalkan Matrik Google Anaytics Anda

Semoga saja, postingan ini mampu memberi pemahaman yang baik bagi Anda untuk memahami Google Analytics lebih cerdas dan lebih efisien dibandingkan sebelumnya untuk meraih hasil maksimal dari blog/website yang Anda jalankan.

Baca panduan instal google analytics

Ingatlah bahwa, Anda bisa saja menghabiskan waktu sehairan melihat statistik Google Analytics, namun blog/website Anda tidak akan mendatangkan keuntungan jika Anda berdiam diri atas data yang tersaji. Gunakan data Google Analytics untuk rekomendasi dalam merubah tampilan blog/website, analisa kesuksesan atas semua media marketing yang digunakan dan temukan bagaimana cara menjangkau pengunjung tertarget yang lebih baik lagi.

Tips penting lainnya:

Postingan ini bermanfaat? Bagikan informasi ini ke teman agar manfaatnya juga dapat dirasakan. Jangan lupa untuk beri like pada fanpage blog ini.

No Responses

  1. Pingback: Cara Instal Google Analytics I Oktober 18, 2013

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+