Cara Menulis Pernyataan Pribadi CV Lamaran Kerja


Dalam sebuah lamaran kerja mungkin Anda diminta membuat pernyataan pribadi. Ini berarti Anda harus membuat pernyataan sesuai dengan lowongan kerja yang dibuka.

Saat Anda menulis sebuah pernyataan pribadi untuk mencari kerja ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Inilah cara menulis pernyataan pribadi CV lamaran kerja.

Singkat. Pernyataan pribadi yang terlalu panjang atau bertele-tele akan dibuang. Buatlah dalam 2 paragraf. Coba untuk batasi setiap paragraf dalam dua atau tiga kalimat.

Relevan. Sebuah pernyataan pribadi yang menyatakan hasrat Anda untuk berpetualang di hutan sangatlah sempurna untuk lamaran posisi polisi hutan. Hal itu akan terlihat aneh jika diajukan untuk melamar posisi back office sebuah bank. Apapun yang Anda sampaikan sebaiknya sesuai dengan lowongan kerja yang ditawarkan.

Tetap konsisten. Jangan sampaikan apapun yang tidak didukung dengan informasi lanjutan dalam CV Anda. Hal ini seperti mengatakan Anda mahir dalam marketing dengan klien padahal pengalaman kerja Anda sebagian besar adalah administrasi gudang.

Hindari hal klise. Jangan ikuti tren dengan mengatakan Anda seorang pemain dalam tim atau cerdas. Lebih baik berikan pengalaman personal yang mendukung ketimbang membuat klaim tanpa bukti.

Jual diri Anda. Pikirkan tentang perkataan pejabat iklan akan diri Anda dan bagaimana mereka mengaitkan Anda dengan kebutuhan organisasi. Jabarkan bagian penting dari pribadi Anda yang akan membantu organisasi. Dengan begitu Anda akan terlihat paling hebat dari pesaing lainnya.

Jelaskan kekurangan. Jika ada kekurangan dalam CV, maka pernyataan pribadi merupakan tempat yang sempurna untuk melengkapi. Jika Anda sudah lama menganggur, maka sampaikan informasi positif kedalam hal itu dengan aktivitas Anda seperti kerja sosial atau jadi relawan.

Identifikasi diri sendiri. Jika nama Anda bukanlah nama yang biasa digunakan maka jelaskanlah dalam pernyataan pribadi. Saat merujuk ke diri sendiri, gunakan kata “Saya” dan jangan dicampur dengan kata pengganti lainnya.

Periksa lagi. Membaca pernyataan pribadi akan membantu Anda mendapat kesalahan kalimat atau masalah lain dengan lancar. Akhirnya, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada salah ejaan.

Siap Menulis Pernyataan Pribadi CV Lamaran Kerja?

Memahami cara menulis pernyataan pribadi untuk CV lamaran kerja akan membantu Anda lolos tahap awal seleksi kerja. Namun ini bukanlah jaminan. Fokuslah untuk membuat CV yang baik maka Anda akan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+