Cara Menjalankan Bisnis Advertising

Cara menjalankan bisnis advertising akan menarik minat Anda yang mencari alternatif bisnis yang menguntungkan dan tahan krisis. Kenapa bisa demikian? Berikut inilah ulasan lengkap dari praktisi bisnis advertising di Indonesia yaitu pengalaman Alternative Media Group (AMG).

Kondisi saat ini konsumen sangatlah mobile ditambah pilihan saluran komunikasi yang semakin banyak jenisnya. Situasi itu memaksa kebutuhan akan media pemasaran yang mudah bergerak mengikuti mobilitas tinggi konsumen. Ini sebabnya, bisnis advertising harus bisa lebih cerdas dan kreatif untuk menangkap potensi usaha periklanan. Hanya dengan kecerdasan ditambah kreativitas tadilah bisnis advertising mampu menyasar target pasar yang tidak pernah diam di satu tempat tertentu.

Melihat peluang itu, sejak tahun 2006, seorang pengusaha advertising Indonesia, Davy Makimian, pemegang Master Manajemen International dan Master of Art Hubungan Internasional lulusan Bond University, di Queensland Australia. Ia membuat T Fokus Media Indonesia (atau dikenal dengan singkatan FMI) yang merupakan afiliasi Focus Media China (atau FMC), sebuah perusahaan jaringan media digital raksasa di China. FMC termasuk pionir dan sekaligus memonopoli pasar periklanan audio visual di luar rumah di China. Contoh bentuk advertising yang diterapkan adalah menempatkan LCD di depan lift gedung perkantoran Jakarta.

Dalam perkembangannya, peluang bisnis advertising ini semakin lebar terbuka. Saat disadari jika di masa mendatang kebutuhan akan semakin banyak ragamnya ditambah lagi, teknologi sudah masuk dalam daftar media iklan luar rumah. Atas perkembangan itu Davy akhirnya memutuskan membuat AMG (Alternative Media Group). AMG inilah yang menjadi perintis bisnis iklan luar rumah pertama di Indonesia.

Awal mulanya AMG memberikan media iklan luar rumah ini berupa media statis mencakup LCD, videotron dan billboard di banyak lokasi meliputi pusat kebugaran, hotel, kafe, pusat perbelanjaan, apartmen, rumah sakit, stasiun kereta, airport, jalan raya dan media transportasi lain yang ada. Kota besar Jakarta yang populer karena kemacetannya ditambah warga yang super sibuk menyebabkan mayoritas waktu akan habis di luar rumah sepanjang hari. Ini tentu membuat potensi iklan luar rumah semakin luas.

Bisnis AMG terpegaruh besar dengan populasi urban yang terus bertambah. Didukung perkembangan teknologi yang sangat tinggi, Davy meyakini peluang bisnis advertising akan semakin terbuka lebar. Filosofi bisnis AMG adalah creating and building external value. Seluruh jasa atau produk sudah seharusnya memiliki sebuah nilai tambah kepada orang lain. Dalam upaya menciptakan produk atau jasa bernilai tambah, bantuan tenaga ahli sangatlah penting selain teknologi dan inovasi.

Cara menjalankan bisnis advertising ala Davy ini diterapkan dengan menjadi pionir sebagai prioritasnya. Ia tidak mau menjadi pengikut, harus selalu terdepan. Misalkan ide bisnisnya sudah dilakukan orang lain, ia akan melakukan dengan cara berbeda dan lebih baik lagi. Hanya itulah cara untuk membuat perusahaanya selalu menjadi pionir. Cara itu dilakukan dengan selalu fokus memberikan nilai lebih kepada setiap konsumen.

Tiga pemangku kepentingan utama AMG adalah viewers atau mereka yang mengkonsumsi konten iklan. Kedua adalah klien atau mereka yang berada di industri periklanan ataupun klien langsung. Ketiga adalah mitra jalur periklanan misalkan pengelola rumah sakit, pengelola kereta api, pengelola gedung apartment, dan sebagainya.

Sebagai pimpinan perusahaan, Davy memposisikan diri sebagai pemersatu bisnis sebagai cara menangkap peluang sekaligus bertanggung jawab langsung menggabungkan ketiga pemangku kepentingan tadi untuk memberikan kepuasan lebih, saling menguntungkan dan saling memberi manfaat. Inilah resep rahasia dari cara menjalankan bisnis advertising AMG. Itu semua merupakan sebuah ekosistem bisnis AMG yang wajib dijaga dengan sangat baik. Hal itu sekaligus juga tantangan sehingga semua peluang yang datang menjadi doable di AMG.

Perjalanan bisnis AMG yang telah beroperasi selama 10 tahun merupakan bukti AMG merupakan bagian dari promosi klien di Indonesia. Sejak permulaan, AMG tidak melihat adanya perusahaan lain sebagai pesaing, namun sebagai mitra yang saling melengkapi. Apapun permintaan klien mulai dari radio, televise, billboard, sampai media cetak, AMG ingin klien tetap bersama perusahaan iklan itu.

AMG bahkan menyatakan sebagai satu-satunya pemberi media menggunakan panca indera meliputi perasa, penciuman, peraba, pendengaran dan penglihatan. Hal ini menjadi tambahan kekuatan media iklan luar rumah buatan AMG. Hal itu juga sejalan dengan moto usaha “Beyond Awareness”. Dengan demikian, cara menjalankan bisnis advertising AMG berbeda dengan televisi yang hanya bisa dilihat dan didengar, atau radio yang hanya bisa didengar.

Jaringan iklan AMG sudah menyebar di Jawa dan Bali antara lain Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Bali mencakup 500 lebih gedung bangunan didukung jumlah LCD sampai lebih dari 1900 unit.

Cara menjalankan bisnis advertising yang diterapkan AMG semakin berkembang. AMG berhasil melewati masa krisis 2008, kemudian 2012, selanjutnya 2014 dan terakhir 2015. Davy sebagai pemilik perusahaan juga bersyukur atas ketahanan bisnisnya. Untuk periode 2015-2016 pun pertumbuhannya mencapai 20% sampai 30%.

Capaian hal itu didukung oleh ekspansi media iklan luar rumah untuk divisi transportasi dan airport yang didapatkan. Pertumbuhan tahunan AMG mencapai 50%. Prosentase itu merupakan indikator jika klien AMG sangatlah puas.

Pertumbuhan media mitra per tahun mencapai setidaknya 30%. Capaian lainnya adalah AMG mendapatkan mitra baru dari Jepang, Recurit padatahun 2011. Recruit merupakan salah satu perusahaan ecommerce besar dari negeri Sakura.

Di masa mendatang, AMG berencana untuk meluncurkan penawaran saham perdana (IPO). Pendanaan usaha yang selama ini berasal dari keuangan internal dan dukungan kredit bank. Davy menyakini AMG merupakan satu-satunya entitas bisnis media swasta yang mendapat kredit dari salah satu Bank BUMN terbesar di tanah air. Harapan Davy adalah menjadi AMG sebagai media digital dengan jaringan multiplatform paling besar di tanah air dan kawasan yang selalu menjawab kebutuhan kliennya.

Punya Cara Menjalankan Bisnis Advertising Lainnya?

Itulah cara menjalankan bisnis advertising yang bisa membawa perusahaan Anda menuju kesuksesan. Tentu saja sebuah bisnis akan membutuhkan strategi untuk tumbuh besar. Satu hal yang pasti fokuslah pada nilai tambah produk atau jasa Anda dan fokus pada kepuasan pelanggan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+