Cara Menjadi Broker Properti Sukses

Ada cukup banyak tips ara menjadi broker properti sukses namun sedikit yang menitikberatkan hal yang tepat untuk memandu kea rah sukses. Menjadi broker properti tidak membedakan Anda dari pekerja profesional lainnya. Ada persiapan, perencanaan, pemasaran dan aksi yang harus dilakukan untuk memastikan sukses ada dalam jalur Anda. Berangkat dari sana setidaknya ada 5 langkah pemula untuk menjadi broker properti sukses. Langkah itu adalah menetapkan budget marketing, merencanakan marketing terbaik, mengevaluasi setiap cara marketing yang digunakan, ikuti tren properti terkini, pertahankan marketing standar agen properti.

Menetapkan Budget Marketing

Saran pada umumnya adalah sisakan 10% dari komisi untuk budget marketing. Ini terdengar mudah namun praktiknya akan sulit sekali karena terkadang tidak disadari berapa banyak komisi yang didapatkan. Menetapkan prosentase komisi sebagai dasar budgeting merupakan rencana lebih mudah dan logis.

Menunggu komisi pertama dan kebutuhan akan anggaran marketing terkadang membuat kepala sedikit pusing memikirkannya. Jika Anda cukup disiplin dalam mengelola keuangan dan tidak memiliki banyak hutang, mengajukan pinjaman merupakan cara paling efisien untuk memastikan budget marketing properti. Kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk tujuan menyiapkan budget marketing ini setidaknya untuk satu tahun pertama. Saat komisi pertama datang Anda harus mengelola cicilan dan alokasi 10% komisi untuk anggaran marketing selanjutnya.

Merencanakan Cara Marketing Terbaik

Jika kartu nama satu-satunya cara yang bisa Anda raih untuk marketing, maka temukan cara untuk menyebarkan kartu nama sebanyak mungkin kepada prospek. Seandainya Anda memiliki budget lebih dari sekedar kartu nama, beberapa cara efektif untuk meningkatkan kualitas marketing Anda misalnya:

  1. Materi Visual Iklan bisa Ditunda. Iklan visual mencakup slogan atau foto di koran dan majalah merupakan bentuk layanan konsumen. Ini merupakan bentuk marketing yang baik untuk jangka panjang, namun belum tentu menghasilkan sampai dijalankan secara konsisten untuk jangka panjang. Seorang agen properti pemula membutuhkan ketahanan di tahun pertama.
  2. Membuat selebaran khusus. Maksud khusus disini adalah selebaran disebarkan pada wilayah tertentu saja atau periode tertentu saja. Lihat seberapa banyak respon yang Anda dapatkan dengan cara itu untuk melihat efektifitasnya. Jika hasilnya positif, lakukan hal serupa di tempat atau waktu berbeda dan terus pantau hasilnya untuk memudahkan pekerjaan Anda sebagai agen properti.
  3. Membuat blog mungkin langkah yang cerdas. Dengan biaya pertahun (domain hosting dan template) hanya sekitar Rp 1juta, sebuah blog yang disiapkan dengan baik dapat memberikan hasil sangat cepat. Bukan tidak mungkin membukukan komisi pertama sebanyak Rp 500juta per tahun dengan bantuan blog memasarkan aset properti Anda.

Mengevaluasi Cara Marketing yang Digunakan

Jangan lakukan hal yang sama berulang kali mengharapkan hasil yang berbeda. Janganlah hanya lakukan promosi brosur selama lima tahun dan tidak mengetahui pasti berapa komisi yang dihasilkan dari cara itu. Inilah cara menjadi broker properti sukses selanjutnya. Evaluasi. Pasar akan berubah, metode marketing akan berkembang, cara baru akan ada seiring perkembangan teknologi. Anda akan semakin efektif jika terus memantau komisi yang dihasilkan dari setiap cara marketing properti yang digunakan. Selanjutnya Anda bisa mengubah alokasi budget marketing ke cara yang paling menghasilkan.

Untuk semua jenis marketing, milikilah pengelolaan prospek yang dibuat sesuai wilayah prospek itu. Jika Anda tidak dapat melacaknya maka tanyakan setiap prospek secara langsung bagaimana mereka bisa mengetahui keberadaan Anda. Beberapa prospek tidak akan ingat dan beberapa lainnya memberikan beragam jawaban, lakukan yang terbaik untuk melacak dari mana konsumen Anda datang. Selanjutnya, buatlah laporan berdasarkan metode marketing dan identifikasi berapa banyak prospek yang Anda dapat dengan cara itu. Jika Anda menempatkan komisi dalam catatan setiap prospek, laporan itu akan memberitahukan berapa banyak pendapatan dihasilkan metode itu sepanjang waktu.

Untuk internet marketing (membuat blog) akan lebih mudah dan akurat untuk menentukan seberapa banya prospek yang Anda terima dari sebuah blog sampai pada postingan spesifik dan formulir mana yang mereka gunakan. Semua info itu akan dilacak oleh fitur statistik blog bawaannya.

Ikuti Tren Properti Terkini

Dengan bantuan internet, tren properti dapat diketahui dengan mudah. Perkembangan akan semakin cepar dan tidak akan pernah berhenti. Ikuti tren properti yang ada agar budget marketing Anda tepat sasaran dan efektif.

Hampir setiap media massa utama mengulas tren property setiap tahunnya. Anda cukup memilih untuk mengikuti satu yang dianggap paling sesuai. Bacalah secara rutin perkembangannya dan catat hal penting untuk Anda aplikasikan dalam pekerjaan sebagai broker properti.

Perhatikan Marketing Standar Agen Properti

Budget dan marketing plan tidak kalah pentingnya dalam cara menjadi broker properti sukses. Kesuksesan jangka panjang Anda sebagai broker properti bergantung dari kedua hal ini. Bagaimanapun, marketing standar agen properti dapat berfungsi cukup baik.

  1. Sebarkan kartu nama. Terdengar kuno namun cara ini murah dan terbukti hasilnya
  2. Aktivitas sosial datangkan peluang bisnis. Berpartisipasilah di aktivitas sosial. Jangan melulu lakukan penjualan namun biarkan orang lain mengetahui apa yang Anda lakukan secara alamiah.
  3. Temui orang lain. Bukan tidak mungkin komisi broker properti pertama Anda berawal dari pembicaraan di kafe terdekat. Jadi, jangan malas untuk bertemu orang lain.

Siap Menjadi Broker Properti Sukses?

Itulah kelima cara menjadi broker properti suskes yang bisa disampaikan. Cara ini tidak hanya sederhana dan mudah tapi juga efektif mendatangkan hasil untuk keuntungan Anda. Semoga sukses.

2 Comments

  1. rahardjo Mei 5, 2017
    • Okto Mei 5, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+