Cara Menghemat Uang Belanja Rutin Konsumen Cerdas

Cara menghemat uang belanja rutin ini belum begitu banyak diketahui para konsumen di Indonesia. Kemajuan teknologi, jika kita manfaatkan dengan benar, akan mampu mendatangkan manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaatnya adalah menghemat uang belanja sampai jutaan nilainya. Hal ini karena memang pada dasarnya manusia punya kebutuhan. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, aktivitas belanja pasti dilakukan. Lantas bagaimana mungkin bisa menghemat aktivitas belanja? Tidak percaya? Ini dia 2 cara menghemat uang belanja rutin konsumen cerdas.

Cara Manual

Cara manual yang bisa ditempuh adalah dengan menemukan promo-promo yang diluncurkan para toko online besar terpercaya di Indonesia.

Sebuah promo atau diskon merupakan hal yang lumrah diberikan oleh para toko online kelas kakap ini. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesetiaan konsumen pada brand toko online itu.

Cara manual ini mungkin terdengar melelahkan karena ada ratusan toko online tersebar di Indonesia saat ini. Tapi memang begitu adanya. Dengan memilih beberapa toko online yang ada kemudian Anda mendaftar pada newsletter mereka, Anda akan selalu diupdate dengan informasi diskon atau promo menarik.

Tips mudahnya adalah untuk bergabung pada  newsletter toko online setidaknya masing-masing 3 pada setiap kategori. Misalkan untuk hotel, tiket, fashion, dan sebagainya.

Ini merupakan cara terbaik untuk menghemat uang belanja rutin Anda. Jika sudah dihemat tentu Anda bisa memanfaatkan uang itu untuk tujuan lainnya.

Cara Otomatis

Cara menghemat uang belanja rutin yang otomatis berarti Anda memanfaatkan situs penyedia informasi promo ini. Saat ini ad banyak sekali situs besar di Indonesia yang menyediakan informasi promo dari para toko online besar misalkan groupon dan shopback.

Groupon menyediakan informasi deal, diskon, promo untuk produk-produk makanan, minuman, hotel, spa, salon, produk kecantikan, fotografi, sampai liburan. Groupon merupakan pusat diskon di Indonesia. Jika Anda ingin mendapatkan diskon ini, groupon bisa jadi solusinya.

Cara pakai groupon bisa dilihat di penjelasan berikut ini:

Price Area

Price area merupakan website pembanding harga yang pertama ada di Indonesia. Sebagai startup waktu peluncurannya, price area dapat dikatakan mendominasi sektor ini.

Pertama kali dikenalkan pada public tahun 2010 dan kemudian mendapatkan investasi dari GREE Venture ditambah So-net (milik Sony) setelah sebelumnya menerima suntikan dana dari East Ventures.

Ada puluhan kategori produk yang bisa dilihat pengguna dengan fokus utama seperti komputer, handphone, kamera, elektronik serta produk bayi dan anak.

Baru tahun 2013 saja situs ini sudah punya data dari 3000 situs toko online, 500 ribu lebih penjual online dan 8 juta lebih produk di dalam data bsae mereka.

Bahkan produk dari website marketplace seperti tokopedia dan bukalapak juga masuk dalam daftar perbandingan harga priceprice.

Telunjuk

Situs telunjuk ini merupakan media pembanding harga lainnya di Indonesia. Website ini memiliki 10 kategori produk utama seperti olahraga, elektronik, kecantikan, fashion dan travel.

Anda bisa menggunakan website ini berdasarkan kata kunci, kisaran harga, kondisi produk, tempat penjual, dan cara pembayaran yang ada. Setidaknya ada 160ribu data produk dan 450ribu harga siap dibandingkan melalui situs ini.

Anda dapat memakai media ini dengan aplikasi android bahkan SMS. Website ini bahkan menyediakan mekanisme pemberitahuan atas harga produk yang menjadi minat Anda.

PricePanda

Situs pricepanda yang satu ini sudah mengudara sejak tahun 2012. Sama juga seperti situs pembanding harga lainnya, Anda bisa mengguakan kata kunci untuk mempercepat penemuan informasi produk yang dicari. Puluhan ribu data produk dan harga tersedia untuk pertimbangan Anda dalam mempraktikan cara menghemat uang belanja rutin ini.

Priceza

Situs priceza yang satu ini berasal dari negara tetangga Thailand. Beroperasi sejak tahun 2009, situs ini kebanjiran 3,8 juta pegunjung per bulannya.

Produk utama Priceza adlah suplemen herbal, elektronik dan fashion. Keunikan situs ini adalah merekomendasikan sebuah produk khusus milik penjual yang menerima banyak “like” dari teman Facebook Anda.

PricePrice

Website priceprice yang juga pembanding harga ini mengedepankan empat kategori produk yaitu handphone, kameran, elektronik dan komputer. Keunikan priceprice adalah pengguna bisa langsung jualan produk bisa baru bisa bekas, sampai produk impor black market.

Indokatalog

Situs indokatalog pembanding harga ini memiliki Sembilan jenis produk unggulan seperti elektronik, fashion, hobi, otomotif dan diskon. Proses verifikasi penjual yang ada di indokatalog adalah melalui PolisiOnline dan CekStore.

Pricebook

Situs pricebook yang satu ini memliki fokus produk seperti komputer, kamera, elektronik dan handphone. Selain membandingkan harga informasi terkait lain seperti rating dan ulasan produknya.

Shopback

Shopback bukan pembanding harga. Namun efektivitasnya dalam cara menghemat uang belanja rutin adalah dengan memberikan uang tunai atas belanja online Anda melalui situs ini.

Tugas Anda hanya mendaftar kemudian Anda bisa menerima informasi cashback ratusan ribu produk yang ditawarkan oleh ribuan toko online terpercaya di Indonesia. Misalkan Anda berbelanja di lazada, dengan bantuan shopback ini Anda akan mendapatkan potongan maksimal Rp80.000 atas setiap produk. Potongan itu akan masuk ke saldo shopback Anda yang bisa ditransfer ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Cashback

Situs yang satu ini mungkin beda dengan situs yang sudah disebutkan sebelumnya. Disini fokus pembayaran lebih pada pembayaran rutin mulai dari pulsa, listrik, air, internet, tv kabel, kartu kredit, cicilan kendaraan, asuransi, voucher games sampai tiket pesawat/kereta api dan hotel.

Cara menghemat uang belanja bisa diwujudkan karena dari setiap pembayaran tagihan rutin Anda mendapatkan cashback berupa uang tunai. Cashback ini akan masuk dalam saldo dan bisa ditransfer ke rekening bank Anda yang didaftarkan.

Cara ini bahkan sebenarnya tidak hanya untuk menghemat uang belanja karena bisa dimanfaatkan untuk berusaha. Anda bisa memberikan jasa pembayaran kepada orang lain. Atas setiap transaksi Anda akan diberikan komisi dari program cashback ditambah komisi langsung yang Anda tetapkan kepada orang lain itu. Tertarik? Lihat situsnya disini atau download aplikasinya.

Siap Terapkan Cara Menghemat Uang Belanja Rutin Ini?

Itulah kesemua cara menghemat uang belanja yang bisa disampaikan. Kesemua cara ini memanfaatkan kemajuan teknologi digital berbasis belanja online.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+