Cara Mendapatkan Uang dari Blog (Panduan Saku Blogger)

Cara mendapatkan uang dari blog mungkin menjadi pertanyaan besar kebanyakan blogger yang ada tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Wajar karena begitu berlimpahnya panduan yang ada di internet namun tetap saja hanya sedikit orang yang pada akhirnya berhasil. Bahkan tidak banyak yang bisa menghasilkan $1 sehari dari sebuah blog sekalipun.

Apa sebenarnya yang menjadi kesulitan saat kita ingin mendapatkan uang dari blog? Kenapa bisa gagal? Dan bagaimana caranya agar tidak gagal? Inilah yang coba untuk dijelaskan secara singkat dan tegas melalui postingan ini.

Kenapa Blogger bisa Gagal Terapkan Cara Mendatangkan Uang dari Blog?

Jawaban ringkasnya salah pendekatan. Kembali ke motif tadi jika ingin mendatangkan uang berarti motifnya bisnis. Jika sudah memiliki motif bisnis ya pendekatannya harus pakai pendekatan bisnis. Kita akan gagal berbisnis jika pendekatannya salah seperti misalnya;

#1 Tidak Pakai Pendekatan Bisnis

Aspek ini sangatlah penting. Mendapatkan uang dari blog merupakan sebuah motif bisnis. Jadi jika kita tidak memakai pendekatan bisnis dalam membangun sebuah blog, jangan harap bisa mendapatkan uang dari blog.

Kok bisa?

Saat motif mendapatkan uang sudah muncul dari sebuah blog, maka blog itu tidak jauh beda dengan sebuah usaha. Dalam merintis usaha maka kita sudah sepatutnya melakukan riset pasar, analisa modal, analisa produk, analisa resiko dan sebagainya. Mungkin ini terdengar rumit dan njelimet namun manfaatnya sangat besar.

Untuk mendapatkan uang dari blog riset sangatlah penting. Riset ini dilakukan untuk mengetahui apakah orang berminat pada blog kita atau tidak. Atau mungkin blog sudah terlanjur jadi, lantas sebuah riset bisa membantu orang lain yang tadinya tidak berminat menjadi berminat kepada blog kita. Menarik bukan? Inilah keutamaan sebuah pendekatan bisnis sebuah blog.

Bagaimana melakukan riset ini?

Cara termudah adalah dengan menentukan jenis produk/jasa yang ingin ditawarkan. Jenis produk ini akan menentukan proses pemasaran blog. Misalkan seseorang yang punya keahlian desain interior ini menawarkan jasanya kepada konsumen dan seorang lainnya yang mengandalkan artikel untuk mendatangkan uang dari blog.

  • Riset sederhana untuk penyedia jasa interior adalah
  • melihat pertumbuhan tren perumahan/apartment terkini,
  • harga desain interior yang ada di pasaran,
  • dan contoh hasil pekerjaan.

Sebuah situs diarahkan untuk

  • memamerkan contoh hasil karya
  • menjadi penyedia informasi dasar konsumen potensial
  • menjelaskan cara berinteraksi (nomor kontak/alamat email)

Riset sederhana untuk penulis blog adalah

  • Melihat minat menulis pada tema apa
  • Melihat volume search tema itu/Ragam masalah yang ada di tema itu
  • Melihat produk yang bisa ditawarkan dari tema itu
  • Menentukan apakah punya produk khusus untuk ditawarkan

Sebuah situs diarahkan untuk

  • Mendatangkan konsumen potensial untuk produk khusus yang ditawarkan
  • Mendatangkan uang dengan cara menghasilkan yang diterapkan (pasang banner iklan PPC, iklan CPM atau jenis iklan lainnya)

#2 Tidak Memikirkan Sisi Profesional

Sisi professional bisa ditampilkan dengan template blog. Sekarang ini sudah banyak template blog gratis yang berpenampilan premium.

Apakah wajib hosting dan nama domain premium? Sebenarnya analoginya begini ….

Seseorang yang membuat blog dengan berinvestasi nama domain dan hosting premium berarti dia sudah selangkah lebih serius dalam berbisnis online. Namanya berbisnis berarti berupaya mendapatkan keuntungan dari eksistensinya secara online.

Mereka yang sudah berkorban dengan investasi nama domain dan hosting tadi berarti sudah berikhtiar dalam mempersiapkan jalan yang benar dalam mewujudkan cara mendapatkan uang dari blog. Kenapa? Semua karena sisi professional.

Nama domain premium tidak bisa berbohong. Situs yang memiliki nama domain premium jelas bahwa kesan pertama pengunjung akan mendapatkan informasi berharga karena situs itu professional. Hal itu juga memberikan sinyal kepada mesin pencari menempatkan informasi pada situs bernama domain premium pada tempat lebih tinggi dibandingkan situs bernama domain non-premium.

Tidak percaya?

Sisi profesional itu sangat penting untuk kita yang berkeinginan untuk menjadi penulis blog. Kenapa bisa? Ilustrasinya begini:

Misalkan saya penjual batu akik. Saya bisa manfaatkan blog gratisan blogger untuk membuat blog berisikan informasi koleksi batu akik yang dijual, cara pemesanan, lokasi toko, nomor kontak telepon dan kontak email. Blog gratisan sebatas kepanjangan informasi karena saya sudah memiliki toko (atau lokasi usaha offline).

Alamat blog gratisan bisa bermanfaat untuk dicantumkan dalam brosur atau media promosi lain yang dicetak masal dan disebarkan di banyak tempat. Konsumen potensial bisa diarahkan ke alamat blog gratis sebelum memutuskan untuk menghubungi pemilik usaha. Nah, konsumen yang sudah capek-capek menghubungi kita dari blog itu berarti sangat potensial untuk menciptakan penjualan alias mendatangkan uang untuk pemilik blog.

Sisi profesional blog yang dimanfaatkan untuk tujuan seperti itu tidak selalu mementingkan sebuah nama domain dan web hosting premium. Namun demikian, jika blog itu bernama domain dan berhosting premium tentu saja akan berbeda dari blog lain sejenisnya bukan?

Sebuah pendekatan bisnis bisa bermanfaat untuk menentukan apakah titik berat sebuah blog itu trafik atau bukan.

Untuk seorang penulis blog, kebutuhan akan trafik semakin besar ketimbang mereka yang memiliki sebuah produk (seperti batu akik tadi misalnya).

Tidak hanya itu, jenis produk yang dijual juga berpengaruh pada perlu tidaknya sisi profesional ditampilkan dalam sebuah blog.

Misalkan saya berjualan template blog. Tentu saja situs jualan saya sebaiknya bernama domain dan berhosting premium. Jika tidak, bagaimana calon pembeli bisa percaya kualitas template yang dijual jika situs saya saja tidak meyakinkan?

Sebuah produk digital sebaiknya dijual melalui sebuah blog bernama domain dan berhosting premium.

#3 Pakai Kacamata Kuda Menyikapi Masalah Trafik

Pahamkan maksud kacamata kuda? Kacamata kuda membuat kuda hanya bisa memandang lurus kedepan tanpa menengok kanan kirinya.

Mungkin kita sudah sering mendengar betapa pentingnya trafik untuk sebuah blog. Trafik itu urat nadi blog, tanpa trafik blog akan mati. Itu benar jika kita pakai kacamata kuda.

Kembali lagi jika saya seorang sales mobil kemudian saya membuat blog, yang saya butuhkan bukanlah 1 juta pengunjung melainkan 1 pengunjung yang melakukan order pembelian mobil. Sebagai seorang sales mobil saya membutuhkan blog untuk memudahkan memberi penjelasan atas pertanyaan umum (atau info promo-promo) kepada calon konsumen. Komentar di blog tidak akan efektif mendatangkan pembeli yang saya cari. Pemasaran efektifnya adalah:

Jika lokasi saya ada di Jakarta Timur, maka saya akan berpromosi di Mall-Mall sekitar itu, atau menyebar selebaran ke pemukiman wilayah itu. Dalam brosur yang disebar saya memberikan alamat blog untuk penjelasan lebih lanjut. Melalui bantuan Google Analytics saya bisa memantau dengan mudah lokasi pengunjung yang datang ke blog untuk melihat efektif tidaknya saya membuat blog untuk mendatangkan pembeli.

Lain halnya jika saya penulis blog yang mengandalkan cara mendapatkan uang dari blog dengan Google Adsense. Saya akan berusaha mati-matian mendatangkan 1 juta pengunjung dengan harapan ada yang klik iklan adsense di blog saya agar pendapatan saya banyak.

Jika saya punya produk atau jasa digital untuk ditawarkan, saya akan berusaha mendapatkan email atas setiap pengunjung yang datang dengan harapan dimasa mendatang saya bisa menawarkan kepada mereka secara langsung melalui email.

Memiliki sikap yang tepat terhadap masalah trafik ini akan membantu kita fokus pada cara promosi blog yang paling efektif

Percuma jika kita membayar jasa SEO memperkuat backlink atas kata kunci “beli mobil Avanza” jika target kita sebenarnya adalah konsumen di wilayah Bogor. Jika pengunjung blog datang dari Medan atau Makassar, tentu mereka tidak akan membeli mobil yang ditawarkan bukan? Jika pengunjung yang datang dari Bogor, saya bisa menindaklanjuti dengan telepon dan pertemuan. Mendatangkan pengunjung dari Bogor lebih mudah dengan bantuan selebaran yang mencantumkan alamat blog bukan menggunakan cara SEO.

#4 Percaya Jika Waktu itu Murah

Ini bisa dibilang kesalahan paling fatal kebanyakan blogger. Jangan pernah anggap waktu itu murah. Waktu itu sangatlah mahal karena hanya terjadi sekali dalam hidup kita semua. Jika kita sudah memiliki pemahaman seperti ini maka kita akan lebih:

  • Serius dalam membuat konten yang berkualitas
  • Berpikiran terbuka menyikapi biaya ngeblog yang mungkin muncul
  • Serius dalam mengevaluasi performa blog untuk kemajuan blog itu

Mereka yang beranggapan waktu itu murah akan melakukan copy paste, update artikel asal-asalan yang penting update, dan setengah-setengah dalam ngeblog.

Memakai pendekatan bisnis maka :

  • Saya perlu jasa penulis yang harganya sesuai budget dan kualitas memenuhi standar, dengan begitu saya punya waktu lebih untuk diri sendiri, keluarga dan promosi media sosial yang tidak kalah penting.
  • Saya mau pakai domain dan hosting premium agar lebih berkomitmen dalam ngeblog
  • Saya mau pakai template premium karena blog saya tidak sama dengan blog lainnya.

Agar Tidak Gagal Mendapatkan Uang Dari Blog

Untuk menghindarkan diri Anda dari kegagalan saat menerapkan cara mendapatkan uang dari blog inilah tahapan mudahnya:

Untuk pemilik produk/jasa:

  • Pahami produk/jasa yang dimiliki untuk ditawarkan kepada konsumen
  • Tentukan target konsumen yang diinginkan (berdasarkan wilayah, umur, jumlah pendapatan, dll)
  • Evaluasi performa website dengan bantuan Google Analytics, pertanyaan langsung, atau survei pengunjung
  • Perkuat cara promosi yang paling memberikan hasil, tinggalkan cara promosi yang paling minim memberikan hasil

Untuk penulis blog (tanpa produk/jasa sendiri):

  • Pahami minat yang ada
  • Pelajari keyword volume atas minat yang dimiliki
  • Pertimbangkan keyword volume yang menguntungkan meskipun di luar minat
  • Pahamilah cara yang ada untuk bisa mendapatkan uang dari blog itu
  • Pahami cara promosi yang paling banyak mendatangkan trafik
  • Fokus ke cara promosi yang paling mendatangkan trafik dan tinggalkan cara promosi lain yang kurang memberikan trafik.

Jangan salah sangka, dulu penulis memulai ngeblog dari blog gratisan sampai suatu saat memutuskan untuk beralih ke versi premium. Hasilnya pun mulai dirasakan:

Saldo paypal terus bertambah secara rutin per bulan

Saldo payoneer terus bertambah secara rutin per bulan

Komisi berdatangan secara meyakinkan per bulan

 

Percaya atau tidak, saat kita lebih berkomitmen untuk berbisnis, dan kita melakukannya dengan baik, sabar, dan terukur, hasil positif akan datang. Sekarang eranya untuk kerja cerdas bukan kerja keras. Jangan lagi gagal mendapatkan uang dari blog. Jika saya bisa, tidak ada alasan pembaca tidak bisa.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+