Cara Memulai Bisnis Startup Yang Berujung Sukses

Memulai bisnis startup memang bukan perkara mudah namun bukan juga hal yang mustahil dilakukan. Jika Anda berniat untuk memulai bisnis startup dan ingin kesuksesan ada dalam genggaman. Untuk mewujudkan sukses dalam memulai bisnis startup, setidaknya Anda akan membutuhkan beberapa hal utama yaitu orang-orang yang baik di lingkungan Anda, sebuah produk yang diinginkan konsumen dan mengeluarkan modal seminimal mungkin. Kebanyakan bisnis startup yang mengalami kegagalan karena kendala dalam salah satu dari hal tadi. Sedangkan sebuah bisnis startup yang mampu melalui ketiga aspek tadi kemungkinan besar akan sukses.

Terdengar mudah untuk diterapkan? Mari bahas satu per satu.

Cara Memulai Bisnis Startup Bagian 1 : Ide Bisnis Startup

Secara khusus, Anda tidak membutuhkan sebuah ide jenius untuk memulai bisnis startup. Cara sebuah bisnis startup menghasilkan uang adalah dengan menawarkan kemudahan teknologi dibandingkan dengan yang sudah ada. Terlebih jika apa yang sudah dimiliki orang saat ini seringkali terlalu buruk sehingga tidak dibutuhkan seorang professor Einstein untuk membuatnya lebih baik.

Contoh sederhananya adalah rencana bisnis Google yang ingin menciptakan sebuah mesin pencarian yang terlihat keren. Ide mendasar Google adalah mengindeks lebih banyak situs, menggunakan link untuk memberi peringkat hasil pencarian, dan menggunakan tampilan minimalis dengan iklan teks berdasarkan kata kunci yang bersahabat dengan pengguna. Di atas semuanya, Google ingin membuat sebuah situs yang bermanfaat untuk penggunanya. Tidak diragukan lagi bahwa ada banyak trik di Google, namun keseluruhan rencana sangatlah jelas.

Sekalipun Google kini memiliki ambisi bisnis lebih besar, ide bisnis mendasar itu tadi saja sudah mendatangkan milyaran dolar setiap tahun.

Dalam hal mencari ide bisnis startup, ada banyak wilayah seburuk kinerja mesin pencarian sebelum kehadiran Google. Mungkin akan banyak sekali ide bisnis startup yang bisa didapatkan namun jika diperhatikan semua ide bisnis startup akan mengerucut kepada hal berikut ini: perhatikan pada aktivitas manusia di sekitar Anda dan pikirkan bagaimana melakukan itu dengan cara yang lebih baik atau lebih keren dilihat.

Misalkan sebuah situs kencan online yang biasanya tampil buruk karena menggunakan gambar model yang itu-itu saja dan cenderung sama dengan situs sejenis lainnya. Situs ini berpikir bagaimana melakukan penyelesaian masalah dengan pendekatan “data” ketimbang dengan pendekatan nyata bagaimana melakukan kencan di dunia nyata.

Seorang pejalar kampus dapat membuat sesuatu yang lebih baik sebagai sebuah proyek kelasnya namun akan banyak modal uang diperlukan. Kencan online merupakan sebuah bisnis yang potensial dan bisa bernilai ratusan kali lebih tinggi jika berfungsi dengan baik.

Sebuah ide untuk startup hanyalah permulaan. Banyak pendiri startup berpikir bahwa kunci utama ada pada penemuan ide bisnis startup dan menindaklanjuti ide itu sesegera mungkin. Jika Anda mendatangi sebuah perusahaan investasi (venture capital/VC) dengan sebuah ide bisnis startup cemerlang dan mengincar sebuah perjanjian khusus maka bisa dipastikan Anda akan ditolak mentah-mentah. Itu menunjukkan betapa sebuah ide bisnis startup tidak begitu bernilai. Harga pasar lebih rendah dibandingkan ketidaknyamanan dalam menandatangani perjanjian khusus.

Tanda lain yang menunjukkan rendahnya nilai sebuah ide bisnis startup adalah jumlah startup yang merubah rencana bisnis mereka. Rencana asli Microsoft adalah untuk menjual program bahasa. Model bisnis Microsoft saat ini tidak muncul sampai IBM melakukannya dalam jangka waktu 5 tahun kemudian.

Sebuah ide bisnis startup jelas bernilai sesuatu namun masalahnya ide bisnis startup tidak dapat dipindahtangankan. Ide bisnis startup bukanlah sesuatu yang dapat diberikan ke orang lain untuk diteruskan. Nilai sebuah ide bisnis startup adalah sebagai jalan pembuka, sebagai awal untuk orang lain yang bertugas melanjutkannya menjadi sesuatu yang lebih besar.

Yang membuat sebuah ide bisnis startup bermakna bukanlah idenya, melainkan orang yang memiliki ide itu. Orang yang berkualitas dapat membenahi sebuah ide bisnis yang buruk namun sebuah ide bisnis startup yang baik tidak dapat berbuat banyak membantu orang yang tidak berkualitas.

Cara Memulai Bisnis Startup bagian 2: Orang di Sekitar Anda

Apa yang dimaksud dengan orang berkualitas? Salah satu hal terbaik yang bisa dipelajari dari sebuah bisnis startup adalah saat memutuskan siapa yang harus diajak bekerjasama. Bisakah Anda menggambarkan sosok manusia sebagai robot? Mungkin sulit untuk menterjemahkannya kedalam bahasa lain, namun sepertinya semua orang di Indonesia bisa memahami apa maksudnya bukan? Itu berarti seorang manusia yang cenderung terlalu serius dengan apa yang dia kerjakan, seorang manusia yang melakukan sesuatu dengan sangat baik sampai mereka mengabaikan ahli dan menjadi obsesif dengan pekerjaannya.

Maknanya akan bergantung dari pekerjaannya. Seorang sales marketing yang tidak mau mendengar kata “tidak” untuk jawaban, seorang hacker yang masih beraktivitas pada pukul 4 pagi mencari bug dalam sebuah kode ketimbang pergi tidur, atau seorang desainer grafis yang merasa sakit hati hanya karena sesuatu meleset 2 milimeter dari yang seharusnya.
Semua startup yang berhasil tumbuh besar diawali dengan teman-teman yang berkualitas dan melalui proses interaksi personal yang membuat mereka berada dalam satu lingkungan. Inilah yang menjadi pembeda utama antara perusahaan startup dan perusahaan besar. Berteman dengan seseorang beberapa hari jauh lebih memberi gambaran seseorang ketimbang proses interview perusahaan besar.

Idealnya, saat memulai bisnis startup akan dibutuhkan lebih dari satu pendiri. Akan sulit jika pendiri startup hanya satu orang karena beban moral perusahaan startup sangatlah besar dan perlu bantuan orang lain untuk menanggungnya. Bahkan seorang Bill Gates yang terlihat sabar dalam menanggung beban moral memerlukan kehadiran co-founder. Tapi yang jelas Anda tidak ingin terlalu banyak orang bergabung sebagai pendiri sehingga akan tampak seperti foto kelas bukan?

Ini sangat logis karena di masa awal Anda tidak memerlukan terlalu banyak orang karena semakin banyak kepala semakin besar potensi konflik ketidaksepahaman. Saat Anda menyadari bahwa pendiri bisnis startup hanya terdiri dari maksimal 4 orang, Anda harus segera menyelesaikan konflik yang terjadi atau bisnis startup akan bubar. Mufakat dalam memutuskan masalah penting untuk sebuah bisnis startup.

Dalam sebuah bisnis startup teknologi, seorang pendiri startup harus memasukan orang teknis. Saat booming internet banyak bisnis startup berdiri mengandalkan jasa hackers untuk membuat produk dan hal ini tidak berjalan dengan baik. Pengusaha cenderung buruk dalam memutuskan apa yang harus dilakukan dengan teknologi karena mereka tidak tahu pilihan yang tersedia, atau seberapa besar masalah yang dihadapinya. Dan saat pengusaha berusaha menyewa jasa hackers sulit akan mengatakan mana yang bagus.

Apakah pendiri bisnis startup harus memasukan pengusaha kedalamnya? Tergantung kondisinya.

Jika Anda sempat memperhatikan daftar Forbes 400, mungkin Anda menyadari hanya terdapat 5 ahli bisnis dalam daftar Top 50. Banyak orang berlatar teknis seperti Bill gates, Steve Jobs, Larry Ellison, Michael Dell, Gordon More dan Jeff Bezos. Bisnis teknologi menunjukkan bahwa para pemimpin industri teknologi berasal dari teknologi bukan ahli bisnis. Jadi jika Anda ingin sukses berinvestasi selama dua tahun kedalam suatu hal yang berkaitan dengan industri teknologi, fakta menyarankan Anda untuk belajar masalah teknologi bukan soal bisnis.

Tapi … tetap ada satu alasan kenapa Anda mungkin memerlukan seorang ahli bisnis dalam grup pendiri bisnis startup. Anda perlu satu orang yang mau dan mampu fokus kepada apa yang diinginkan konsumen.

Jika Anda tidak mampu memahami konsumen, Anda harus mau belajar hal itu atau temukan seorang partner bisnis startup yang memiliki kemampuan itu.

Cara Memulai Bisnis Startup Bagian 3 : Apa yang Diinginkan Konsumen

Sebenarnya bukan hanya bisnis startup yang harus memperhatikan hal ini tapi semua jenis bisnis harus mewaspadai aspek ini. Contoh sederhana adalah belajar dari bisnis restoran. Cukup banyak restoran yang bangkrut. Namun pernahkah Anda melihat restoran yang memiliki makanan enak dan bangkrut?

Sebuah restoran dengan cita rasa makanan enak akan bertahan dan tumbuh besar. Restoran seperti ini bisa saja mahal, penuh sesak, berisik, panas bahkan sampai memberi pelayanan buruk namun konsumen tetap saja berdatangan. Mengerti kan kenapa bisa begitu?

Sama halnya dengan industri teknologi. Anda mungkin sudah mendengar banyak sebab kenapa bisnis startup gagal. Namun bisakah Anda temukan bisnis startup yang memiliki produk populer dan bangkrut?
Hampir di semua penyebab bisnis startup gagal adalah konsumen tidak menginginkan produk yang ditawarkan. Penyebab lainnya adalah kurangnya dukungan modal, namun untuk sebuah produk yang diinginkan banyak orang tentu masalah pendanaan akan menarik minat investor besar.

Bagaimana cara mengetahui produk startup apa yang diinginkan konsumen? Cara paling efektif adalah dengan memberikan sebuah prototype lebih dulu dan terus perbaiki prototype itu sesuai masukan dari konsumen.

Jika Anda ingin ide bisnis startup, satu hal paling berharga yang bisa dilakukan adalah untuk menemukan perusahaan kecil dan habiskan waktu yang cukup memperhatikan apa yang mereka lakukan dengan teknologi.

Mulai dengan membuat software yang siap membantu kinerja perusahaan kecil karena perusahaan kecil cenderung mau membeli software seperti itu. Jika Anda ingin menang dalam bisnis startup dengan memanfaatkan teknologi lebih baik targetkan konsumen dengan skala lebih kecil.

Strategi ini akan lebih berharga untuk mengambil pangsa pasar. Lebih mudah untuk membuat produk murah yang berpengaruh kuat ketimbang membuat produk berkualitas dengan harga diskon. Jadi sebuah produk yang bermula dengan harga murah dan sederhana cenderung akan tumbuh dengan perlahan tapi pasti.

Cara Memulai Bisnis Startup Bagian 4 : Mengumpulkan Dana

Untuk mewujudkan semua rencana memulai bisnis startup, Anda akan membutuhkan dana. Beberapa bisnis startup dibiayai secara mandiri, Microsoft misalnya, namun sebagian besar bisnis startup mendapat sokongan dana dari pihak lain. Untuk membiayai startup secara mandiri, Anda perlu memulai sebagai konsultan, dan sulit untuk berubah dari perusahaan jasa menjadi produsen produk.

Cara untuk menjamin sukses dalam bisnis startup adalah dengan memaksimalkan kemungkinan sukses bisnis Anda bukan memaksimalkan jumlah saham yang Anda miliki. Jadi jika Anda dapat menjual kepemilikan untuk sesuatu yang meningkatkan hal biasa, itu mungkin sebuah langkah cerdas meraih sukses dengan bisnis startup.

Hal pertama yang Anda perlukan adalah beberapa puluh juta untuk membayar biaya pembuatan sebuah prototype. Ini dinamakan modal bibit. Karena minimnya jumlah uang yang terlibat, mengumpulkan dana cenderung mudah, setidaknya mudah dalam menerima “ya” atau penolakan.

Biasanya Anda akan mendapatkan modal bibit dari orang kaya dari bidang yang sama. Dalam tahap bibit ini, investor tidak mengharap Anda memiliki marketing plan yang rinci.

Ada banyak hal harus dipahami dalam mendirikan sebuah perusahaan mulai dari asuransi, ijin usaha, kompensasi karyawan dan pajak. Dalam tahap ini Anda perlu meyakinkan semua pendiri untuk saling berkomitmen melalui dokumen perjanjian bahwa semua ide yang muncul akan menjadi milik perusahaan dan perusahaan itu akan menjadi satu-satunya pekerjaan semua pendiri.
Anda perlu pastikan perjanjian lain apa yang sudah dimiliki para pendiri saat Anda membentuk perjanjian memulai bisnis startup.

Saat bisnis startup terbentuk, mungkin akan terdengar mustahil mengetok pintu investor meminta dana investasi untuk sekelompok orang yang hanya bermodal ide bisnis. Namun jika Anda melihatnya dari sudut pandang orang kaya, semuanya bisa lebih menarik. Banyak orang kaya mencari investasi yang terbaik. Jika Anda yakin memiliki kesempatan untuk sukses, Anda membantu mereka melakukan investasi.

Bagaimana menentukan nilai bisnis startup? Pada tahap ini, perusahaan startup hanyalah sebuah taruhan. Ada yang beranggapan sebaiknya perusahaan dinilai tidak kurang dari 1 milyar.

Nilai perusahaan startup bukan sekedar nilai produk yang dihasilkan melainkan juga nilai ide bisnis yang dihasilkan, termasuk potensi di masa mendatang.

Saat perusahaan investasi mulai tertarik, akan banyak perubahan bisa terjadi. Bukan tidak mungkin perusahaan investasi ingin menempatkan pemimpin baru sesuai pilihan mereka yang biasanya didasarkan pada pengalaman dan kedewasaan berpikir.

Anda mungkin bertanya-tanya berapa jumlah yang harus diberikan kepada perusahaan investasi. Sebaiknya Anda nyatakan harganya, karena beberapa perusahaan investasi mungkin akan membiayai perusahaan startup pesaing Anda. Cara terbaiknya adalah jangan terlalu menutup diri namun jangan juga terlalu terbuka. Perusahaan investasi lebih tertarik pada manusianya bukan idenya. Satu hal utama mereka ingin tahu ide bisnis startup Anda adalah untuk menilai pribadi Anda bukan ide bisnis Anda. Jadi selama Anda terlihat “memahami” apa yang Anda lakukan, kemungkinan Anda akan mendapat “sesuatu” setelah presentasi dihadapan perusahaan investasi.
Menghadiri konferensi untuk startup merupakan cara terbaik untuk mengenal perusahaan investasi tanpa terlihat “menginginkan pendanaan” dari mereka.

Cara Memulai Bisnis Startup bagian 5 : Jangan Habiskan

Jika Anda mendapatkan pendanaan bisnis startup apa yang harus dilakukan selanjutnya? Jangan habiskan. Hampir menjadi penyebab kegagalan bisnis startup adalah kehabisan dana. Biasanya ada kesalahan fatal yang terjadi.

Banyak perusahaan startup yang mencoba jadi “besar” dalam semalam. Ini biasanya diterjemahkan dengan mendapatkan banyak konsumen dengan cepat atau menyewa jasa banyak orang dengan cepat.

Dari kedua versi tadi, satu hal yang membantu Anda mendapatkan banyak konsumen dengan cepat mungkin menjadi primadona untuk dipilih. Apakah ini tepat? Untuk menjadi yang pertama memasarkan suatu produk?

Pengalaman Google mungkin bisa jadi masukan berharga. Saat Google muncul ke permukaan sepertinya industri mesin pencarian sudah menjamur, didominasi para pemain besar yang akan menghabiskan banyak uang untuk membangun brand bisnis mereka

Namun sebagaimana disadari para pendiri Google, brand bisnis tidak begitu bernilai di industri mesin pencarian. Anda bisa datang dari berbagai arah membawa sesuatu yang lebih baik, dan konsumen akan secara perlahan beralih kepada produk Anda. Seolah menekankan aspek itu, Google tidak pernah melakukan iklan apapun.

Pesaing yang dikubur oleh Google mungkin ingin melakukan suatu hal yang lebih baik menghabiskan uang untuk software mereka bukan untuk membangun brand bisnis. Startup masa depan harus mau belajar dari kesalahan ini. Kecuali Anda berada di sebuah pasar dimana sebuah produk tidak dapat dibedakan seperti rokok atau sabun cuci yang menghabiskan banyak uang untuk iklan.

Itulah kunci sukses memulai bisnis startup. Tidak ada yang lebih penting ketimbang memahami bisnis Anda. Mungkin Anda akan berpikir bahwa semua orang di sebuah bisnis harus memahami bisnis masing-masing. Jauh dari kenyataan itu, rahasia Google adalah memahami pencarian.

Google paham satu hal yang tidak dipahami perusahaan internet lainnya. Hal pentingnya adalah Anda harus menempatkan pengguna diatas keuntungan (iklan) meskipun pengiklan membayar dan pengguna tidak.

Ini berarti buatlah produk yang dibutuhkan konsumen lebih dulu kemudian baru pikirka bagaimana menghasilkan uang darinya. Jika Anda tidak mengedepankan konsumen lebih dulu, Anda meninggalkan ruang untuk diisi oleh pesaing yang akan melakukannya.

Untuk membuat sesuatu yang disukai konsumen, Anda harus mau memahami mereka. Semakin besar bisnis startup Anda semakin sulit melakukannya.

Penyebab lain untuk menghabiskan dana perlahan adalah untuk membentuk budaya “murah”. Inilah satu hal lain penyebab kekalahan Yahoo dari Google.

Saat Anda mendapat sokongan dana dari perusahaan investasi mungkin Anda akan merasa kaya. Sangat penting untuk menyadari bahwa Anda tidak kaya dalam kondisi ini karena uang itu bukanlah profit.

Untuk memulai bisnis startup, targetkan sesuatu yang murah tapi keren, tidak mahal tapi mengesankan. Hal ini juga berlaku untuk mencari lokasi kantor bisnis. Saat Anda mencari lokasi bisnis startup, jangan berpikir itu harus tampak profesional. Kesan profesional terlihat dari hasil kerja Anda, bukan dari ada tidaknya lift atau AC di kantor bisnis startup Anda.

Siap Memulai Bisnis Startup?

Jika Anda ingin memulai bisnis startup, lakukan. Memulai bisnis startup bukanlah sebuah misteri sebagaimana terlihat dari luar. Itu juga bukanlah sesuatu yang melulu berkaitan dengan bisnis. Buatlah sesuatu yang disukai konsumen dan habiskan sedikit uang perbanyak penghasilan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+