Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Biaya hidup yang semakin meningkat menyebabkan banyak orang mencari peluang usaha untuk menambah penghasilan ekstra. Dalam upaya itu, bisa saja banyak tantangan akan menghampiri mulai dari kemungkinan merugi sampai kena tipu.

Untuk memulai sebuah bisnis rumahan, Anda tidak perlu menjual sebuah produk tapi bisa saja Anda menawarkan sebuah jasa. Di sinilah peluang memulai bisnis laundry kiloan muncul untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang tidak memiliki waktu atau keinginan mencuci pakaian kotornya sendiri.

Dengan jumlah konsumen setia yang Anda bangun dengan bisnis laundry kiloan sendiri, bukan tidak mungkin tambahan uang puluhan juta akan sanggup Anda kantongi setiap bulan.

Lantas bagaimana cara memulai bisnis laundry kiloan? Inilah tahapan penting yang harus Anda perhatikan

Ikuti aturan main. Anda perlu memeriksa apa saja ijin usaha yang diperlukan untuk bisa memulai bisnis laundry kiloan. Anda bisa bertanya-tanya lebih dulu kepada orang lain yang memiliki pengalaman ini untuk memastikan bisnis Anda sesuai aturan yang berlaku.

Buat File Informasi Bisnis. Anda perlu melacak beberapa hal dengan baik seperti nama konsumen, penerimaan pembayaran, biaya rutin, dan sebagainya. Anda tidak membutuhkan sebuah software akuntansi yang mahal untuk memulai bisnis laundry kiloan. Cukup gunakan Microsoft Excel dengan tepat maka Anda siap memulai bisnis laundry kiloan idaman Anda.

Cara Pembayaran. Apakah konsumen akan membayar jasa laundry kiloan sebelum atau sesudah laundry selesai dilakukan? Apakah Anda hanya menerima pembayaran tunai? Ada kebijakan yang harus Anda tetapkan terhadap konsumen. Sebagai terobosan misalnya bisa saja Anda memasukan mekanisme pembayaran online, kartu kredit atau mungkin paypal.

Buat Website Profesional. Mungkin hal ini tidak dianggap penting oleh sebagian besar orang karena menilai laundry kiloan hanyalah sebuah bisnis kecil-kecilan. Namun tahukah Anda bahwa website professional akan menjadi etalase toko dalam menawarkan laundry kiloan Anda? Website akan memudahkan konsumen menemukan Anda dan mencerna informasi penting sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa laundry kiloan Anda. Dengan makin bersaingnya harga hosting dan nama domain sekarang ini, Anda tidak perlu biaya mahal untuk membuat sebuah website professional. Bahkan beberapa penyedia jasa hosting berkualitas juga memberikan bantuan instalasi website untuk Anda, ini salah satunya.

Promosikan Jasa Laundry Kiloan Anda. Tentu saja Anda perlu mempromosikan jasa laundry kiloan itu agar semakin banyak konsumen potensial yang mau menggunakan jasa Anda. Untuk mendapatkan hasil optimal dalam mempromosikan jasa laundry ini setidaknya ada 3 alur berikut ini:

Promosi Online

Saat berbicara untuk menciptakan kehadiran bisnis Anda secara online maka Anda akan memiliki dua pilihan yaitu gratis atau berbayar. Promosi gratis termasuk menyebarkan informasi di ribuan situs promosi, atau direktori bisnis yang sesuai dengan tema bisnis Anda. Untuk promosi berbayar bisa dilakukan dengan memasang iklan di Google, Facebook, Twitter atau media sosial lainnya.

Promosi Offline

Promosi online akan membutuhkan waktu dan perangkat yang tepat. Untuk promosi offline, maka Anda perlu benar-benar “bekerja” mempromosikan bisnis Anda mulai dari mengajak orang-orang terdekat, membuat brosur, banner dan alat promosi lainnya untuk dipasang di tempat yang terbuka.

Pastikan informasi penting termasuk di dalam brosur promosi Anda mulai dari nama jasa laundry kiloan, alamat usaha, nomor kontak, alamat media sosial dan alamat website (jika ada).

Smartphone Marketing

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah smartphone marketing. Tren pengguna smartphone akan meningkat seiring persaingan industri ini. Itu sebabnya pastikan Anda mencatat semua nomor kontak konsumen untuk menjalankan smartphone marketing ini.

Melalui data base kontak yang Anda miliki, Anda bisa menginformasikan berbagai informasi promo menarik mulai diskon pada waktu/hari tertentu, komisi untuk konsumen yang mengajak konsumen baru lainnya, sampai sarana untuk menampung feedback agar kualitas layanan bisnis laundry kiloan Anda selalu prima di mata konsumen.

Pikirkan Peluangnya

Buatlah daftar konsumen potensial yang mungkin tertarik dengan bisnis laundry kiloan Anda seperti (Spa, Dokter, Restoran sampai Tempat Penitipan Anak). Hubungi mereka untuk menyampaikan penawaran. Tidak perlu berbelit cukup sampaikan perkenalan sederhana akan usaha laundry kiloan Anda dilengkapi bagaimana laundry itu dijalankan dan keuntungan apa yang akan didapat konsumen jika mereka mau menggunakan jasa Anda.

Anda bisa saja menawarkan kontrak untuk konsumen yang tentunya akan memberikan harga lebih murah lagi. Jangan salah, kontrak bisnis bisa menarik untuk konsumen seperti rumah sakit yang perlu orang-orang yang bisa menjaga kebersihan perlengkapan tidur kamar inap rumah sakit mereka.

Jika sudah demikian, Anda harus selalu membicarakan bisnis Anda sesering mungkin. Networking merupakan alat yang sangat kuat karena Anda tidak pernah tahu kapan bertemu orang yang mungkin membutuhkan jasa laundry kiloan Anda.

Siap Semuanya? Saatnya Terapkan Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Sekarang Anda sudah siap untuk hidup sebagai pengusaha laundry kiloan. Ingatlah bahwa tidak ada hal instan dalam meraih sukses berbisnis. Bisnis laundry kiloan Anda akan perlu waktu untuk tumbuh besar. Kesabaran dan kejelian Anda melihat peluang akan memaksimalkan keuntungan dari menerapkan cara memulai bisnis laundry kiloan ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+