Cara Memilih Usaha Yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Cara memilih usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan akan menarik sebagian besar perhatian Anda yang baru terpikir untuk berusaha. Saat Anda terpikir untuk berusaha, terlebih Anda seorang pemula (seperti penulis) akan wajar jika terpikir untuk mencari usaha yang mudah dijalankan sekaligus menguntungkan.

Mungkin Anda sudah sering membaca tips memilih usaha yang cocok berdasarkan pada hobi, keahlian dan sebagainya. Tentu saja itu semua benar karena akan memudahkan langkah Anda memulai usaha. Namun apa jadinya jika Anda benar-benar bingung namun ada sejumlah uang (modal) dan keinginan untuk berusaha? Apa yang bisa Anda lakukan untuk memahami cara memilih usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan?

Aspek Internal

Yang dimaksud dengan hal ini adalah memahami kondisi internal diri sendiri untuk memulai sebuah usaha. Saat Anda sudah terpikir untuk memilih usaha, cobalah untuk dipikirkan peran seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda hanya ingin menjadi investor, ingin berperan penuh atau bagaimana?

Peran Anda sebagai investor berarti Anda hanya menyiapkan modal uang yang dibutuhkan dan lebih banyak berdiam diri sambil menunggu bagi hasil keuntungan. Jika Anda berperan penuh tentu saja akan lebih banyak persiapan yang perlu dilakukan agar usaha pilihan Anda mendatangkan keuntungan secara maksimal.

Untuk seorang pemula, ada baiknya Anda berperan penuh dalam memilih usaha. Dengan pilihan ini Anda akan belajar sambil menjalankan usaha.

Pemahaman Anda akan “modal dengkul” juga tidak kalah pentingnya. Mungkin sudah sering terdengar bahwa seseorang bisa sukses dengan modal dengkul alias tanpa modal. Apa benar demikian? Penulis tidak sependapat. Pada saat Anda menjalankan usaha akan selalu ada yang dikorbankan. Seminim-minimnya pengorbanan seseorang adalah waktu. Jika Anda meyakini bahwa orang bisa sukses atau kaya raya dengan modal dengkul itu berarti persepsi Anda akan modal hanyalah terfokus pada uang. Ingatlah bahwa modal itu luas maknanya. Jadi saat Anda ingin memilih usaha yang menguntungkan tentukanlah apa saja yang Anda siap korbankan untuk meraih tujuan yang diinginkan.

Selanjutnya tidak kalah penting adalah kesiapan mental. Hal ini sangatlah penting karena jika mental Anda tidak kuat, usaha Anda hanya akan menjadi kegiatan pemborosan uang. Mental yang lemah membuat Anda sangat ragu dalam menjalani usaha yang berujung tutupnya usaha dalam waktu singkat.

Setelah Anda memiliki tekad, pemahaman dan mental saatnya untuk mendalami rencana usaha. Buatlah sebuah rencana sederhana mulai dari jenis usaha, kemampuan modal, kebutuhan dasar usaha, strategi pemasaran, proyeksi keuntungan, tingkat pesaingan, dan layanan konsumen. Untuk detilnya berikut ini:

Jenis Usaha

Maksud dari jenis usaha adalah Anda perlu memutuskan apakah dalam menjalankan usaha Anda sebagai perantara atau sumber. Jenis usaha sebagai perantara pada umumnya akan berhadapan langsung dengan konsumen, sedangkan jenis usaha sebagai sumber pada umumnya akan berhadapan dengan pengusaha lainnya.

Contoh jenis usaha sebagai perantara seperti jualan pulsa, warung kelontong, toko baju ,agen tiket dan sebagainya.

Contoh sebagai sumber seperti desainer, produsen baju, distributor pulsa, distributor sembako dan sebagainya.

Untuk seorang pemula yang baru terpikir cara memilih usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan, penulis sarankan untuk memilih jenis usaha perantara. Pilihan ini baik karena pada dasarnya jumlah kebutuhan modal usaha tidak sebesar jenis usaha sumber. Misalkan Anda ingin menjadi distributor sembako tentu ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum bisa menjadi seorang distributor.

Jadi, jika Anda minim pengalaman dan memiliki modal, tekad, dan minat berusaha pilihlah jenis usaha perantara yang berhadapan langsung dengan konsumen.

Kemampuan Modal

Hal selanjutnya untuk dipertimbangkan adalah kemampuan modal. Seperti sudah disampaikan sebelumnya, modal paling minimal adalah waktu. Jika Anda dapat memadukan modal berupa uang dan waktu tentu saja langkah Anda selangkah lebih mudah.

Contoh mudahnya adalah seandainya Anda ingin membuka toko alat tulis, tentu Anda akan berkorban waktu mencari lokasi, memilih karyawan untuk jaga toko, menyiapkan pembukuan dan sebagainya. Di luar itu tentu menyiapkan kebutuhan uang untuk membeli berbagai persiapan membuka toko tersebut.

Pikirkanlah kemampuan modal Anda. Jika seandainya Anda hanya sanggup meluangkan waktu 2 jam sehari dan uang Rp 2,5 juta tentu kurang bijak jika Anda berambisi membuka gerai alfamart.

Kebutuhan Dasar Usaha

Penting untuk Anda memahami kebutuhan dasar usaha. Saat Anda ingin menerapkan cara memilih usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan, Anda harus tahu dimana dan siapa konsumen Anda berada. Itulah kebutuhan dasar usaha yang menjadi inti.

Jika Anda ingin menjadi penjual baju bayi branded dengan harga kisaran Rp 200ribu sampai Rp 500ribu tentu Anda harus pikirkan lokasi yang tepat atau setidaknya siapa target konsumen Anda. Kesalahan umum pengusaha pemula adalah menjadikan keluarga atau teman sebagai target konsumen. Jika Anda melakukan hal ini segera hentikan dan fokuskan kepada pihak lain diluar keluarga atau teman.

Jika Anda ingin berjualan pulsa, memilih lokasi di dekat taman kanak-kanak mungkin tidak akan meningkatkan penjualan secara signifikan. Pilihlah lokasi di kampus, pertokoan, perumahan atau perkantoran.

Kebutuhan dasar lainnya adalah peralatan usaha. Pertimbangkanlah apakah usaha yang Anda minati membutuhkan etalase, gerobak, booth dan beragam peralatan lain untuk memperlancar aktivitas usaha. Kesemua alat tadi tentu akan memiliki konsekuensi biaya yang perlu masuk kalkulasi Anda.

Strategi Pemasaran

Pemasaran sangat bermanfaat untuk mendekatkan konsumen ke usaha Anda. Jika Anda memilih usaha tanpa mempertimbangkan strategi pemasarannya ibarat Anda tersesat ditengah hutan tanpa penunjuk arah. Keberhasilan Anda mencapai tujuan (keluar dari hutan) merupakan keberuntungan. Tentu Anda tidak mau mengandalkan keberuntungan untuk menentukan gagal tidaknya usaha pilihan Anda bukan?

Strategi pemasaran tidaklah sesulit atau semahal yang dibayangkan, mulai dari pemilihan lokasi, pencantuman informasi usaha yang mudah dilihat orang lain, pengiriman pesan sms, status facebook, marketing whatsapp, dan sebagainya. Tentukanlah strategi pemasaran apa saja yang Anda ingin terapkan untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin.

Proyeksi Keuntungan

Buatlah proyeksi keuntungan untuk memudahkan Anda membuat target dan rencana jangka panjang. Misalkan jika satu buah barang memberikan keuntungan Rp 1000, maka jika Anda ingin memiliki untung per bulan Rp 5 juta maka Anda setidaknya usaha pilihan Anda harus menciptakan sekitar 7000 penjualan barang itu dalam satu bulan.

Tercapai tidaknya proyeksi keuntungan Anda akan menjadi bahan evaluasi berharga untuk pilihan lokasi usaha, penetapan harga, dan strategi pemasaran.

Tingkat Persaingan

Saat Anda mencermati tingkat persaingan jenis usaha perlu dipahami bahwa adanya pesaing berarti adanya pasar. Nah, jika Anda menilai sebuah usaha cocok namun belum yakin karena tingkat persaingannya terlalu tinggi (jenuh) buatlah target mendapatkan pelanggan setia.

Luncurkan beberapa program insentif kepada pelanggan setia Anda untuk menjaga minat mereka selalu berbelanja di tempat usaha Anda. Banyak hal bisa diwujudkan untuk insentif seperti potongan harga, beli 1 gratis 1, dan sebagainya.

Layanan Konsumen

Terakhir adalah layanan konsumen yang tidak kalah pentingnya khususnya jika pilihan usaha Anda masuk kategori tingkat persaingan tinggi. Layanan konsumen mulai dari yang sederhana (penggantian barang rusak) sampai layanan garansi service akan membantu terciptanya pelanggan setia. Jika pelanggan sudah setia tentu mereka akan selalu memilih usaha Anda ditengah persaingan yang ada.

Aspek Eksternal

Sebenarnya kesemua aspek eksternal sudah terbahas pada bagian rencana sederhana atas usaha pilihan Anda. Dalam kaitan ini, penulis hanya ingin mengingatkan satu hal lagi yaitu pilihan jenis produk.

Saat Anda memilih usaha tentu akan ada produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan bukan? Dalam kondisi kurang yakin, ada baiknya Anda memilih jenis produk atau barang yang menjadi kebutuhan umum seperti sembako, makanan, tempat tinggal, sepatu sekolah, perlengkapan sekolah, pulsa telepon sampai jasa pembayaran.

Pilihan akan produk yang menjadi kebutuhan umum akan membuat usaha Anda mudah menciptakan penjualan. Tugas Anda selanjutnya adalah fokus untuk mengevaluasi pemasaran, pemilihan lokasi dan layanan konsumen yang diberikan.

Simulasi Praktek Memilih Usaha yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Penulis sendiri sebenarnya sedang menjalankan apa yang sudah diungkap pada postingan ini. Untuk gambaran mudah akan dijelaskan pada simulasi seperti ini

Pilihan produk : jasa pembayaran (pulsa, tv kabel, kartu kredit, tiket pesawat/kereta api, listrik, air, cicilan lain, pulsa game dan zakat).

  • Kemampuan modal: maksimal Rp 2juta (sambil dilihat seberapa lama deposit 2 juta dapat habis)
  • Kebutuhan dasar usaha: lokasi usaha (dekat kampus, kos-kosan karyawan, perkantoran atau perumahan), etalase, laptop/smartphone, kwitansi, alat tulis, buku catatan penjualan, dan tas untuk menyimpan uang penjualan.
  • Strategi pemasaran: papan informasi, print kertas ragam layanan untuk konsumen yang menunggu, sms marketing
  • Proyeksi keuntungan : Rp 500 – Rp 2000 dari setiap transaksi
  • Tingkat pesaingan: sangat tinggi namun menjadi kebutuhan dasar masyarakat perkotaan
  • Layanan konsumen: penggantian uang konsumen atas kesalahan transfer dari penjual, diskon setelah transaksi sepuluh kali.

Analisa singkat peluang usaha:

Ragam jenis pembayaran yang disediakan mulai dari pulsa sampai kartu kredit membuat peluang untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar dalam rangka memenuhi beragam kebutuhan pembayaran konsumen. Ini berarti peluang agar usaha ini bisa tumbuh dan berkembang cukup baik.

Besarnya pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2016 yang mencapai 132juta pengguna merupakan pasar besar untuk pertumbuhan usaha ini (sumber kompas tekno). Selain itu masyarakat perkotaan cenderung memiliki kartu kredit, berlangganan tv kabel dan sudah pasti listrik dan air, dengan demikian peluang Anda untuk memenuhi permintaan konsumen terbuka lebar.

Besarnya potensi ini tentu akan membuka persaingan sesama penyedia jasa pembayaran. Jika penerapan cara memilih usaha yang menguntungkan dan mudah dijalankan Anda jatuh pada peluang usaha jasa pembayaran, ada beberapa hal penting yang dapat dipertimbangkan seperti: penetapan lokasi usaha, pemasaran, layanan konsumen dan pilihan penyedia program jasa pembayaran.

Seperti sudah diketahui, lokasi usaha sangat memegang peran penting. Selain itu, perlu juga didukung strategi pemasaran untuk membangun kesetiaan konsumen. Kemudian adalah layanan konsumen untuk selalu meningkatkan kepuasan pelanggan. Terakhir adalah bergabung pada operator pembayaran yang menguntungkan.

Lokasi strategis tentu akan berdampak pada mahalnya harga sewa. Mensiasati hal ini dapat dilakukan dengan strategi pemasaran yang tepat. Strateginya seperti penetapan harga lebih rendah dari pesaing. Setiap konsumen yang beli dikelola kontaknya (atas seijin konsumen) untuk menjalankan sms marketing membangun pelanggan setia. Sampai layanan konsumen lanjutan untuk pembelian berulang 10 kali.

Untuk operator pembayaran dipilih tawaran yang memberikan cashback ini. Dengan adanya cashback maka keuntungan didapat dari selisih harga modal dengan harga jual ditambah cashback dari setiap transaksi yang terjadi.

Ilustrasi harganya seperti ini:

Potensi keuntungan yang bisa dari penjualan langsung ke konsumen berkisar Rp 500 – Rp 2000 per transaksi ditambah cashback untuk setiap transaksi yang terjadi melalui akun Anda yang didaftarkan. Jika lokasi usaha tepat, strategi pemasaran juga baik bukan tidak mungkin perhari Anda bisa mencatat minimal 200 sampai 500 transaksi.

Pengalaman penulis? Ini dia:

Konsumen bisnis ini jelas ada meskipun tingkat persaingannya tinggi. Hal ini terjadi karena didukung dengan pertumbuhan pengguna smartphone ditambah semakin terjangkaunya harga smartphone di Indonesia.

Siap Terapkan Cara Memilih Usaha Yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan?

Apapun pilihan usahanya pastikan Anda memahami akan aspek internal dan eksternalnya. Jangan pula remehkan perencanaan usaha, strategi pemasaran dan layanan konsumen. Kesemua itu akan bermanfaat untuk kemajuan usaha Anda jangka panjang.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hari Buruh. Sepatu Untuk Pengendara Motor, All Bike Ap Boots Hanya Rp42.000,- Bayar DitempatBeli Sekarang