Cara Membuka Minimarket Pribadi

Saat konsumen mencari makanan khusus atau bumbu yang tidak dapat ditemukan di supermarket biasanya mereka akan mencari ke minimarket terdekat. Sudah biasa jika minimarket terkadang menjual sesuatu yang tidak ada di supermarket. Itu sebabnya pengetahuan Anda akan cara membuka minimarket pribadi bisa menjadi peluang usaha menguntungkan. Apalagi jika Anda tinggal di kota dengan tingkat persaingan yang kecil. Jika Anda ingin sukses membuka minimarket pribadi, inilah beberapa hal utama yang dapat membantu Anda mewujudkannya.

Pilih Spesialisasi

Strategi ini dikenal juga dengan sebutan niche. Tidak hanya dikenal dalam istilah ngeblog (niche blog), istilah ini juga penting untuk dunia bisnis apalagi bisnis minimarket. Jika Anda hanya coba menjadi versi kecil dari supermarket, sepertinya bisnis minimarket Anda tidak akan tumbuh jauh. Supermarket memiliki kerjasama khusus sehingga mendapat barang dengan harga murah dan sudah dikenal konsumen. Akan lebih baik jika Anda menawarkan konsumen akan suatu barang yang tidak lazim ada di supermarket. Misalkan minimarket Anda menjual makanan etnik dan bahan masakan unik, organik, sampai menu vegetarian.

Perijinan

Cara membuka minimarket pribadi harus dilakukan dengan memenuhi peraturan usaha yang ada. Anda perlu memiliki ijin yang diwajibkan untuk sebuah minimarket di wilayah itu. Carilah informasi akan peraturan usaha minimarket untuk memastikan Anda memenuhi peraturan yang berlaku. Melakukan hal ini sangatlah penting karena tanpa ijin, minimarket Anda berarti tidak sah secara hokum. Alhasil minimarket Anda dapat terkena masalah perijinan setiap saat.

Beli Atau Sewa Lokasi Minimarket

Langkah penting selanjutnya adalah menentukan tempat minimarket Anda. Bisa saja Anda membeli atau menyewa tempat itu. Cobalah memilih tempat berdekatan dengan pusat perbelanjaan, toko kue, toko buku bahkan gerai kopi khususnya yang berkaitan dengan niche minimarket Anda.

Beli Kebutuhan Peralatan Belanja

Anda perlu menyiapkan keranjang belanja, plastik merchandise, sistem kasir, dan sebagainya. Kebutuhan itu merupakan standar minimarket modern yang akan memberikan image positif akan minimarket Anda.

Temukan Sumber Produk untuk Berjualan

Buatlah kerjasama dengan produsen produk-produk yang cocok dengan niche usaha minimarket Anda. Upayakan untuk membeli produk secara lokal untuk menekan biaya transportasi dan menghubungkan minimarket Anda kepada komunitas usaha lokal.

Atur Tata Letak Produk Jualan

Anda perlu mengatur tata letak produk jualan secara strategis. Anda tidak akan punya banyak ruang di minimarket. Itu sebabnya Anda harus melakukannya dengan baik. Gunakan rak dinding untuk memberi ruang lebih untuk alur pergerakan konsumen dan letakan produk sejenis di lokasi berdekatan. Misalkan bumbu masak berada pada satu area dan roti di area lainnya.

Pasarkan Minimarket

Jika Anda membuka minimarket yang menjual makanan etnik jangan Cuma mentarget anggota komunitas etnis tersebut tapi juga komunitas kuliner setempat, toko makanan sehat, dan sebagainya. Pemiliki toko makanan khusus biasanya memiliki ketertarikan dengan keunikan makanan. Anda juga bisa saja membuat blog untuk berbagi info diskon, produk baru dan lainnya menarik minat konsumen. Jangan khawatir, sekarang dengan Rp 20.000 sebulan Anda sudah bisa memiliki nama domain. Cukup murah membuat blog sendiri yang berkualitas sekarang ini. Selain blog, media sosial seperti facebook juga bagus untuk media pemasaran. Menjadi sponsor kegiatan-kegiatan kuliner di sekitar Anda juga merupakan cara efektif membuat minimarket Anda semakin dikenal banyak orang.

Catat Cara Membuka Minimarket Pribadi Ini

Itulah kesemua cara membuka minimarket pribadi yang bisa disampaikan. Pastikan Anda mencatat poin pentingnya agar upaya Anda mendirikan minimarket sendiri berujung keberhasilan. Punya tips tambahan bermanfaat lainnya? Silahkan sampaikan dalam kolom komentar yang disediakan.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+