Cara Live Streaming Facebook di PC

  • 5
    Shares

Cara live streaming facebook di PC ini seolah mengkonfirmasi jika pengguna internet masih kekurangan konten live streaming saat ini. Sejak sekian lama, pengguna Facebook sudah menyaksikan pertemuan digital kalangan pemerintah, kelahiran kehidupan baru dan kaleidoscope pengalaman manusia yang umumnya bersifat personal atau rahasia.

Biasanya layanan seperti Facebook Live dan Periscope terbatas untuk pengguna gadget mobile saja. Media sosial terbesar saat ini tersebut telah melihat potensi kedepan konten streaming dan sejak Maret 2017 mengumumkan jika sekarang ini live streaming facebook di PC bisa dilakukan.

Fitur tersebut, dimana Facebook telah mengujinya pada tahun 2016, merupakan upaya terkini dari jaringan sosial itu untuk meningkatkan performa live video.

Kemampuan baru desktop streaming ini akan menghasilkan stream ing konten kualitas tinggi dengan menghilangkan kekurangan saat memakai komputer webcam. Ini akan sangat berguna untuk streaming sebuah sesi tanya jawa, konten vlogs sampai membuat seminar online memakai platform  itu.

Jasa profesional seperti seminar online menjadi semakin mudah karena fitur baru Facebook itu yang mampu menghubungkan link eksternal dan software eksternal ke streaming PC.

Dengan demikian pembuat konten dapat menambahkan grafis, berganti kamera sampai membagikan tampilan layar saat streaming konten berlangsung.

Sebagai tambahan, fitur baru yang ditambahkan ini memberikan daya tarik lebih untuk penggemar gaming khususnya untuk mereka yang sudah terbiasa dengan Youtube Gaming atau Twitch.

Jika sebelumnya Facebook membatasi kerjasama streaming dengan pengembang game seperti Blizzard, dengan membuka jalan pada pengguna Blizzard menggunakan teknologi Facebook akan membuat Facebook live streaming menjadi saingan berat Twitch milik Amazon atau mungkin Youtube Gaming.

Twitch melaporkan jika saat ini situs itu rutin mendapatkan 9 juta pengguna pengguna akti dengan lebih dari 2 juta streamers unik setiap bulannya. Selanjutnya, Twitch menyatakan jika kerjasama dengan 17ribu anggota memungkinkan pencipta konten menghasilkan uang dari stream yang dihasilkan.

Facebook agresif mentaget komunitas gaming dalam rilis press terkait facebook live streaming di PC itu. Pernyataanya kurang lebih “jika kamu gamer, fitur baru Facebook ini akan memudahkan untuk stream permainan kepada teman dan pengikut untuk lebih berinteraksi sambil bermain game.

Fitur baru ini juga ideal untuk pemilik usaha kecil yang tidak sanggup mengadakan seminar karena alasan sumber daya manusia dan biaya. Streaming desktop ini memungkinan penyiar mengubah kegiatan live menjadi kegiatan berbayar.

Cara live streaming Facebook di PC itu dimungkinkan dengan menggabungkan software pihak ketiga. Pemilik usaha bisa membuat pengalaman baru dengan berbagi tampilan layar komputer, mengubah kamera, dan memiliki moderator yang ditempatkan melalui link pada komentar untuk mendatangkan pengunjung dan menambah penjualan pada kurun waktu tertentu. Saat kegiatan sedang streaming ke Group atau Laman Event, pengalamannya akan masih terasa eksklusif dan personal.

Para pemimpin perusahaan bisa membuat konten video untuk pengikutnya melalui live stream.

Komunitas bisnis bisa mengadakan sesi tanya jawab yang selanjutnya bisa di sesuaikan untuk menjadi video tanya jawab untuk sebuah website. Vlog, seminar dan tutorial produk dapat di stream dan dibagikan mellaui Youtube bahkan disematkan dalam website untuk menambah daya tarik. Tampilan konten profesional dapat dipisahkan untuk membuat beragam konten iklan.

Untuk sebuah alat yang 100% gratis, pemilik usaha akan mendapatkan nilai tambah yang sangat besar. Saat pengguna individu memilih untuk live streaming Facebook di PC, pengguna akan diberikan pilihan untuk streaming langsung di sebuah laman, event, group atau langsung ke newsfeed.

Bagaimana Cara Live Sreaming Facebook di PC

Memulai live streaming Facebook di PC mirip dengan melakukannya dari gadget mobile.

Pengguna bisa menemukan simbol “Live Video” di sudut kanan atas bagian Update Status.

Dari bagian itu, semuanya terlihat sama. Pilih settingan dan tambahkan deskripsi videonya.

Jika ingin streaming video menggunakan konten pihak ketiga, pengguna harus melewati proses pengaturan dan memulai live streaming dari bagian ini : “Go Live with Your Gear”

Hal pertama yang dibutuhkan pengguna adalah memilih software eksternal yang ingin digunakan misalkan XSplit, OBS, atau Wirecast.

Selanjutnya, laman Facebook akan mengajak pengguna untuk memilih lokasi penyebaran video itu (apakah di timeline sendiri, timeline teman, sebuah laman group, laman event, atau fanpage). Laman itu juga memberikan pengguna pilihan untuk streaming video 360 derajat.

Akhirnya streamers akan memasukan deskripsi (sifatnya opsional), judul video, judul video game yang akan di streaming dan URL server atau stream key untuk software streamingnya.

Sebuah layar preview akan muncul. Pilih “Go Live” dan semuanya akan berjalan sebagaimana dalam pengaturan di gadget mobile. Penonton dapat bereaksi dan berkomentar dan video akan disimpan saat siaran sudah selesai.

Tambahannya, saat mengatur stream dengan software pihak eksternal, facebook akan memberitahukan permintaan “ Jangan memasukan iklan pihak ketiga dalam live video. Misalkan, jangan tambahkan konten iklan di awal video, tengah atau akhir. Pastikan semua konten pre recorded berbeda dari konten live”.

Ini merupakan langkah besar Facebook namun jelas bukan yang terakhir karena Facebook terus menerapkan proposal bisnis dengan konten video.

Facebook dan Masa Depan Konten Video

Terlihat jelas obsesi Mark Zuckerberg terhadap konten video. Faktanya, pemimpin Facebook itu pernah berkata “..kita melihat dunia dengan video didepannya, dengan video pada bagian inti aplikasi dan layanan ..”

Selain itu juga sudah banyak catatan sebelumnya jika tersirat keinginan Facebook menjadi media konten video. Dalam laporan penghasilan kuartal empat tahun 2016, Facebook menyampaikan jika “ … video sebagai tren besar …. Kami fokus pada konten pendek sebagai permulaan …”. Facebook terus menyampaikan pernyataan “… secara jangka panjang …. Pengguna akan bereksperimen dengan konten video berdurasi lama dan terus dengan ragam konten lainnya”.

“Maksud dari ragam konten lainnya” berarti Facebook licensing TV Shows atau Aplikasi untuk Smart TV berbasis video.

Selanjutnya Zuckerberg menambahkan jika proposal bisnis facebook berbasis konten video sudah disiapkan sejak lama. Tujuan utamanya untuk meningkatkan minat pengguna Facebook.

Sudah jelas jika Facebook berminat sekali meningkatkan cakupan konten videonya dengan memberikan pengguna akses kepada alat streaming yang beragam, menarik minat pencipta konten digital dan memasuki dunia televisi.

Meskipun Facebook memiliki jalan panjang sebelum akhirnya menjadi dominan dalam pasar video digital, jelas sekali jika Facebook sedang merintis jalan untuk mewujudkan target itu.

Sementara waktu, konten video Facebook live akan menjadi populer berkat kemampuan untuk streaming dari gadget mobile sealigus PC.

Itulah gambaran singkat akan cara live streaming Facebook di PC. Apakah Anda setuju jika Facebook suatu saat akan mendominasi konten video? Fitur streaming video lain apa yang Anda harapkan tersedia di Facebook?

 


  • 5
    Shares
  • 5
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+