Cara Jualan Online Pakai Facebook Biar Sukses

Cara jualan online pakai facebook sangat menarik untuk dipelajari karena memang sangat mudah dipraktekan. Seperti sudah diketahui bahwa pengguna facebook jumlahnya sangat besar. Itulah sebabnya potensi facebook sangat terbuka luas untuk siapapun Anda yang ingin berjualan online. Jika Anda sudah memiliki niat untuk berjualan online di facebook dan ingin meraih sukses pastikan untuk memperhatikan tahapan ini.

Tahapan ini penting sekali tidak hanya untuk perencanaan tapi juga bisa memudahkan pelaksanaan evaluasi. Arti penting evaluasi janganlah diremehkan karena dengan evaluasi Anda bisa mengetahui sebab sebenarnya jika usaha Anda gagal dan bagaimana cara memperbaikinya. Jika berhasil, evaluasi dapat dimanfaatkan untuk menemukan titik pasti untuk sarana pertumbuhan lebih besar lagi.

Apa saja tahapannya?

Tahapan 1 Cara Jualan Online : Tentukan Produk

Apakah jasa atau barang, Anda perlu menentukan dulu apa yang hendak ditawarkan kepada calon konsumen. Saat memilih produk ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal ini:

Kelancaraan ketersediaan. Jangan sampai kehabisan barang

Selisih harga perolehan dan harga jual yang sepadan. Hal ini untuk memastikan Anda menikmati keuntungan dari jualan online

Mendapatkan supplier terpercaya (penting jika Anda mengambil barang dari pihak lain untuk dijual kembali)

Kualitas barang terbukti. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen pastikan kualitas barang yang dijual sudah terbukti.

Tahapan 2 Cara Jualan Online: Cari Permintaan Konsumen

Jika Anda sudah menemukan produk atau jasa yang menjadi minat untuk diperjualbelikan, langkah selanjutnya adalah untuk menemukan permintaan konsumen atas penawaran Anda.

Hal ini terdengar ribet namun menjadi tahapan yang sangat penting untuk memastikan kesuksesan jualan online Anda di Facebook.

Berkat teknologi facebook, Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan riset untuk menganalisa permintaan konsumen.

Hal praktis yang perlu dilakukan adalah dengan membuat facebook fanpage.

Membuat sebuah facebook fanpage tidaklah sulit, notordinaryblogger sudah memiliki bahasan khusus akan hal ini. Silahkan dipelajari: Cara membuat facebook fanpage

Cara lain adalah memanfaatkan teknologi “Search” Facebook. Misalkan Anda ingin menjual velg mobil dengan harga murah. Cukup ketikan “Jual Velg” di kolom Search Facebook bagian atas.

Akan muncul rekomendasi grup-grup terkait yang sudah ada di facebook. Bergabunglah di grup-grup yang menurut Anda sesuai untuk mengetahui aktivitas grup itu. Jika ternyata grup facebook yang ada tidak begitu aktif, tinggalkan grup dan cari grup lain yang lebih aktif.

Melalui grup, Anda bisa memasang foto barang jualan. Pembeli yang berminat akan meninggalkan komentarnya di status facebook Anda.

Cara selanjutnya adalah melalui akun personal Facebook. Sebuah akun facebook juga bisa menjadi media promosi. Namun pelaksanaan promosinya perlu dilakukan pemisahan.

Tahapan 3 Cara Jualan Online : Strategi Pemasaran

  1. Akun personal facebook berbagi aktivitas harian (tidak melulu tawaran penjualan)
  2. Postingan di grup akan berisi penawaran penjualan (wajib perhatikan aturan masing-masing grup). Sesekali bisa juga berbagi tips di grup facebook terkait produk atau jasa tawaran Anda. Berbagi tips sangat penting untuk membangun sebuah brand usaha Anda di facebook.
  3. Postingan di fanpage untuk berbagi stok barang yang ada, baru terjual, baru datang, dan informasi promo

Dengan strategi seperti ini Anda tidak akan terlihat hanya mementingkan diri sendiri (dengan fokus berjualan). Anda juga memikirkan manfaat apa yang bisa diberikan kepada orang lain. Cara ini sangatlah efektif untuk membangun kepercayaan dengan konsumen. Jika konsumen sudah percaya tentu mereka akan nyaman bertransaksi dengan Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas iklan facebook untuk mendatangkan orang ke facebook fanpage yang sudah dibuat. Kecenderungan orang yang memberikan “like” melalui pemasangan iklan (facebook ads) adalah mereka yang memang berminat dengan produk yang ditawarkan. Jika sudah demikian maka peluang untuk sukses berjualan online di Facebook akan semakin besar untuk Anda wujudkan.

Bantuan memahami iklan facebook dengan cepat bisa dengan Zillatics

Tahapan 4 Cara Jualan Online : Proses Pemasaran Berkelanjutan

Facebook pada dasarnya hanya sebuah media perantara untuk mendekatkan Anda kepada konsumen. Untuk setiap konsumen yang Anda dapatkan, pastikan untuk menyimpan data kontaknya dengan baik.

Hal ini penting untuk beberapa hal seperti:

  1. Portofolio usaha. Testimoni konsumen lama bisa menjadi daya tarik konsumen baru
  2. Penyampaian promo, diskon atau info pemasaran penting lainnya kepada konsumen tertarget
  3. Menjaga minat konsumen untuk tetap bertransaksi dengan Anda

Tahapan 5 Cara Jualan Online : Membuat Website (Opsional)

Cara kelima pada dasarnya opsional karena dengan kehadiran Anda melalui facebook Anda sudah bisa berinteraksi dengan konsumen.

Meskipun demikian tidak sedikit orang yang juga memiliki website usaha atau blog bisnis. Satu keuntungan utama dari eksistensi sebuah website ini adalah untuk memperluas jangkauan konsumen.

Baca:

Dengan bantuan website, Anda bisa mendapatkan konsumen dari beragam media sosial (tidak hanya facebook) dan juga konsumen dari mesin pencari seperti Google, dengan penerapan strategi SEO yang tepat.

Laksanakan Cara Jualan Online Pakai Facebook Biar Sukses

Kini Anda sudah mengetahui semua cara jualan online pakai facebook agar sukses. Agar Anda mudah mengingat tahapan ini, pastikan untuk bookmark informasi ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+