Cara Jawab Pertanyaan Pengalaman Kerja Terdahulu dengan Baik

Jawab pertanyaan pengalaman kerja terdahulu sangat penting untuk pencari kerja. Selalu sulit untuk merubah karir. Anda sudah menghabiskan waktu sekian tahun dari hidup fokus mengembangkan karir di bidang tertentu. Kemudian Anda harus berubah dalam sekejap pada sebuah bidang baru, orang baru, dan pengalaman baru.

Sekalipun pekerjaan baru Anda berhubungan, pekerjaan baru tetaplah baru. Itu berarti Anda harus melakukan yang terbaik untuk beradaptasi.

Itu sebabnya salah satu tahapan paling sulit saat interview pekerjaan adalah untuk menjawab pertanyaan pengalaman kerja terdahulu untuk posisi baru Anda.

Pekerjaannya tidaklah sama, namun Anda harus menjelaskan sebaik mungkin untuk menjawabnya.

Bagaimana Cara Jawab Pertanyaan Pengalaman Kerja Terdahulu?

Cara terbaik adalah untuk fokus pada capaian terbaik dan meminimalisir perbedaan antara pekerjaan lama dan baru sebisa mungkin.

Jangan fokus pada hal negatif.

Fokuslah pada kemungkinan dan keterkaitan termasuk aspek tertentu dalam pengalaman kerja yang menunjukkan Anda akan menjadi karyawan produktif.

Jika Anda tidak dapat memikirkan hal apapun, coba sebisa mungkin mengaitkan pengalaman Anda kepada tugas utama pekerjaan baru incaran Anda. Jika jawaban Anda terlalu umum, kemungkinan besar Anda akan kalah dari persaingan cari kerja.

Jawaban Buruk

“Sekalipun saya baru untuk bidang ini, saya seorang pekerja keras dan cepat belajar. Saya yakin saya dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan mengambil tanggung jawab yang diberikan. Saya suka tantangan dan siap untuk menjalankan pekerjaan”

Jawaban diatas menunjukkan bahwa Anda bingung dan tidak tahu pasti apa yang Anda katakana. Itu sangatlah buruk.

Jawaban Baik

“Lowongan kerja yang ditawarkan mencari orang yang punya motivasi tinggi. Di (tempat kerja lama), semua pekerjaan saya membutuhkan tindakan independen. Saya menghabiskan satu tahun untuk bekerja teliti setiap hari sampai selesainya (sebuah pekerjaan spesifik, misal Proyek Aplikasi Taksi). Perusahaan ini juga mencari seseorang yang paham bahasa pemograman. Saat saya bekerja di (tempat lama), saya memiliki keahlian (terkait), yang serupa dengan program (jelaskan). Saya juga berpengalaman dengan software (terkait), yang merupakan (jelaskan)”

Cara jawab pertanyaan pengalaman kerja terdahulu diatas menjelaskan secara detil hal terkait deskripsi pekerjaan dan menggunakan contoh spesifik akan pengalaman kerja terdahulu. Penjelasan itu juga menjelaskan betapa siapnya Anda akan peran baru nantinya sekalipun pekerjaannya baru dengan nuansa berbeda. Jawaban ini jauh lebih baik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+