Cara Isi Game PS4 ke HDD

  • 4
    Shares

Cara isi game PS4 ke HDD atau hard disk drive eksternal ini penting untuk menambah kenyamanan bermain game. Sebagai bagian dari sistem software PS4, software 4.5 yang sudah terbit menambahkan kemampuan untuk download dan simpan game PS4 dan aplikasi pada hadr disk eksternal. Caranya cukup mudah untuk mengatur pemakaian HDD pada PS4 ataupun PS4 Pro. Namun sebelum kamu mencoba sendiri, ada baiknya ikuti panduan yang sudah disiapkan notordinaryblogger ini.

Spesifikasi Minimum Hard Disk untuk Sukses Coba Cara Isi Game PS4 ke HDD

Hal terpenting untuk diingat sebelum kamu membeli HDD baru atau mencoba HDD yang kamu punya sekarang ini adalah untuk memastikan syarat minimum HDD untuk PS4:

Koneksi: USB 3.0 atau yang lebih baru diatasnya

Kapasitas penyimpanan: 250GB (minimum) – 8TB (maksimal)

Catatan: tidak ada jaminan bahwa semua hard disk eksternal bisa berfungsi dengan sistem yang ada di konsol PS4.

Beberapa HDD eksternal untuk PS4 yang direkomendasikan banyak gamer adalah:

Format Hard Disk Eksternal Kamu

Kebanyakan hard disk eksternal akan menyimpan format khusus yang unik (umumnya FAT32/exFAT/NTFS/HFS). Untuk menyiapkan pemakaian hard disk eksternal dengan PS4 sebaiknya kamu format dulu ke jenis khusus agar berfungsi.

  • Lihat ke menu “setting” dari beranda PS4 kamu.
  • Pilih menu ke bawah ke bagian “Devices”
  • Pilih ‘USB Storage Devices’.
  • Pilih HDD eksternal kamu, kemudian pilih “Format as extended storage”.

Kamu akan melihat beberapa peringatan bahwa memformat hard disk akan menghapus semua data. Jadi sebelum kamu pilih “OK”, pastikan tidak ada file penting yang kamu inginkan dalam hard disk eksternal itu.

Penting juga untuk diingat bahwa sekali kamu memformat HDD eksternal ke format khusus PS4, kamu hanya bisa memakainya untuk game PS4 dan aplikasinya, kamu tidak bisa menggunakan HDD itu untuk menyimpan screenshot, klip video, data, tema atau jenis data lainnya tanpa memformat ulang HDD eksternal itu.

Saat proses format sudah selesai, kamu akan melihat pesan mengkonfirmasi hal itu dan akan tampak lampu kecil hijau di sebelah nama alat HDD, memberitahukan jika alat itu sudah aktif sebagai lokasi penyimpanan utama.

Menginstal Game PS4 dan Aplikasi ke HDD Eksternal

Saat sudah selesai di format, HDD eksternal kamu akan tersimpan sebagai lokasi “default” setiap kali download (asalkan HDD eksternal masih tersambung). Jika kamu ingin kembali menggunakan hard disk internal PS4 untuk download (atau mungkin kembali lagi pakai HDD eksternal), caranya berikut ini:

  • Lihat ke menu “Settings” dari beranda PS4.
  • Lihat ke bawah sampai menu ‘Storage’.
  • Pilih lokasi mana untuk menyimpan download– bisa System Storage (internal hard disk PS4) atau HDD eksternal.
  • Tekan tombol ‘Options’ dan pilih ‘Application install location’ untuk mengatur lokasi penyimpanan download – bisa ‘System Storage’ atau ‘Extended Storage’.

Memindahkan Game PS4 dan Aplikasi kedalam HDD Eksternal

Jika kamu ingin menyimpan game PS4 dan aplikasinya yang sekarang tersimpan di internal hard disk PS4, kamu bisa memindahkannya dengan mudah ke HDD eksternal dengan cara ini:

  • Lihat “Settings” dari menu beranda PS4.
  • Pilih ke bawah pada menu ‘Storage’.
  • Pilih ‘System Storage’, kemudian ‘Applications’.
  • Tekan tombol ‘Options’, kemudian pilih ‘Move to Extended Storage’.
  • Pilih game PS4 mana dan aplikasinya yang ingin dipindahkan dengan beri tanda “checklist” pada kotak yang muncul di sebelah nama gamenya. Kamu bisa pilih berapapun jumlah game sesuai kapasitas HDD eksternal.
  • Pilih ‘Move’ kemudian pilih ‘OK’ untuk mulai pindahkan game PS4 ke HDD eksternal.

Melepaskan HDD Eksternal dari PS4 dengan Benar

Sangatlah penting untuk tidak melepaskan HDD eksternal saat PS4 sedang menyala tanpa proses yang benar.

Untuk melepaskan HDD eksternal, pilih “Quick Menu” dengan menahan tombol PS pada joystick, kemudian pilih “Sound/Devices” kemudian “Stop using extended storage”. Setelah selesai, kamu akan melihat pesan bahwa sudah aman untuk melepaskan HDD eksternal dari konsol PS4

Baca juga: Cara Sharing Game PS4

Pengingat Penting Saat Coba Cara Isi Game PS4 ke HDD

  • Saat hard disk eksternal kamu terpasang, game PS4 dan aplikasinya akan terlihat normal pada beranda PS4 dengan game paling sering dimainkan tampil di urutan pertama.
  • Jika HDD eksternal tidak terhubung, game yang kamu mainkan dari HDD akan tetap muncul dalam beranda dan Library. Namun demikian terlihat simbol “!” sebagai tanda bahwa game PS4 tidak bisa dimainkan sampai “media” terhubung kembali.
  • Kamu perlu segera menghubungkan HDD eksternal ke PS4.

Baca juga: Review Game PS4 Ghost Recon

Itulah cara isi game PS4 ke HDD. Tidak perlu pusing lagi memilih game mana yang harus dihapus saat judul game PS4 baru keluar. Dengan kapasitas sampai 8TB untuk sebuah HDD eksternal, akan banyak ruang bagi para penyuka game PS4. Selamat menikmati permainannya.


  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+