Cara Budidaya Kutu Air yang Efektif Untuk Bisnis

  • 4
    Shares

Cara budidaya kutu air yang efektif apalagi untuk bisnis merupakan informasi penting untuk Anda yang ingin menyelami bisnis kutu air ini. Kutu air merupakan pakan ideal ikan karena ukurannya sesuai dengan ukuran bukaan mulut ikan tertentu didukung kadar protein yang tinggi juga.

Ikan hias merupakan pemakan kutu air. Bahkan sebenarnya jauh pada masa lalu, kutu air ini juga sudah menjadi salah satu sumber makanan alami benih ikan untuk konsumsi. Kutu air mengandung protein sampai 66% dan lemak hanya 6%. Kandungan ini cocok untuk benih ikan yang sedang tahap pertumbuhan.

Macam kutu air yang termudah untuk budidaya dan bibitnya tersedia banyak yaitu daphina dan moina. Kedua jenis kutu air tersebut masuk dalam keluarga arthopoda, kelas crustacean dan ordo caldocera. Atau dengan kata lain kedua jenis kutu air ini sejenis udang renik.

Sebagai sumber makanan alami ikan, permintaan akan kutu air cukup tinggi di pasaran. Itu sebabnya tidak heran jika cara budidaya kutu air yang efektif untuk bisnis menarik perhatian orang. Salah satu pelaku budidaya kutu air ini adalah Ari Riyanto dari Garut, Jawa Barat.

Budidaya kutu air sudah dilakukan Ari sejak lima tahun silam. Ia mengawali usaha kutu air dari 10 ekor bibit yang didapatkan dari kerabatnya. Jenis kutu air yang dipilih untuk budidaya adalah daphina magna dan chydorus.  Sekarang kutu air hasil budidayanya sudah mencapai 10 baskom dan satu akuarium.

Harga Jual Kutu Air

Harga jual kutu air jenis daphnia magna adalah Rp 40ribu per bungkus plastic berisi 150 ekor. Untuk kutu air jenis Chydorus dihargai Rp 25 ribu per bungkus plastik atau berisi sekitar 200 ekor.

Bibit Cepat Berkembang

Kutu air daphina magna lebih cepat beranak pinak dibandingkan kutu air chydorus. Itulah latar belakang kenapa harga kutu air daphnia magna lebih tinggi dibandingkan kutu air chydorus.

Melalui pemasaran internet, Ari secara rutin memenuhi pesanan konsumen dari seluruh Indonesia. Omset penjualan yang diperoleh mencapai Rp 10 sampai Rp 20 juta per bulan. Kebanyakan permintaan datang pada awal dan akhir bulan.

Pelaku budidaya kutu air untuk pakan ikan lainnya adalah Dike Anggrianto dari Malang, Jawa Timur. Ia telah melakukan budidaya kutu air sejak tahun 2013. Ketertarikannya diawali akan pemahamannya terhadap potensi pasar kutu air di Indonesia.

Kutu air merupakan tambahan protein ideal untuk ikan cupang, ikan koki, anakan lele, anakan ikan nila.

Cara Budidaya Kutu Air yang Efektif

Dike berbagi jika awalnya ia membeli 100 ekor benih kutu air untuk budidaya. Sekarang kutu airnya sudah mencapai 15 kolam berukuran 2×2 meter persegi sampai 3×19 meter persegi.

Media yang baik untuk budidaya kutu air adalah wadah fiber atau kolam. Panen setiap hari adalah 3 sampai 4 kg kutu air. Penjualan kutu air juga memanfaatkan media internet marketing.

Itu sebabnya pelanggannya sudah mencapai seluruh Indonesia. Permintaan selalu tinggi untuk kutu air dan datang dari beragam daerah.

Harga jual kutu air adalah Rp 20.000 per tiga sendok makan. Omset harian Deki berjualan kutu air adalah Rp 1,8 juta. Karena biaya perawatan budidaya kutu air sangat minim akibatnya keuntungan berjualan kutu air sangat besar.

Terapkan Cara Budidaya Kutu Air yang Efektif

Itulah bagaimana kedua pelaku usaha melakukan budidaya kutu air untuk tujuan usaha. Dengan pertimbangan besarnya pasar kutu air sejalan dengan tingginya hobi koleksi ikan hias peluang usaha budidaya kutu air ini terbuka lebar. Siap coba?


  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

6 Comments

  1. falahalfal Juli 24, 2017
  2. Rima Sulistiawati Agustus 1, 2017
  3. Al-Jawi Agustus 17, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+