Cara Bangkit Dari Kegagalan


Saat mimpi terburuk Anda menjadi kenyataan dan semuanya runtuh, ikutilah cara bangkit dari kegagalan yang akan diungkap tuntas dalam bahasan kali ini.

Steve Jobs dipecat dari perusahaannya sendiri, Nelson Mandela menghabiskan 27 tahun di penjara, Abraham Lincoln gagal dalam berbisnis dan kalah dalam 8 kali pemilu. Lantas bagaimana orang-orang ini bisa meraih kesuksesan yang luar biasa?

Kita tentu tahu semua pemimpin bisnis, penulis, selebritis, dan bintang olah raga yang mengejar waktu singkat di udara pernah menghantam bumi hanya untuk kembali mengudara. Kisah seperti itu tentu sangat memberi semangat untuk diketahui. Namun saat kegagalan baru saja terjadi, dan kegagalan menimpa Anda, seringkali sulit untuk meyakini jika bangkit dari kegagalan (atau sukses) itu hal yang bukan mustahil.

Mulai dari penolakan dari pacar, dikeluarkan dari pekerjaan, semua orang sudah pernah mengalami kondisi pahit dalam hidup. Bahkan kegagalan sederhana dapat membuat Anda mengubah Anda menjadi awan gelap, membuat orang lain meragukan kemampuan Anda. Lebih parah lagi, dapat merendahkan diri Anda sendiri.

Dari ribuan kisah getir kegagalan manusia yang pernah terpublikasikan, notordinaryblogger menangkap setidaknya ada 3 cara bangkit dari kegagalan hidup yang menjadi kunci utama mengatasi kegagalan. Apa saja?

Tanggung Jawab : Jadilah Pemimpin Diri Sendiri

Cara bangkit dari kegagalan yang utama adalah tanggung jawab. Ingatkan tadi sempat dibahas, Nelson Mandela menghabiskan 27 tahun di penjara sebelum menjadi Presiden Pertama Afrika Selatan melalui proses pemilu demokratis.

Selama masa hidupnya di penjara, dia mengkoleksi kertas berisi tulisan puisi Willian Ernest Henley berjudul Invictus. Sebuah paragraf ternama dari penggalan puisinya adalah “Sayalah tuan dari takdir saya : sayalah kapten dari jiwa saya”.

Untuk melewati masa kehancuran yang ekstrim, Anda perlu memahami penggalan puisi tadi. Ambilah tanggung jawab untuk hasil yang Anda dapat dalam hidup, buatlah perjanjian dengan diri sendiri.

Nerimo : Temukan Kedamaian Dalam Diri

Cara bangkit dari kegagalan selanjutnya meminjam terminologi Jawa (nerimo; maaf kalau salah eja). Kisah Abraham Lincoln yang gagal dalam 8 kali pemilu presiden. Selama masa kepemimpinannya ia tetap berkinerja tinggi dan bahkan melontarkan pernyataan di akhir kepemimpinannya “Saya telah kehilangan semua teman di bumi ini, saya hanya punya satu teman tersisa, teman itu adalah diri saya sendiri”.

Selalu tunjukkan kesetiaan pada diri sendiri. Terima kelemahan dan kekurangan diri sendiri, namun bekerjalah untuk mengubah kekurangan menjadi kekuatan. Anda tidak akan bisa mengendalikan opini negatif lingkungan sekitar, namun dengan sifat nerimo, Anda dapat menghadapi kebisingan (gosip negatif akan Anda)

Percaya: Dengarkan Kata Hati

Saat Steve Jobs berkata dalam momen pidato ternamanya “Anda harus percaya sesuatu. Insting, takdir, hidup, karma, apapun. Karena dengan berkeyakinan bahwa titik akan menghubungkan jalan dapat membawa kepercayaan diri untuk mengikuti kata hati, bahkan saat membawa Anda keluar jalur seharusnya”.

Manusia kerapkali tidak rasional, namun Anda selalu harus percaya pada intuisi dan insting. Buatlah keputusan berdasarkan pengalaman dan dengarkan kata hati. Pahami bahwa Anda akan membuat keputusan salah dan Anda akan gagal. Tanpa sebuah pengalaman Anda tidak akan merasakan hidup.

Bagaimana Cara Bangkit dari Kegagalan Para Orang Sukses?

Saat Anda mengalami kehancuran atau kegagalan pahit, dan kemungkinan semua orang akan mengalaminya, ingatlah paket keahlian yang membawa para pemimpin berada di puncak persaingan. Ini dia paket keahliannya:

  1. Aktif mendengarkan
  2. Berpikir kritis
  3. Transparan dalam berkomunikasi
  4. Miliki hasilnya
  5. Mempengaruhi mereka yang pesimis
  6. Menegosiasikan hasil terbaik

Ingatlah Anda tidak akan mampu kembali ke puncak seorang diri. Susunlah tim yang solid dan tentukan paket keahlian cara bangkit dari kegagalan. Jika Anda mengkombinasikannya dengan sedikit karisma orisinil, Anda mungkin lebih menikmati tantangan untuk kembali kepuncak.

Sebuah paradoks umum adalah mereka yang menikmati kesuksesan publik seringkali tahan saat mengalami kegagalan besar personal. Namun demikian, pemimpin tersebut memahami dan memprediksi bahwa badai akan datang pada mereka. Mereka juga menyadari bahwa semuanya tentang bagaimana mengendalikan masa kelam yang membuat mereka semakin kuat untuk bersinar.

Untuk berhasil menerapkan cara bangkit dari kegagalan ini Anda harus selalu pantang menyerah dan fokus.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+