Belajar SEO Terbaru untuk Blogger Cerdas

Belajar SEO terbaru bisa dibilang penting untuk blogger karena perubahan selalu terjadi dalam konteks SEO. Tidak bisa dipungkiri lagi sudah banyak tips belajar seo yang ada di internet bahkan di notordinaryblogger sendiri. Lantas kenapa membuat postingan baru lagi bertema ini, lagi …. ?

Penulis hanya ingin berbagi dari pengalaman karena mendapat pertanyaan berulang bertema ini dari blogger-blogger yang baru memasuki dunia blogging. Penulis tidak ingin memposisikan diri sebagai ahli karena apa yang akan diungkap hanyalah hasil belajar dan praktik selama ini.

Pembahasan belajar SEO sebelumnya sudah dibahas mulai dari awal persiapannya, teknis untuk mereka yang tingkat lanjut sampai buku pedoman SEO. Nah khusus postingan ini saatnya membahas aspek praktisnya. Artinya apa saja yang bisa blogger lakukan untuk mengemat waktu, biaya dan tenaga dalam meraih hasil paling maksimal dari SEO ini.

Efisien Belajar SEO

Terima kasih pada perkembangan algoritma Google hingga saat ini yang membuat setiap blog memiliki kesempatan sama meraih halaman pertama Google. Namun demikian, jangan disamakan dengan kondisi saat kompetisi SEO. Konteks belajar SEO ini adalah upaya Anda mendapat ranking maksimal dalam kondisi persaingan yang normal.

Untuk menjadi efisien dalam menerapkan SEO berarti Anda harus tahu trik SEO mana saja yang perlu. Menerapkan trik belajar SEO terbaru yang salah untuk sebuah kata kunci akan membuat dua kerugian utama yaitu rasa kecewa dan trafik minim.

Rasa kecewa bisa berakibat fatal seperti blog Anda putus update dan akhirnya hilang dari peredaran. Trafik minim berarti peluang finansial dari blog akan sekarat, ujungnya? Blog akan hilang juga dari peredaran.

Menerapkan Trik Belajar SEO Yang Benar

untuk Mentarget Sebuah Keyword

Inilah hal yang paling menarik untuk diketahui banyak blogger.

Hal utama yang biasa dilakukan oleh blogger adalah seperti ini:

  • Menentukan tema postingan sesuai hasrat menulis
  • Memeriksa google result page untuk melihat jumlah hasil pencarian
  • Memeriksa keyword planner untuk tingkat persaingan
  • Mulai menulis

Apakah hal itu salah?

Tentu saja tidak.

Hal terpenting dalam belajar SEO adalah semangat.

Jika Anda sudah memiliki semangat itu maka itu sangat bagus.

Langkah selanjutnya adalah target trafik.

Seperti sudah dibahas di postingan belajar seo mudah untuk pemula maka jika Anda sudah menetapkan target langkah selanjutnya akan mudah.

Langkah paling efektif untuk mentarget trafik adalah mesin pencari yang diarahkan kepada saluran lain misalnya email marketing ataupun facebook fanpage (yang berfungsi seperti email marketing).

Kenapa demikian? Hal ini untuk menghindari ketergantungan blog Anda dari satu sumber trafik.

Jika Anda ingin menjalankan email marketing itu bagus. Namun perlu diingat kelemahan email marketing adalah Anda harus mendedikasikan waktu untuk “memelihara” para pelanggan email dengan informasi yang bermanfaat.

Seorang pengunjung blog yang datang dari mesin pencari atas suatu topik tertentu kemudian bergabung menjadi pelanggan email Anda merupakan pendukung berharga untuk kemajuan blog Anda. Pengunjung ini kemungkinan besar akan selalu kembali ke blog Anda untuk informasi lainnya. Jika sudah demikian, trafik Anda akan stabil.

Jika Anda tidak menerapkan konsep “email marketing” ini maka Anda harus selalu mentarget “mesin pencari” sebagai media penghasil trafik.

Sampai sini, masuk kategori manakah kebiasaan ngeblog Anda? Apakah terlalu fokus ke mesin pencari atau kombinasi mesin pencari dan “media berlangganan”? Tidak ada yang salah dengan keduanya, yang membedakan hanyalah besar kecilnya dedikasi yang diperlukan.

Jika Anda belajar SEO terbaru untuk fokus berlebih pada trafik organik maka dedikasi penulisan postingan blog yang SEO friendly harus mutlak.

Jika Anda sudah mengembangkan media “berlangganan” maka struktur SEO postingan Anda bisa lebih luwes.

Trik Belajar SEO Terbaru yang Dinamis

Belajar SEO itu dinamis. Artinya apa?

Untuk sebuah blog yang baru lahir, ada baiknya fokus pada konten blog SEO friendly. Jika sudah berlangsung beberapa waktu, beberapa konten baru bisa saja dapat diterbitkan tanpa rambu-rambu SEO.

Fungsi postingan SEO friendly adalah untuk menarik perhatian pengunjung. Jika pengunjung sudah tertarik langkah selanjutnya tidak kalah pentingnya.

Ingatlah bahwa algoritma Google membaca lama waktu yang dihabiskan pengunjung ke sebuah website. Misalkan begini:

Jika saya menggunakan google untuk mencari informasi “cara redakan batuk pakai jeruk nipis” kemudian saya sampai ke sebuah blog A dan membaca postingannya. Karena saya merasa bingung atau tidak puas maka saya kembali ke google, mengetikan keyword yang sama dan kali ini memilih blog B atau C. Menurut beberapa sumber di internet blog A tadi bisa turun SERPs nya digantikan blog lainnya. Inilah sebabnya SEO itu dinamis.

Itulah sebabnya SEO friendly saja belum cukup, Anda perlu perhatikan kualitas kontennya juga.

Mungkin Anda bingung apa sih maksudnya konten berkualitas itu?

Konten Kualitas Bukan Berarti Konten Panjang

Tergantung dari pemahaman Anda akan tingkat kesulitan persaingan kata kunci, namun konten berkualitas bukan berarti konten panjang.

Konten berkualitas merupakan konten yang memberikan penjelasan cukup dalam menyajikan informasi. Jika memang sebuah informasi cukup disajikan dalam 300 kata ya itu saja tidak perlu dilebih lebihkan.

Uji Coba Belajar SEO 1

Dalam konteks ini notordinaryblogger mencoba uji coba pertama yang cukup riskan yaitu membuat konten bahasan smartphone. Secara tema, notordinaryblogger bukanlah blog gadget. Secara keahlian, penulis bukanlah pengamat smartphone. Lantas bagaimana membuat konten berkualitas bertema smartphone?

Setelah ngetes halaman pertama google menggunakan kata kunci smartphone berkualitas isinya adalah blog-blog khusus gadget. Meihat kondisi itu tentu membuktikan betapa beratnya persaingan yang ada. Bertanya persaingan bukanlah “high” atau “low” sebagaimana “competitiondisampaikan keyword planner, melainkan secara kualitas notordinaryblogger akan terdepak dengan mudah dari setidaknya 10 halaman pertama google search result.

Apa yang dilakukan?

Dengan semua kelemahan itu dan rasa penasaran tinggi akhirnya sebuah konten “remake” dibuat. Tujuannya adalah memberikan informasi lengkap dan menarik untuk konsumen yang cari referensi smartphone murah. Jadi tujuannya murni trafik.

Kombinasi yang dilakukan adalah dengan menambah konten “video” yang diambil dari youtube. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan avg. time visitor yang diyakini akan mendongkrak SERPs postingan blog. Fokus utamanya adalah membuat konten bermanfaat yang orisinil (bukan copy paste) dan atraktif.

Bagaimana hasilnya?

Belajar SEO Contoh Konten

Postingan ini terbit belum ada 30 hari lamanya. Dalam kurun waktu itu baru dua trafik organic datang dengan dua keyword yaitu smartphone murah berkualitas dan smartphone murah berkualitas 2016. Jumlah pageviews adalah 21.

Setelah diperiksa ternyata postingannya ada di halaman 7 google (.co.id) untuk kata kunci smartphone murah berkualitas. Dengan begitu analisanya jumlah pageviews terjadi karena postingan itu masih ada di halaman depan (homepage) karena masih termasuk postingan baru. Pembaca yang datang mungkin penasaran untuk mencari tahu smartphone apa saja yang masuk kategori itu. Nilai finansial postingan ini? Uang yang dihasilkan dari setiap 1 pengunjung didasarkan pada iklan CPM yang ada. Besarnya tentu masih minim.

Uji Coba Belajar SEO 2

Dalam uji coba ini merupakan bukti kenapa konten berkualitas tidak berarti konten panjang. Merupakan konten pendek tutorial sederhana tentang cara membuat ebook.

Konten ini hanya terdiri dari 384 kata dilengkapi screenshot ilustrasi penjelasan tambahan. Manfaat finansial yang didapat adalah dengan iklan CPM dan marketing afiliasi.

Konten ini adalah konten senior di blog ini. Artinya sudah cukup lama beredar. Berdasarkan statistik sepanjang waktu (sejak artikel terbit) telah menghasilkan:

Belajar SEO Contoh Konten 2

Artikel sepanjang 384 itu telah mendatangkan banyak manfaat finansial untuk blog ini. Tidak hanya menguntungkan melalui iklan CPM maupun PPC yang diterapkan tapi juga marketing afiliasi yang sudah membantu blog ini mendapatkan komisi setidaknya $50.

Belajar SEO Contoh Nilai Finansial 1

Belajar SEO Contoh Nilai Finansial 2

Dari bukti ini tentu penulis tidak berlebihan jika penulis kembali menekankan bahwa postingan panjang tidak selalu berarti berkualitas. Menulislah panjang jika memang diperlukan, menulislah pendek jika memang itu sudah cukup menjelaskan.

Langkah Praktis dan Efisien Belajar SEO

Jika sudah demikian lantas apa yang wajib diperhatikan?

Menulis pendek jangan kurang dari 300 kata (sebaiknya). Jangan takut menulis pendek. Jika Anda menulis artikel blog yang pendek pastikan tidak kurang dari 300 kata.

Cobalah sesekali menulis postingan panjang. Postingan panjang yang SEO friendly sesuai target keyword yang Anda inginkan.

Gunakanlah ilustrasi secukupnya untuk menambah perhatian pembaca (bisa gambar bisa video). Gunakan alt tag yang sesuai dalam ilustrasi gambar Anda.

Jangan takut mentarget keyword dengan high competition. Untuk bersaing di high competition keyword Anda perlu postingan panjang (dan atraktif) yang SEO Friendly. Cobalah dan pelajari hasilnya.

Manfaatkan tips seo YOAST. Yoast merupakan plugin SEO untuk platform wordpress.org. Jika Anda tidak tahu, pastikan bookmark postingan Tips Seo Yoast ini.

Jangan ragu gunakan template premium SEO optimized. Banyak blogger ragu untuk membeli template premium yang SEO optimized. Hasilnya hanya sedikit blogger yang berani membeli template premium karena keseriusan mereka. Akhirnya hanya sedikit blogger yang benar-benar menikmati keuntungan SEO itu karena keputusan mereka memilih template premium. Notordinaryblogger sendiri memakai template premium mythemeshop. Hasilnya? Alhamdulilah memuaskan.

Arahkan Trafik hasil SEO. Sebuah SEO yang baik akan menghasilkan trafik tertarget. Jika Anda berhasil mendapatkan trafik tertarget ini pastikan ada tawaran untuk bergabung ke media komunitas apapun bentuknya. Misalkan email newsletter ataupun facebook fanpage, dan sebagainya.

Bookmark Panduan Belajar SEO Terbaru Notordinaryblogger. Tanpa disadari notordinaryblogger memiliki rangkaian postingan sebagai tips ngeblog seputar SEO. Bookmark postingan itu untuk pengingat Anda.

Siap Belajar SEO Terbaru?

Itulah sharing pengalaman belajar SEO terbaru dari notordinaryblogger. Tentu saja penulis masih banyak keterbatasan, itu sebabnya jangan sungkan untuk berbagi pengalaman, pendapat ataupun kritik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG
+