Backlink yang Berkualitas dan Aman Menurut Google


Penting bagi blogger untuk selalu mengikuti perkembangan terkini dari Google. Isu terakhir yang sedang banyak dibahas adalah backlink yang berkualitas dan aman menurut Google.

Kenapa Backlink Yang Berkualitas dan Aman Menurut Google itu Penting?

Seperti bukan rahasia lagi, Google telah meningkatkan kinerjanya menghukum banyak website yang melakukan penambahan backlink di luar ketentuan yang ditetapkan Google.

Seiring dengan perkembangan ini banyak pengamat SEO mempertimbangkan penting tidaknya sebuah backlink untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian dengan berbagai update yang ada saat ini.

Berkaitan dengan hal ini sang insinyur Google telah mengeluarkan video penjelasannya yang berjudul “Will Backlinks Lose Their Importance in Rangkings?”

Dari video tersebut kita dapat memahami bahwa backlink masih berpengaruh setidaknya untuk sekarang. Untuk jangka panjang, backlink akan semakin tidak berpengaruh.

Para pengamat SEO sependapat bahwa ada perkembangan algoritma Google yang menunjukkan bahwa mereka fokus kepada reputasi dari sebuah laman website secara spesifik. Dengan demikian bounce rate akan mempengaruhi reputasi website juga dimana tingkat bounce rate akan mempengaruhi sukses tidaknya hasil pencarian yang diberikan. Namun demikian, mengingat algoritma ini masih bergantung pada backlink untuk menentukan reputasi sebuah laman website, maka backlink masih menjadi faktor penting untuk mesin pencari, baik Google mengakuinya atau tidak.

Google Authorship

Masih dari video tersebut kita dapat memahami kemana Matt Cutt ingin pelaku bisnis online berada saat ini bukan? Google Authorship.

Google authorship memungkinkan pembuat konten dan penulis menghubungkan konten kepada profil Google mereka, memberikan sedikit penjelasan kepada hasil pencarian dan meningkatkan peringkat sekaligus memantabkan kredibilitas. Menurut Matt Cutt, Google Authorship akan memiliki peran penting di masa mendatang.

Fitur Google ini ingin memberikan nilai lebih untuk laman website yang ditulis oleh ahli. Ini berarti reputasi akan semakin krusial untuk website. Jika sudah demikian, tulisan atau konten yang dibuat oleh website dengan reputasi baik akan selalu muncul di hasil pencarian.

Social Media Today menjelaskan bahwa Google Authorship dapat meningkatkan peluang indeksasi dengan memberikan informasi personal kepada mesin pencari. Hal ini diyakini dapat memberikan tingkat CTR (Click-through-rate) lebih baik. Google authorship juga menjamin bahwa konten asli akan menempati peringkat teratas dan authorship dapat membertahu mana konten yang asli dan mana yang bukan.

Backlink Berkualitas yang Dapat Digunakan

Mengingat Google sangat gencar membasmi konten-konten tertentu yang dinilai dari backlinknya, sebagai blogger kita perlu selektif dalam membuat backlink. Jangan membuat Google merasa terancam dengan backlink-backlink yang kita buat. Setidaknya video Matt tersebut menjelaskan bahwa untuk saat ini backlink berkualitas berguna untuk membangun kredibilitas website.

Backlink yang perlu dihindari:

  • Tukar Link Sembarangan
  • Bayar Link
  • Menyediakan Jasa Guest Blogging (MyBlogguest dan Post Joint dua korban terakhir)
  • Media Pembuat Link

Coba Terapkan Backlink yang Berkualitas dan Aman?

Masa keemasan backlink belum berakhir setidaknya dalam waktu dekat. Untuk Anda yang tertarik belajar SEO tentu informasi ini tidak bisa disepelekan. Nah untuk menjaga kesehatan website kita tidak ada salahnya untuk tetap berada pada jalur yang benar dalam membuat backlink berkualitas dan aman menurut Google.


7 Comments

  1. Sasaf Agustus 5, 2016
    • Okto Agustus 6, 2016
  2. Langnusa Oktober 6, 2016
  3. Langnusa Oktober 6, 2016
  4. Jakaja Oktober 17, 2016
  5. Farid Husni Oktober 20, 2017
    • Okto Oktober 22, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+