Aplikasi Manajemen Toko

Salah satu hal paling melelahkan saat menjalankan toko kelontong adalah menjaga barang toko untuk jualan. Kecuali Anda memiliki keragaman barang yang sedikit, Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk manajemen barang toko. Memang benar manajemen barang toko membutuhkan disiplin dan kerja keras yang serius. Meskipun demikian sebuah aplikasi manajemen toko bisa mempermudah tugas untuk meningkatkan pelayanan konsumen. Inilah kunci utama pertumbuhan bisnis.

Keuntungan aplikasi manajemen toko:

Sebuah toko yang dikelola dengan baik dan benar akan memberikan beberapa keuntungan untuk pemilik bisnis seperti:

#1 Kendali dari pencurian. Tanpa sebuah mekanisme manajemen toko yang baik, sulit untuk mengetahui apakah ada barang yang dicuri konsumen atau mungkin karyawan sendiri sampai semuanya terlambat.

#2 Meningkatkan pelayanan konsumen. Anda bisa terhindar dari kehabisan barang dan mengetahui produk yang dicari konsumen dengan mudah. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi barang yang sudah habis, harganya dan produsen sampai distributornya.

#3 Manajemen keuangan. Sebuah aplikasi manajemen toko bisa membantu Anda melacak apa yang sudah dilakukan.

#4 Administrasi barang jualan. Anda bisa melacak produk spesifik dan mendeteksi penjualan minim untuk program diskon.

Pilihan Aplikasi Manajemen Toko

Ada banyak program manajemen toko tersedia. Beberapa sangat mahal harganya. Beberaa fitur aplikasi manajemen toko seperti print atau membaca barcode, print kwitansi sampai menyediakan data statistic dan laporan persediaan barang.

Secara manual sebuah aplikasi manajemen toko bisa diterapkan menggunakan Microsoft Access. Hal ini umumnya digunakan para manajer toko untuk mengelola barang jualan sebuah toko. Program itu bisa mengakomodir hampir semua jenis kode deskripsi produk. Kekurangannya adalah operator perlu memiliki pemahaman akan Microsoft Access yang baik. Selain itu, laporan dan analisa statistik mungkin saja harus disediakan secara terpisah.

Manajemen Toko Tanpa Aplikasi

Jika Anda kurang nyaman mengelola toko menggunakan aplikasi manajemen toko, sebuah cara lain bisa digunakan dengan mekanisme kartu. Anda bisa menyiapkan sebuah kartu yang didesain khusus yang bisa mencatat kode barang, deskripsi, siapa suppliernya, biaya, harga jual, persediaan awal, jumlah persediaan, penjualan dan saldo sekarang

Baca juga: Daftar Perlengkapan Minimarket

Saat persediaan barang jualan bertambah, Anda bisa memberikan kode khusus untuk persediaan dan menambahkan deskripsi, biaya, harga jual dan sebagainya. Sebuah kode sederhana menggunakan nomor dengan beberapa angka di depan merupakan kode untuk nama Vendor, diikuti nomor produk. Misalkan sebuah produk dari perusahaan bernama Halo Dekor bisa diberi kode HD-1, HD-2 dan seterusnya.

Saat Anda menjual barang, berikan kode persediaan pada kartu penjualan. Setiap usai hari berjualan, lakukan pembaharuan data dari kartu penjualan.

Sekalipun Anda menggunakan sebuah aplikasi komputer, Anda masih bisa menerapkan sistem penjualan kartu ini, kode merchandise, posting harian, dan sistem harga. Perbedaan utamanya adalah informasi penjualan harian dan kwitansi dilakukan melalui komputer kemudian di print dan kemudian melakukan input kembali secara mingguan atau bulanan.

Baca juga: Desain Warung Sembako Minimalis

Manfaatkan Manajemen Toko untuk Perkembangan Usaha

Sekarang Anda sudah paham mekanisme sebuah manajemen toko. Kini Anda perlu membuat sebuah kebijakan untuk mengelola barang persediaan untuk jualan. Memiliki pengetahuan lebih akan barang persediaan jualan akan menjadi sia-sia kecuali dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Untuk mewujudkannya, perhatikanlah indikator berikut ini:

#1 Produk yang laku terjual dan stoknya sedikit. Manfaat manajemen toko akan terasa untuk mendeteksi barang jualan kategori ini. Dengan terdeteksinya barang jualan kategori ini, Anda bisa dengan mudah melacak, mencatat dan memprediksi jumlan re-order barang.

#2 Produk dengan penjualan lambat. Penjualan lambat berarti barang mengendap lama di toko Anda. Kecuali barang itu barang musiman yang akan terjual pada saat musimnya tepat, Anda perlu mempertimbangkan program sales untuk produk kategori ini. Dengan cepat terjualnya barang jenis ini arus kas usaha toko Anda akan semakin lancar.

#3 Produk laris. Untuk produk jenis ini, Anda sebaiknya menambah jumlah order atau menegosiasikan order khusus untuk meningkatkan keuntungan atas naiknya penjualan.

#4 Data final persediaan barang jualan toko. Hal ini sangatlah esensial dan penting dalam proses manajemen keuangan toko. Hal ini wajib dilakukan pada akhir tahun pajak.

Pilih Aplikasi Manajemen Toko Yang Tepat

Untuk segera memulai, buatlah sebuah sistem daftar persediaan barang jualan sebelum Anda mendata secara fisik. Pendataan sebaiknya mencakup kode barang, biaya per barang, jumlah persediaan yang ada di catatan, termasuk informasi jumlah nyata barang itu serta jumlah persediaan total barang itu.

Setelah dihitung, kalkulasikanlah nilainya dengan mengalikan biaya dengan jumlah nyata barang. Sediakan kolom khusus untuk ini untuk mendapatkan nilai total barang jualan. Dengan sebuah sistem manual, Anda harus melakukannya dengan bertahap.

Dapatkan Aplikasinya

Sebuah aplikasi manajemen toko memiliki prinsip sama namun umumnya punya fitur lebih lengkap. Dan yang terpenting akan menghemat waktu Anda melakukan pengelolaan barang jualan toko. Sebuah aplikasi bisa melakukan kalkulasi dengan lebih instan. Inilah penolong Anda untuk mengelola barang jualan toko dengan lebih baik dan terhindar dari kerugian yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+