Apakah Update Google SERPs Akan Mempengaruhi Bisnis Anda?

Google terdiri dari para pemasang iklan, pemilik bisnis UKM dan marketers yang berusaha keras untuk meningkatkan bisnisnya. Kini mereka semua harus melakukan penyesuaian karena pengumuman Google yang akan menghilangkan iklan di sidebar kanan dalam sebuah hasil pencarian (SERPs/Search Engine Result Pages). Saat Anda belajar SEO atau belajar internet marketing tentu pemahaman ini sudah sebaiknya dimiliki.

Hal signifikan yang akan terpengaruh adalah iklan dalam bentuk produk dimana update SERPs akan membatasi jumlah iklan dari sebelumnya 11 menjadi hanya 7. Lokasi iklan ini pun hanya akan terlihat di bagian atas atau bawah SERPs.

Google sudah ternama akan kedinamisannya memberikan hasil, perubahan rutin algoritma pencarian, fokus kepada format mobile, sampai penyesuaian logo Google. Yang terbaru adalah akan diupdatenya Google SERPs. Inilah yang membuat para pelaku bisnis bertanya-tanya.

Apakah Update Google SERPs akan Mempengaruhi Bisnis Anda?

Pertanyaan mendasar seputar update ini adalah bagaimana ini akan mempengaruhi hasil pencarian, bagaimana ini akan mengganggu bisnis Anda, apakah biaya iklan teks akan meningkat, apa yang bisa Anda lakukan atas perubahan ini, perlukah Anda merubah strategi marketing Anda?

Apa jawabnya? Mari kita simak

Kenapa Harus Diupdate?

Sebelum adanya update ini, iklan akan ditampilkan di 3 bagian pada laman hasil pencarian Google yaitu atas, bawah dan sidebar kanan. Kini, iklan sidebar kanan akan dihilangkan yang berarti jumlah iklan akan berkurang sedangkan pemasang iklan tetap besar.

Namun jika dicermati, untuk kata kunci tertentu “kategori komersial tinggi” akan lebih banyak iklan ditampilkan. Jika Anda pernah menjumpainya, itu berarti Google menilai kemungkinan terjadinya pembelian atas keyword itu oleh pengguna sangat tinggi.

Alasan utama update ini setidaknya dapat diartikan kedalam dua hal, pertama Google ingin tampilan yang bersih untuk meningkatkan pengalaman positif pengguna mesin pencari. Kedua untuk menampilkan display konsisten untuk semua pengguna perangkat (atau bisa dibilang responsiveness). Ini juga berarti, google menekankan pentingnya responsiveness dalam konten mereka.

Apakah hilangnya iklan Google di sebelah kanan akan berpengaruh negatif untuk bisnis? Sebuah studi oleh Wordstream mengungkap bahwa hanya sekitar 14,6% klik terjadi dari lokasi samping kanan dan bawah. Ini berarti jelas akan ada pengaruh dengan penghapusan lokasi iklan di sisi sidebar kanan SERPs google.

Kemungkinan Pengaruhnya

Pihak paling mungkin terpengaruh adalah pemasar/pemilik usaha yang mengandalkan kerja iklan mesin pencari. Masalahnya, seberapa besar pengaruhnya? Link-link yang ada di posisi bawah SERPs kemungkinan akan menerima jumlah klik lebih sedikit dibandingkan link-link yang ada atas. Link yang ada di posisi teratas akan menangkap semua manfaatnya.

Efek paling jelas dari kondisi ini adalah biaya. Pengusaha kecil tentu akan menghindari biaya iklan yang terlalu mahal dan dengan prediksi SERPs seperti ini, tentu menjadi lumrah jika iklan yang ada di posisi paling atas akan memiliki biaya paling mahal. Ini yang dikhawatirkan pemilik usaha UKM. Kemudian bagaimana pengusaha bisa mengantisipasi efek negative perubahan tampilan SERPs ini?

Meminimalisir Kerugian

Jika usaha Anda ingin meraih keuntungan dari internet marketing namun menghindari biaya Adwords, maka kini saatnya menggunakan jalur alternatif untuk tetap mendapatkan trafik organic itu.

Media sosial sepertinya akan menangkap efek dari perubahan SERPs ini dan memang pada akhirnya media sosial akan menjadi penyeimbang kekuatan Google di industri periklanan digital. Jika Anda belum membangun strategi media sosial untuk bisnis Anda, kini adalah waktu yang tepat sebelum semuanya terlambat. Inilah beberapa tips media sosial dari notordinaryblogger:

Selain media sosial, pertimbangkan juga penggunaan konten atraktif. Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya bahwa konten video sedang dalam puncak populartitas di industri digital Indonesia. Nah, jika bisnis Anda ingin dikenal banyak orang, cobalah ciptakan konten video yang menarik minat konsumen.

Ini merupakan sebuah prediksi dan pandangan. Belum jelas apa dampak pasti dari perubahan SERPs ini untuk bisnis Anda. Mungkin Google juga akan melakukan banyak penyesuaian untuk meminimalisir perubahan bagi bisnis mereka sendiri untuk tetap menjadi yang terdepan di industri ini.

Kemudian, menurut Anda apakah update google SERPs akan mempengaruhi bisnis Anda?

Pemahaman akan SERPS sangatlah berguna jika Anda ingin menerapkan tips ngeblog yang ada untuk kemajuan blog sendiri. Punya pendapat soal SERPS? Silahkan berbagi pendapat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+