Apa Pentingnya Melakukan Update Blog Setiap Hari?

Pentingnya Melakukan Update Blog Setiap Hari Apa Sih?

Blog merupakan wadah terbaik untuk eksis secara online, untuk menghasilkan uang ekstra, berbagi opini, informasi atau pengetahuan teknis pemiliknya. Lebih jauh lagi, blog juga bisa digunakan untuk meningkatkan kredibilitas seseorang baik dari segi profesionalitas sampai apaun tujuannya. Dibalik itu semua, blog menyimpan tantangan besar yaitu berkaitan dengan masalah “update blog”. Seberapa sering update blog harus dilakukan?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jumlah konten bisa mempengaruhi jumlah pengunjung (baca: cara mendatangkan 1000 unique visitors setiap hari) baik yang datang dari media social ataupun mesin pencari. Interval ideal untuk update blog adalah satu postingan baru setiap hari. Namun demikian, jika kita tidak sanggup melakukannya, kita bisa melakukan update blog di waktu lain namun jarak minimal yang disarankan adalah 3 postingan dalam satu minggu.

Kenapa Melakukan Update Blog dengan Teratur itu Penting?

 

Update blog itu penting sekalipun blog Anda adalah blog download. Hal ini penting karena dua hal utama. Pertama perilaku manusia sebagai pembaca dan perilaku bot mesin pencari.

Jika blog kita update secara rutin dan pembaca menyukainya, mereka akan selalu menanti postingan-postingan selanjutnya. Momen “ketertarikan” pembaca ini akan hilang jika kita terlalu lama tidak update blog. Jika sudah demikian, rasa tertarik pembaca akan berubah menjadi jenuh dan bosan menunggu hingga akhirnya beralih ke blog lain.

Bot mesin pencari dibuat untuk melakukan indeksasi secara rutin ke seluruh website yang ada. Jika kita melakukan update blog secara rutin, postingan blog terbaru akan diindeks mesin pencari dengan cepat, alhasil jumlah kunjungan dari mesin pencari akan selalu tinggi.

Waktu melakukan update blog akan mempengaruhi peluang bisnis

Sesaat setelah kita melakukan update blog, postingan baru itu akan direkam oleh mesin pencari dan media-media pencarian lainnya (feed subscriber dan newsletter). Dengan demikian, melakukan update blog saat mayoritas pembaca menggunakan internet, atau memeriksa email akan berujung pada semakin baiknya peluang bisnis yang dijalankan.

Peluang bisnis di sini tidaklah melulu soal uang, peluang bisnis yang bisa terjadi dalam sebuah blog bisa berarti meningkatnya kunjungan pembaca. Meskipun pada akhirnya akan berujung ke uang juga karena semakin banyak pengunjung semakin besar peluang klik terjadi atas iklan-iklan PPC yang di tayangkan di blog kita. Atau semakin tertarik pemasang iklan untuk membeli ruang iklan yang ditawarkan di blog kita.

Setuju untuk Melakukan Update Blog Setiap Hari?

Tentu saja semua kembali ke kita sendiri. Yang menjadi kendala utama adalah bukan melakukan update blog itu sendiri melainkan, menyajikan konten yang berkualitas.

Pengalaman pribadi saya mengajarkan akan pentingnya melakukan update blog setiap hari untuk membesarkan sebuah blog. Namun demikian, jika kita sudah menikmati dunia blogging, mungkin update blog bisa dilakukan kapanpun terlebih jika kebanyakan konten blog kita sudah teroptimisasi SEO dengan baik sehingga tingkat kunjungan pembaca dari internet selalu tinggi. Pemakaian template blog yang SEO friendly juga secara ampuh bisa membantu konten-konten blog mendatangkan trafik yang memuaskan.

11 Comments

  1. Salman Faris Maret 5, 2015
  2. rahmiaziza Maret 5, 2015
    • Okto Maret 16, 2015
  3. fendy Maret 7, 2015
  4. Lutfi Wardi Maret 11, 2015
    • Okto Maret 12, 2015
  5. muzi Maret 16, 2015
    • Okto Maret 16, 2015
  6. Yugo (Orbitpedia) Mei 6, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

Tiket Pesawat Murah Diskon 10% Kode Promo "Tiket150" Hanya Sampai 3 Juli 2017Pesan tiket
+