Apa Itu Strategi Penjualan

Apa itu strategi penjualan bisa jadi pertanyaan untuk kebanyakan rekan pembaca yang baru berminat untuk memulai usaha. Sebah strategi penjualan akan mencakup rencana yang memposisikan brand usaha atau produk mendapatkan keuntungan kompetitif. Strategi penjualan yang sukses akan membantu tim penjualan untuk fokus pada target pasar dan berkomunikasi dengan mereka dengan cara relevan. Tim pemasar harus mengetahui produk atau jasa yang dipasarkan untuk membantu pecahkan masalah konsumen. Strategi penjualan yang sukses bisa menterjemahkan pesan ini sehingga tim penjualan menghabiskan waktu mentarget konsumen yang tepat secara efisien.

Signifikansi

Merencanakan dan membuat strategi penjualan efektif membutuhkan tujuan jangka panjang dan analisa siklus penjualan bisnis termasuk memikirkan karir tim penjualan. Melewati proses ini akan membantu pemilik usaha memiliki pemahaman lebih baik akan rentang penjualan, perubahan musiman dan apa yang menjadi motivasi tim penjualan. Setelah membuat strategi penjualan jangka panjang, manajer penjualan sebaiknya membuat strategi mingguan dan bulanan berdasarkan strategi jangka panjang. Hal ini memudahkan pengukuran performa tim penjualan.

Jenis

Memahami lebih jauh akan apa itu strategi penjualan bisa melihat dari jenisnya. Entitas bisnis menerapkan dua jenis strategi penjualan yaitu langsung dan tidak langsung. Strategi penjualan langsung berarti tim penjualan menyerang persaingan saat berinteraksi dengan konsumen. Tim penjualan akan membahas semua fitur pesaing dan membandingan dengan fitur produk sendiri. Strategi penjualan langsung identik dengan “penjualan negatif”. Pendekatan penjualan tidak langsung diterapkan dengan lebih bersahabat menerapkan fitur dan keuntungan yang tidak terdapat di produk atau jasa pesaing tanpa menyebutkan nama produk atau jasa pesaing. Pendekatan khusus dan posistif ini membutuhkan analisa dan riset persaingan lebih dulu.

Komponen

Sebuah strategi penjualan yang sukses mencakup penempatan produk, promosi dan testimony sebagai tambahan dari strategi penjualan inti untuk tim penjualan. Penempatan produk dan promosi menciptakan brand awareness dengan menggunakan beragam jalur marketing yang ada saat ini. Jaringan media sosial menawarkan media gratis untuk meningkatkan brand awareness. Pengusaha dapat memaksimalkan alat ini dengan efektif dengan berkomunikasi kepada pengikut media sosial mereka.

Fungsi

Selain jenisnya, untuk lebih memahami apa itu strategi penjualan, perlu menggunakan pendekatan fungsional. Terlepas apakah pengusaha menggunakan strategi penjualan langsung atau tidak langsung, atau bahkan kombinasinya, manajer penjualan memberdayakan tim penjualan terkait tekniknya. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen membutuhkan dua pendekatan. Sebuah strategi penjualan menerapkan tahap dan langkah yang diperlukan untuk konsumen yang beragam. Konsumen potensial perlu komunikasi yang memperkenalkan brand atau produk atau jasa dengan cara yang menunjukkan pemecahan masalah. Konsumen yang sudah menjadi pelanggan membutuhkan komunikasi personal tentang fitur baru atau keuntungan lain untuk menjaga hubungan. Promosi dan diskon member berfungsi untuk memotivasi pelanggan tetap berbelanja dan merekomendasikan usaha Anda.

Pertimbangan

Membuat strategi penjualan efektif membutuhkan pengetahuan pasar, kesadaran akan kompetisi, tren terkini dan analisa bisnis yang detil. Mungkin terkesan rumit, namun jika Anda jalankan dengan sabar dan seksama hasilnya akan jauh lebih manis ketimbang berusaha dengan coba-coba. Sudah paham apa itu strategi penjualan?

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+