Apa itu Revenue Stream dan Cost Structure di Industri Startup

Memiliki ide startup atau bisnis rintisan saat ini seolah menjadi tren positif dikalangan pengusaha muda. Sebelum terjun ke dunia startup penting bagi Anda untuk memperhatikan apa itu revenue stream dan cost structure di industri startup.

Pengertian Revenue Stream dan Cost Structure di Industri StartUp

Kepala Bagian Keuangan, Utoyo Capital Partners, Aditya Hadiputra berbagi pengertian keduanya.

Pertama adalah revenue stream. Revenue stream merupakan sumber-sumber pendapatan perusahaan yang didapatkan setidaknya dari lima sumber berikut ini seperti margin sebuah produk, iklan, konversi pengunjung website, biaya software dan komisi.

Selain sumber pendapatan tadi masih diperlukan investor untuk memperkuat sektor permodalan startup. Nah untuk investor startup ini setidaknya ada tiga kriteria utama yang dapat dikategorikan sebagai Friend, Family dan Fools.

Friends. Merupakan teman yang berperan sebagai pihak yang akan memberikan sumber dana kepada pihak lain yang dipercaya.

Family. Merupakan pihak yang lazimnya selalu mendukung apapun usaha pilihan Anda. Keluarga biasanya tidak akan mencari tahu lebih detil akan usaha atau produk yang akan dihasilkan dari startup namun mereka pasti dengan senang hati mendukung dengan bantuan dana.

Fools. Merupakan tingkat penawaran tertinggi. Sesuai makna harfiahnya, ini berarti Anda berhasil mendapatkan investor yang “bodoh” dalam arti bukan teman, bukan keluarga, dan tidak tahu menahu soal produk atau bisnis startup yang dijalankan namun menaruh kepercayaan dengan memberikan bantuan dananya kepada Anda.

Yang kedua adalah cost structure yang setidaknya terdiri dari empat komponen penting dalam industri startup mencakup biaya listrik, kantor, internet sampai sumber daya manusianya.

Dari keempat komponen tadi, cost structure yang utama adalah SDM alias sumber daya manusianya. Hal ini dikarenakan pengeluaran terbesar ada di masalah gaji staf. Lebih lagi dimana sekarang ini standar gaji seorang programmer berkisar 10juta sampai 12 juta satu bulannya.

Nah itulah pengertian sederhana revenue stream dan cost structure di industri startup.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+