Apa itu Ecommerce Murni dan Partial Ecommerce

Bagi orang awam sepertinya ecommerce hanyalah ecommerce namun tahukah Anda ternyata secara keilmuan ternyata ecommerce dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu ecommerce murni dan partial ecommerce. Apa itu ecommerce murni dan partial ecommerce? Inilah yang berusaha dijelaskan melalui postingan ini.

Baca juga: apa beda ecommerce dan ebusiness

Dimensi Ecommerce

Ada beragam bentuk ecommerce tergantung dari teknis produknya, proses teknologi sampai perantara. Namun demikian terlepas dari produk itu berwujud atau digital termasuk prosesnya baik berwujud atau digital semuanya masuk kategori ecommerce.  Untuk memudahkan Anda mengetahui perbedaan utama antara ecommerce murni dan partial ecommerce ini maka kita dapat melihat dimensi ecommerce itu sendiri. Setidaknya ada 3 dimensi yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

  1. Jenis produk yang dijual (barang/jasa)
  2. Proses perdagangannya
  3. Perantara

Dalam sebuah ecommerce tradisional murni maka ketiga dimensi di atas bersifat fisik atau dengan kata lain berwujud, dapat dilihat dan nyata.

Dalam sebuah ecommerce murni maka ketiga dimensi tadi sifatnya digital.

Dalam sebuah partial ecommerce maka terdapat semua kemungkinan dari ketiga dimensi tadi, atau dengan kata lain ada kombinasi antar dimensi.

Ecommerce murni merujuk pada kondisi dimana sebuah bisnis bertransaksi secara online dan produk yang dijual tidak memiliki bentuk fisik. Contoh sederhana dari ecommerce murni adalah jual beli software online. Anda hanya perlu membayar dan download.

Partial ecommerce merujuk pada kondisi yang sedikit baru dibandingkan ecommerce murni dimana sebuah bisnis memiliki kehadiran secara online namun tetap memiliki produk berwujud yang diperjual belikan. Contoh mudah partial ecommerce ini adalah Tokopedia atau apapun yang bisa Anda bayangkan selama Anda membeli secara online dan menerima barangnya secara fisik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+