Analisa Saham Menguntungkan Bulan Ramadhan

Banyak mengakui jika bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Seolah mengkonfirmasi hal tersebut, berikut inilah analisa saham menguntungkan bulan ramadhan. Bulan khusus bagi umat Islam ini memiliki daya tarik berkaitan dengan aspek konsumsi masyarakatnya. Beberapa sektor konsumsi makanan, minuman termasuk makanan olahan dan ritel merupakan sektor pemberi profit pemegang saham.

Binaarta Parama Sekuritas menyampaikan pandangan jika pemegang saham dapat memperhatikan saham emiten makanan/minuman jika ingin menikmati keuntungan. Bulan ramadhan dan menjelang idul fitri akan mendongkrak permintaan produk konsumsi. Beberapa produk seperti minuman, makanan, farmasi dan fashion akan meningkat permintaannya.

NH Korindo Sekuritas juga meyakini jika bulan ramadhan akan meningkatkan permintaan konsumen. Oleh karenanya, saham ritel dan konsumsi dapat menjadi opsi menguntungkan para investor. NH Korindo bahkan merekomendasikan beberapa saham konsumsi tersebut seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR),  Saham ini juga cukup defensif menghadapi sentimen negatif ketidakpastian global.

Baca: 6 pertimbangan investasi saham agar untung terus

Analisa Saham Menguntungkan Bulan Ramadhan Indofood, Unilever dan Lainnya

Saham Indf akan meningkat berkat unit bisnis diversifikasi seperti tepung, mie, agribisnis dan unit distribusinya. Untuk saham unvr punya peluang meningkat 10,2% melalui inovasi produk dan jaringan periklanan yang semakin luas.

Pandangan berbeda untuk saham UNVR adalah valuasi saham dari UNVR saat ini sudah mahal jadi sekalipun mendapat sentiment baik, mungkin itu sudah maksimal.

Jika megacu pada informasi RTI, acuan price book value atau PBV dari UNVR itu 54,85 kali dari price to earning ratio atau PER yang sebesar 46,4. Jika disandingkan dengan PT Mayora Indah Tbk (atau kode saham MYOR) mempunyai PBV 7 kali dengan PER 30 kali jumlahnya.

Saham lain yang direkomendasikan adalah PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk (atau AISA), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan MYOR.

Untuk sektor ritel, saham-saham seperti PT Ace Hardware Indonesia Tbk (atau ACES), kemudian PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI) serta PT Ramayanan Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga layak dipertimbangkan. Potensi kenaikan konsumsi sandang dan pangan akan berdampak positif pada sektor ritel serta food and beverage.

Direktur Investa Saran Mandiri, Hans Kwee berbagi pendapat jika margin emiten konsumsi umumnya bertambah di bulan ramadhan. Penambahan itu khususnya terjadi di sub sektor ritel. Emiten di sektor ritel akan meningkatkan jumlah stok barang sampai dua kali untuk memenuhi peluang kenaikan permintaan.

Sebagai acuan misalna data penjualan di RALS khusus bulan ramadhan memiliki peran sampai 40% atas penjualan mereka dalam 1 tahun. Untuk MAPI memprediksi bisa memenui target 50% penjualan pada Semester I. Kesemuanya bisa terwujud berkat bulan ramadhan. Saham ritel seperti MAPI, RALS, dan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan menarik investor untuk diburu.

Hal ini menjadi wajar karena valuasi saham ritel ini belum mahal. Target penjualan dalam setahun semua emiten itu sangat dipengaruhi waktu istimewa ramadhan. Itu sebabnya saham mereka berpeluang menguat.

Baca: Investasi yang baik untuk masa depan

Sektor unggas juga tidak dapat diremehkan sebenarnya karena konsumsi daging unggas akan meningkat khususnya ayam. Emiten yang akan terkena efek positif ini seperti PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) serta PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN).

Investor dapat mempertimbangkan saham INDF, ICBP, AISA, CPIN, MYOR serta JPFA karena masing-masing memiliki forward P/E 19,19 kali; 27,39 kali; 24,09 kali; 11,61 kali; 35,14 kali; 7,25 kali.

Sentimen yang harus diperhatikan lainnya seperti:

  • pergerakan nilai tukar rupiah atas mata uang asing
  • harga komoditas
  • hasil rapat The Fed (Federal Reserve Amerika Serikat)
  • data ekonomi dan kebijakan pemerintah Indonesia

Baca : Apa itu forex?

Punya Analisa Saham Menguntungkan Bulan Ramadhan?

Itulah untuk sementara analisa saham menguntungkan bulan ramadhan. Jika Anda memang hobi untuk berbinis sebagai investor saham, indikator tersebut tentu menarik untuk membantu memutuskan investasi saham mana yang harus dilakukan saat bulan ramadhan. Dengan demikian peluang mendapatkan keuntungan investasi saham semakin besar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+