Amerika Turun Peringkat Pangsa Pasar Smartphone


Amerika turun peringkat pangsa pasar smartphone dari posisi kedua menjadi posisi ketiga di dunia. India lah yang menggeser posisi Amerika Serikat ini. Akibat hal ini, Amerika Serikat harus menerima kondisi bahwa negara ini hanya berada di posisi tiga pangsa pasar smartphone dunia.

Hal ini diungkap oleh Canalys, sebuah lembaga analisa Singapura. Menurut analisa itu, India telah mengirimkan sebanyak 40 juta unit ponsel pada kuartal III tahun 2017. Angka itu merupakan peningkatan sebesar 23% dari tahun sebelumnya. Capaian itulah yang menurunkan posisi Amerika dari urutan nomor dua.

Menurut Canalys, naiknya penjualan ponsel di negara India dikarenakan semakin baiknya jaringan pada sektor telekomunikasi di negara itu. Pemerintah negara India sedang gencar meningkatkan kualitas dari jaringan telekomunikasinya.

Itu sebabnya, jalur masuk 4G LTE yang memakai kualitas tinggi akan semakin mudah didapatkan masyarakat India. Kondisi ini membuat konsumen semakin ingin memiliki gadget mobile.

Baca: Orang Indonesia Penemu 4G, Benarkah?

Selain naiknya permintaan smartphone, perayaan Diwali di bulan Oktober 2017 turut menyumbang naiknya India sebagai pangsa pasar ponsel. Hari raya Diwali ini membuat masyarakat India selalu memakai produk baru. Alhasil, aktivitas konsumsi saat Diwali sangatlah tinggi karena semua masyarakat akan membeli produk baru sebagai bentuk perayaan atas kemenangan.

Baca: Tren Layar Panjang Smartphone di Ikuti Xiaomi

Brand Penguasa Pasar Ponsel

Pangsa pasar ponsel India dikuasi oleh Samsung. Produsen Korea Selatan ini sukses mengirimkan 9,4 juta unit ponselnya ke India pada kuartal ketiga tahun 2017. Posisi kedua diikuti oleh Xaomi dengan jumlah pengiriman sebanyak 9,2 juta unit ponsel. Sangat ketat memang persaingan Samsung dan Xiaomi di India.



Baca juga: Internet Membuat Masyarakat India Melek Politik

India merupakan salah satu negara padat penduduk di dunia. Dengan jumlah penduduk milyaran, prosentase kecil dari total penduduk tentu saja signifikan jumlahnya. Jumlah pengguna smartphone di India mencapai 300 juta orang. Punya pendapat atas ulasan Amerika turun peringkat pangsa pasar smartphone?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+