Alasan Penting Industri Kreatif Digital Perlu Diatur Di Indonesia

Industri kreatif digital perlu diatur di Indonesia. Sepakat? Industri ini merupakan cara bisnis yang berkembang pesat dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan. Industri kreatif digital juga sangat potensial dalam upaya meningkatan perekonomian, baik itu untuk individu ataupun untuk perusahaan. Pada saat ini, produk yang berbasiskan digital merupakan produk yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi, penduduk yang ada di seluruh dunia sudah menggunakan atau sudah mengetahui tentang internet.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri masih perlu aturan dalam industri digital ini. Aturan dari industri digital ini, mempunyai berbagai macam alasan. Berikut alasan kenapa industri kreatif digital perlu di atur di Indonesia:

Pembangunan infrastruktur

Di Indonesia, infrastruktur untuk industri digital masih belum memadai. Hal ini yang membuat Indonesia seperti ketinggalan dari Negara-negara lain, dalam urusan industri digital. Selain itu, infrastruktur ecommerce penunjang didalam telekomunikasi di Indonesia juga harus diperbaiki lagi. Dengan pembangunan infrastruktur yang memadai, Indonesia bisa bersaing dengan Negara-negara lain dalam bidang industri digital.

Ekosistem industri kreatif digital belum terwujud

Ekosistem industri kreatif digital di Indonesia, belum sepenuhnya terbentuk atau terwujud. Untuk bisa membentuk ekosistem dari industri kreatif digital ini, butuh waktu yang cukup lama. Sehingga, Indonesia hanya bisa membantu Negara lain yang sudah berkembang dalam bidang industri kreatif digital ini. Industri kreatif digital di Indonesia juga masih terhalang oleh beberapa aturan, yang berhubungan dengan pengalangan dana. Perusahaan yang bergerak di bidang industri kretif digital, pada saat ini masih terbelit dengan aturan yang sama pada industri yang lainnya. Sehingga industri kreatif digital, membutuhkan waktu kurang lebih 5 sampai 10 tahun untuk bisa berjalan.

Strart up yang lambat

Memulai suatu industri kreatif digital, dibutuhkan langkah yang cepat dan juga dukungan yang maksimal. Hal seperti ini, masih sangat sulit untuk bisa dilakukan dan didapatkan di Indonesia. Maka dari itu, Indonesia mengalami keterlambatan dalam memulai industri kreatif digital ini. Hal ini sangat jauh berbeda dengan negara lain yang mendukung pertumbuhan dan berkembangnya industri kreatif digital di negaranya.

Industri Kreatif Digital Perlu diatur. Setuju?

Dengan alasan tersebut, Indonesia masih dalam tahap berkembang di industri kreatif digital ini. Dengan persaingan industri kreatif digital yang sekarang semakin marak, seharusnya Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dalam industri kreatif digital. Itulah ulasan mengenai alasan industri kreatif digital perlu diatur di Indonesia.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+