9 Istilah Beken ala Google

  • 8
    Shares

Google sudah populer dengan budaya perusahaan yang unik. Tanpa disadari beberapa istilah beken google menjadi populer seiring dengan popularitas perusahaan mesin pencari itu. Tidak semua istilah ini dibentuk oleh google namun semuanya telah digunakan oleh Google. Coba simak berapa istilah yang sudah Anda ketahui.

Istilah Beken Google

Googleplex

Googleplex merupakan kantor pusat di Mountain View, California, Amerika Serikat. Nama tersebut merupakan permainan istilah antara “Google complex” dan “googleplex”.

Googleplex menyediakan berbagai fasilitas hiburan mulai dari salon, laundry dan makanan gratis. Sekalipun Google pernah mengurangi fasilitas ini akibat resesi ekonomi Amerika Serikat, karyawan google tetap menikmati keuntungan menarik lainnya.

Googlers

Googlers merupakan istilah beken untuk karyawan Google. Ada beberapa variasi istilah untuk sebutan karyawan google mulai “Gayglers” untuk mereka yang lesbian atau gay, Bikeglers untuk karyawan penyuka bike to work secara grup, dan Newglers untuk karyawan baru. Karyawan senior sering disebut dengan istilah Xooglers.

20-Percent Time

Para insinyur Google diberikan keleluasaan untuk menghabiskan 20 persen waktu kerja mereka untuk proyek turunan Google. Filosofi kebijakan ini adalah untuk membantu para Googlers tetap kreatif dan semangat bekerja.

Terkadang proyek 20-percent ini mengalami kebuntuan namun sering berakhir dengan perkembangan terkini dari tawaran Google. Beberapa contoh proyek yang membawa keuntungan seperti Orkut, Google Spreadsheets dan Adsense.

Don’t be evil

Ini merupakan motto tidak resmiGoogle. Kebijakan perusahaan google menegaskan bahwa “kita dapat menghasilkan uang tanpa bertindak jahat (evil)”

Ini merupakan standar tinggi yang ditujukan untuk menjawab berbagai kritik atas kinerja Google. Beberapa kewaspadaan konsumen terkait privasi, dominasi pasar atau sensor di beberapa negara tidak dapat dipungkiri sebagai kritik atas tindakan google yang diibaratkan “evil”.

PageRank

Pagerank merupakan algoritma yang membuat Google seperti saat ini. Algoritma ini dibuat oleh pendiri Google Larry page dan Sergey Brin di Stanford.

Untuk informasi lebih jelas silahkan baca apa itu page rank.

Eating Your Own Dog Food

Jika diartikan bisa berarti “makan makanan anjingmu sendiri”. Ini bukanlah istilah yang berasal dari Google sendiri namun pernah terdengar di sana. Istilah datang dari sebuah ide bahwa jika produk itu sangat bagus seharusnya produk itu digunakan sendiri oleh yang menawarkannya.

Google melakukan ini dengan sebagian besar produknya dengan menggunakan sendiri di kalangan internal perusahaan. Mudah memperbaiki berbagai kelemahan produk jika digunakan oleh kita sendiri.

Istilah ini juga diterapkan di Microsoft.

Bad Neighborhoods

Google menggunakan istilah “bad neighborhoods” kepada website mencurigakan dan spammers. Jika kita bergaul dalam lingkungan yang tidak baik, bisa jadi kita disalahartikan menjadi tidak baik juga. Ini berlaku juga di dunia website. Jika kita memberikan link koneksi kepada konten spam, Google bisa jadi salah mengartikan website Anda sebagai spam dan menurunkan peringkat di hasil pencarian.

Googlebots

Dalam upaya untuk mendata website ke dalam hasil pencarian Google, Google menggunakan program otomatis untuk melacak link demi link dan informasi semua konten dalam sebuah halaman website. Beberapa mesin pencari merujuk hal ini sebagai web spiders, namun Google menyebutnya “bots” dan menyebut versi mereka sebagai googlebot.

I’m feeling Lucky

Jika kita perhatikan halaman utama mesin pencarian Google terdapat tombol “I’m Feeling Lucky”. Entah apa maksud yang satu ini namun, mungkin Google merasa sangat beruntung dan membuatnya dalam sebuah tombol.

Itulah Istilah Beken ala Google

Punya pendapat tentang istilah-istilah beken ala Google yang dibahas dalam postingan ini? Silahkan sampaikan di kolom komentar.

Tips Penting lainnya:

 


  • 8
    Shares
  • 8
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+