9 Analisa Usaha Pangkas Rambut

Analisa usaha pangkas rambut akan menarik minat Anda di bidang bisnis ini. Menjalani usaha pangkas rambut sebenarnya lebih dari sekedar memotong rambut. Interaksi dengan konsumen untuk membuat konsumen nyaman merupakan aspek penting dalam usaha ini. Kepribadian pemangkas rambut tidak kalah pentingnya dengan keahlian dalam memotong rambut. Setidaknya itulah gambaran awal untuk menganalisa usaha pangkas rambut agar mendatangkan keuntungan maksimal.

Analisa Modal

Hal utama sebelum memulai tentu saja adalah kesiapan modal. Mulai dari sewa tempat, peralatan pangkas rambut, gaji karyawan, listrik, dan sebagainya. Sebaiknya semua perhitungan tadi sudah tercakup oleh modal usaha Anda.

Analisa Potensi

Usaha pangkas rambut memiliki potensi yang luar biasa. Setiap satu orang setidaknya akan memangkas rambutnya satu kali dalam sebulan. Jika populasi sebuah tempat mencapat 5000 orang maka mereka semua itulah calon konsumen Anda. Itu sebabnya melihat potensi yang ada merupakan bagian penting dalam analisa usaha pangkas rambut ini.

Mencari potensi ini Anda perlu mengetahui demografi suatu wilayah dan perekonomian mayoritas dari masyarakat tersebut. Tentu Anda tidak ingin menjual jasa dengan harga yang tidak sanggup diraih konsumen bukan? Itulah potensi mudah yang bisa dianalisa untuk peluang usaha pangkas rambut.

Analisa Persaingan

Setelah Anda menyadari betapa signifikannya potensi bisnis pangkas rambut ini, tahap analisa usaha pangkas rambut selanjutnya adalah analisa persaingan.

Cara mudah menganalisa persaingan adalah dengan mengamati langsung usaha sejenis yang sudah ada di lingkungan sekitar. Akan lebih mudah jika Anda mencoba sendiri dari beberapa pangkas rambut yang ada untuk melihat kelebihan atau kekurangan apa yang dimiliki masing-masing penyedia jasa pangkas rambut itu.

Dari pengamatan langsung itu Anda akan mengetahui secara pasti strategi untuk memenangkan persaingan bisnis di bidang ini. Dengan pengamatan langsung yang dilakukan, kemampuan analisa usaha pangkas rambut Anda akan semakin baik seiring berjalannya waktu.

Analisa Tampilan Bisnis

Maksud dari tampilan bisnis ini adalah bagaimana Anda menampilkan lokasi usaha kepada konsumen. Anda bisa menerapkan bahwa setiap konsumen yang datang wajib menerima “salam” dari karyawan pangkas rambut. Jika mereka harus menunggu sampaikan hal tersebut. Beberapa karyawan pangkas rambut memiliki sifat humoris dan tidak canggung untuk bercanda dengan konsumen. Dengan begitu tampilan bisnis pangkas rambut Anda akan dilihat sebagai tempat menyenangkan.

Tampilan selanjutnya bisa ditingkatkan dengan menyediakan majalah, koran sampai tontonan yang berkualitas. Sebuah tontonan olah raga bisa menjadi daya tarik untuk konsumen yang sedang menunggu atau dipangkas rambutnya.

Pastikan pencahayaan cukup, sirkulasi udara lancar dan kondisi ac baik untuk memberikan kesejukan kepada pengunjung. Kebersihan merupakan aspek penting dalam usaha pangkas rambut. Setiap karyawan yang tidak sibuk sebaiknya membersihkan sisir, gunting dan pemotong rambut.

Analisa Layanan

Aspek layanan sebaiknya masuk dalam analisa usaha pangkas rambut Anda. Layanan ini berarti Anda memberikan jasa dengan konsisten. Hal mudah mempraktikan ini adalah selalu buka tepat waktu. Jika konsumen datang dekat waktu tutup, pastikan memenuhi permintaan sekalipun Anda harus agak telat tutup karenanya. Tempat pangkas rambut Anda akan berkesan karena layanan seperti itu.

Berilah perhatian lebih kepada konsumen. Bangun hubungan baik yang akan menumbuhkan kesetiaan konsumen kepada usaha pangkas rambut Anda. Jika konsumen bercerita tentang keluarga atau teman, maka Anda bisa berbicara hal yang sama untuk mencairkan suasana.

Karyawan yang ramah dan baik kepada konsumen akan menghasilkan konsumen yang selalu kembali ke tempat pangkas rambut Anda. Yang terpenting tentu saja merekomendasikan usaha pangkas rambut Anda kepada teman-temannya.

Analisa Lokasi

Memilih lokasi usaha strategis untuk bisnis pangkas rambut juga penting. Pemilih lokasi di tempat yang tidak banyak pesaing dan mendekat ke target konsumen bisa mempercepat pertumbuhan usaha pangkas rambut Anda. Misalkan sebuah pangkas rambut yang didirikan di area sekolah taman kanak-kanak hanya ideal jika target konsumen Anda anak kecil.

Pikirkanlah sejenak siapa yang menjadi target konsumen Anda, kemudian cobalah cari lokasi usaha yang paling sesuai dengan budget Anda. Sama halnya dengan usaha pada umumnya, aspek lokasi penting untuk dipertimbangkan dalam analisa usaha pangkas rambut yang akan Anda jalankan.

Analisa Perlengkapan Usaha

Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan perlengkapan standar sebuah tempat pangkas rambut.

Pertimbangan alat pangkas rambut mulai dari harga, merek dan kualitas. Alat cukur rambut elektrik misalnya, harganya sangat beragam mulai dari Rp 50ribu sampai Rp 100ribu, antara Rp 100ribu sampai Rp 500ribu dan satu juta pun ada.

Sama halnya dengan harga kursi pangkas rambut. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp800 ribu sampai Rp2 juta per kursinya.

Analisa Pemasaran

Mengiklankan tempat pangkas rambut di koran setempat, radio atau selebaran di minimarket terdekat merupakan beberapa contoh pemasaran yang bisa Anda lakukan. Cara-cara ini bertujuan untuk memperluas cakupan konsumen Anda. Jika Anda tidak ingin cakupan luas konsumen maka cukup mengandalkan promosi dari mulut ke mulut saja.

Untuk lebih maju lagi, mengembangkan sebuah website untuk membangun email marketing juga bisa digunakan untuk konsep bisnis pangkas rambut. Anda bisa berbagi tips kesehatan rambut kepada pelanggan setia. Hal sederhana ini akan membawa konsumen selalu kembali ke tempat usaha Anda.

Mendirikan akun media sosial atau membuat facebook fanpage untuk mendekatkan diri kepada konsumen. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan masukan dari konsumen sehingga jasa pangkas rambut Anda semakin diterima.

Hal termudah lainnya adalah menggunakan sms marketing dengan mengumpulkan nomor telepon konsumen Anda. Tentu saja jika mereka memberikan nomornya, Anda bisa berbagi tips tips kesehatan rambut atau info diskon menarik lainnya melalui sms. Hal ini tentu saja juga akan membuat mereka selalu ingat dan ingin kembali ke bisnis pangkas rambut Anda saat membutuhkannya.

Analisa Ekstra

Memberikan pijatan bahu, leher, kepala, tangan sampai punggung seusai pangkas rambut merupakan hal yang luar biasa untuk diberikan kepada konsumen. Kebanyakan pangkas rambut.

Hal-hal sederhana lain yang jarang terpikir adalah menyediakan camilan atau minuman ringan untuk pelanggan yang menunggu. Kebanyakan tempat pangkas rambut melakukan hal ini namun dengan harga yang jauh diatas rata-rata.

Jika Anda menyediakan tambahan makanan/minuman yang bisa dibeli konsumen yang sedang menunggu dengan harga normal tentu itu bisa menambah pemasukan usaha Anda bukan?

Ada Analisa Usaha Pangkas Rambut Yang Terlewat?

Setidaknya itulah berbagai analisa usaha yang penting untuk bisnis pangkas rambut. Mengingat penulis bukan pelaku usaha yang terjun langsung di bidang pangkas rambut, pasti ada aspek analisa yang terlewat di dalamnya. Anda punya analisa untuk ditambahkan? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang