8 Alasan Bisnis Buah Ajaib Anda Wajib Tahu

Jika Anda penyuka tumbuh-tumbuhan bisa jadi memiliki niatan bisnis dengan kesukaan itu. Nah, untuk Anda yang masih menimbang-nimbang bisnis tumbuhan apa yang cocok saat ini bisa mempertimbangkan 8 alasan bisnis buah ajaib ini.

Buah ajaib ini habitat aslinya dari Afrika Barat dan memiliki nama latin Synsepalum dulcificum tampak seperti perdu. Buahnya terlihat seperti melinjo dengan warna merah. Apa saja peluang bisnis yang bisa dikembangkan dari buah ajaib ini?

#1 Meredakan Diabetes

Buah ajaib memiliki kemampuan mengubah rasa pada lidah menjadi manis. Itu sebabnya buah ini sangat bermanfaat untuk pelaku diet gula ataupun penderita diabetes. Rasa manis yang muncul bersumber dari kandungan miraculin. Jika Anda memakannya, lidah akan terasa manis padahal tanpa ada kandungan gulanya.

#2 Baik untuk Diet

Menyoal kegemukan tentu saja akan menjadi perhatian kaum hawa bukan? Sekalipun belum ada efek spesifik untuk kesehatan, beberapa studi menyebutkan buah ajaib sangat efektif untuk diet karena efek rasa manis tadi membuat sugesti rasa manis yang mengenyangkan.

#3 Belum Banyak yang Budidayakan Buah Ajaib

Satu tempat yang membudidayakan buah ini yaitu Sentra Tani Bogor. Deni Hadian (Kepala Sentra Tani Bogor) mengungkap bahwa sesungguhnya buah ini telah masuk Indonesia sekitar 10 tahun silam namun beru terkenal tahun 2010.

Pebudidaya lainnya, Dian Lestari , pemilik Harvin Green di Bogor mulai tertarik budidaya buah ajaib karena mulai tren saat ini dan belum banyak yang berkecimpung di budidaya buah ajaib.

#4 Harga Jualnya Tinggi

Harvin Green menjual satu bibit berukuran 20-30 cm dengan harga Rp 85ribu. Untuk bibit seukuran 50 cm dihargai Rp 125ribu. Untuk yang sudah berbuah dihargai Rp 250ribu sampai Rp500ribu. Omset bisnis buah ajaib miliknya mencapai 10 jutaan per bulan, itu hanya dari satu jenis buah ajaib ini saja. Laba bersih yang bisa didapatkan penjual berkisar 35%-nya.

#5 Konsumen Sangat Spesifik

Kebanyakan pembeli tanaman buah ajaib adalah para kolektor tanaman unik. Di Indonesia, para kolektor ini berasal dari Kalimantan, Bali, Sulawesi sampai Jabodetabek.

#6 Budidaya Tergolong Mudah

Tanaman buah ajaib mudah tumbuh tanpa membutuhkan air dalam jumlah banyak. Sebagaimana iklim negara asalnya, buah ajaib tahan di wilayah bercuaca panas.

Penyiramannya pun cukup dua kali sehari jika cuaca panas dan jika hujan tidak perlu disiram. Yang terpenting adalah tanah harus digemburkan dulu sebelum ditanami.

Budidaya dengan pot pun bisa dilakukan mengingat tinggi maksimal tanaman ini hanya 1 meter dan berukuran mungil.

#7 Terus Berbuah Sepanjang Tahun

Awalnya memang perlu waktu 3 sampai 4 tahun untuk berbuah, namun sekali berbuah, tanaman buah ajaib ini akan terus berbuah sepanjang tahun. Satu pohon akan memiliki sekitar 10 sampai dengan 20 buah. Semakin tua usia pohon semakin banyak buahnya.

Bila di tanam di lahan, jarak tanam antar pohon minimal 2 x 1 meter persegi (m²).  Tanaman ini cukup lama berbuahnya. Deni menyatakan, perlu waktu sekitar tiga hingga empat tahun menunggu tanaman ini berbuah. Tanaman buah ajaib berdaun kecil bahkan akan berbuah dalam satu tahun.

#8 Sedikit Hama

Kewaspadaan hanya perlu diberikan untuk kutu daun sebagai hama tanaman buah ajaib ini. Lokasi paling sering kutu ini ada di daun dan pangkal buah.

Penasaran seperti apa buah ajaib ini?

Lihat lebih jelas

Itulah 8 Alasan Bisnis Buah Ajaib Anda Wajib Tahu

Nah sekarang Anda sudah memiliki informasi peluang usaha buah ajaib ini. Jika Anda memiliki hasrat di agribisnis dan berkeinginan merintis usaha mungkin sudah waktunya untuk memperdalam pemahaman akan buah ajaib ini. Setuju dengan alasan bisnis buah ajaib ini? Silahkan berbagi pendapat.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
Butuh Uang Cepat Tanpa Jaminan? Waktu Proses Hanya 2 Hari Secara Online. Ajukan Pinjaman