7 Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Kantoran

Tidak bisa dipungkiri banyak orang bermimpi meninggalkan kerja kantoran mereka dan memulai bisnis sendiri. Banyak pengusaha sukses mempertahankan pekerjaan rutin mereka sampai pada titik dimana mereka siap untuk memulai bisnis sepenuhnya. Masa transisi ini bisa sangat sulit dan penuh tekanan, terlebih jika Anda tidak menikmati pekerjaan Anda, namun sebenarnya Anda tidak perlu mengalaminya.

Ambisi memang penting, namun itu bukanlah satu hal mutlak yang akan memberi kemajuan. Menjaga motivasi dan mengendalikan diri pada masa transisi dari karyawan menjadi pengusaha sangatlah penting. Akan sangat mudah untuk menjadi “down” dan keluar jalur pada masa perubahan ini. Untuk menghindarkan Anda dari situasi sulit seperti itu, inilah 7 tips membangun bisnis sambil bekerja.

Membangun Bisnis Sambil Bekerja Bukan Hal Mustahil

Miliki Tujuan Jelas Untuk Mulai Bisnis Sambil Bekerja

Pahami tujuan Anda ingin “memulai usaha” merupakan satu langkah besar dalam hidup Anda berbisnis. Mungkin Anda termotivasi untuk menjadi bos bagi diri sendiri, merdeka secara finansial, bebas mengatur waktu, bisa banyak dirumah bersama anak dan sebagainya. Apapun alasan Anda, memahami apa motivasi dan dorongan Anda memulai bisnis akan membantu Anda tetap fokus dan disiplin pada mimpi membangun bisnis sambil bekerja khususnya saat masa sulit datang.

Disiplinkan Diri untuk Meraih Impian

Memiliki hasrat untuk pekerjaan dengan disiplin untuk pekerjaan merupakan dua hal berbeda. Saat Anda disiplin dengan impian Anda, maka akan terjadi ikatan kewajiban untuk menjalaninya sampai sukses yang berarti Anda akan total, Anda menemukan solusi saat menghadapi masalah dan Anda tidak akan menyerah apapun rintangannya. Buatlah sikap disiplin seperti itu dan katakana kepada banyak orang di sekitar Anda.

Buat Visi Pribadi untuk Bisnis Anda

Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari bisnis Anda satu tahun mendatang dan tuliskan keinginan itu dengan sangat spesifik dan jelas. Ceritakan secara detil aktivitas ideal harian Anda, siapa konsumen Anda, berapa banyak konsumen yang didapatkan dan berapa penghasilan bulanan Anda.

Baca visi itu setiap pagi dan malam dengan suara yang cukup terdengar, fokus sepenuhnya kepada hasil akhir, berkembangnya bisnis Anda. Dengan menjaga fokus pada hasil akhir, Anda akan mampu membuat pilihan setiap hari untuk menghindari pikiran negatif yang pasti muncul sewaktu-waktu.

Bergabung dalam Komunitas

Sebuah komunitas biasanya akan berkomunikasi secara rutin untuk saling dukung, bertukar pikiran dan saran bahkan bekerjasama menghadapi rintangan. Komunitas seperti ini bisa sangat berharga bagi Anda yang ingin membangun bisnis sambil bekerja untuk tetap termotivasi.

Sebuah komunitas bahkan dapat dilakukan secara online sehingga tidak terikat ruang dan waktu. Jika Anda tidak dapat menemukan sebuah komunitas yang tepat maka bisa saja Anda membuat komunitas sendiri dengan sesama mereka yang ingin membangun bisnis sambil bekerja.

Jangan Lelah Belajar

Menganalisa dan mempelajari apapun yang Anda temui sangatlah penting untuk perkembangan bisnis Anda. Semakin sering Anda belajar semakin ahli Anda di bidang itu dan akhirnya semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses. Baca buku, artikel dan informasi lain yang berkaitan agar pikiran Anda terbuka dan mendapat ide untuk terus berkreasi. Pikiran terbuka Anda akan membantu Anda menjalani bisnis sambil bekerja dengan penuh percaya diri.

Tetap Berpikiran Positif pada Pekerjaan

Setiap hari, tentukan satu hal positif akan pekerjaan Anda. Mungkin Anda berkesan dengan rekan kerja Anda atau mungkin dengan rasa kopi dari kantin kantor.

Intinya adalah untuk melihat sisi positifnya saja dan tinggalkan sisi negatifnya. Semakin Anda fokus pada hal positif tentang keadaan nyata Anda, semakin Anda akan membawa kesuksesan untuk segala situasi dalam hidup Anda termasuk bisnis Anda. Pikiran negatif akan menguras energi Anda, membuat Anda semakin sulit melangkah menuju impian Anda.

Atur Target Harian

Pilihlah suatu target mudah, masuk akal dan dapat diukur untuk bisnis Anda setiap hari. Dengan cara ini Anda akan menyadari bahwa akan tiba masanya Anda tidak melakukan perubahan apapun. Pada umumnya dimasa awal akan banyak tugas harian. Sadari bahwa itu semua bagian dari membangun bisnis Anda. Dengan mengambil langkah nyata setiap hari, Anda akan mulai melihat hasilnya. Semakin banyak kemajuan Anda buat, semakin percaya diri dan yakin bahwa Anda akan terus maju.

Mengambil sikap seperti ini sambil bekerja kantoran akan membuat Anda tetap fokus, termotivasi dan disiplin untuk mewujudkan impian membangun bisnis sambil bekerja kantoran. Ini juga akan membuat waktu bekerja Anda terasa cepat berlalu.

Bookmark Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Kantoran Ini

Itulah kesemua panduan membangun bisnis sambil bekerja kantoran yang siap digunakan. Jangan lupa bookmark postingan ini agar Anda bisa selalu kembali dan mendalaminya. Semoga sukses.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG