7 Tips Memanfaatkan Google Hangouts untuk Bisnis


Google+ mulai membuktikan diri sebagai media sosial yang ramah untuk bisnis. Hal ini terlihat dengan perkembangan dan inovasi yang dilakukan. Dengan begitu pengguna bisa memanfaatkan media sosial ini untuk memasarkan bisnis mereka sampai menciptakan penjualan.

Salah satu fitur terbaiknya adalah Hangouts. Banyak yang sudah menggunakan fitur ini untuk mengenal teman, keluarga dan rekan kerja mereka. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana pengguna bisa memanfaatkan Google Hangouts sebagai bagian dari pemasaran media sosial?

Untuk menjawab pertanyaan itu, inilah 7 tips memanfaatkan Google Hangouts untuk bisnis:

Rapat Jarak Jauh

Mengadakan sebuah rapat bisa sangat mahal dalam menjalankan bisnis. Ada waktu yang harus diatur, makanan harus disediakan, dan fotocopy bahan yang dipersiapkan. Hampir selalu, rapat dimulai malam hari atau seseorang datang ditengah jalannya rapat sehingga materi harus diulang. Kondisi ini memakan waktu yang banyak. Untuk mengatasi hal ini, Hangouts bisa dimanfaatkan untuk mengadakan sebuah conference call. Pengguna bisa mengadakan tatap muka virtual sampai Sembilan orang tanpa hambatan dan biaya rapat.

Media Pelaksanaan Riset Pasar

Ajak konsumen bergabung dalam Hangouts dimana pengguna bisa bertanya dan mendapatkan informasi tentang kesukaan dan ketidaksukaan mereka terhadap produk atau jasa yang kita berikan. Temukan juga bagaimana konsumen menemukan informasi tentang bisnis yang dilakukan. Pengguna bisa bertanya apakah konsumen menemukan bisnis kita di media sosial lainnya? Ini merupakan cara yang sangat baik untuk memahami konsumen.

Masukan dari Pihak Lain

Sama seperti riset pasar, mendapatkan masukan dari konsumen atas produk atau layanan terbaru atau bahkan sebuah ide baru dapat berjalan berbarengan dengan bisnis yang dilakukan. Pengguna bisa menawarkan kupon diskon jika konsumen hadir dalam Google Hangouts.

Layanan Konsumen

Kita tidak bisa lagi membatasi hubungan dengan konsumen pada surat menyurat atau surat elektronik. Memberikan waktu bertatap muka dengan konsumen memberi kesempatan untuk melihat mereka secara langsung dan menyelesaikan segala masalah atau menerima pujian atas performa bisnis kita. Konsumen senang jika mereka berhadapan dengan manusia lain dibalik layar monitor yang siap mendengar mereka.

Waktunya Berpikir

Media ini merupakan alat pertemuan informal dengan rekan kerja atau bahkan dengan konsumen untuk meningkatkan performa bisnis atau produk. Semua orang memiliki kesempatan untuk menyampaikan opininya dan menyampaikan ide baru yang menguntungkan bisnis sekaligus konsumen. Konsumen akan merasa senang jika dilibatkan dengan cara seperti ini.

Membuat Pengumuman

Jika kita akan mempublikasikan sebuah website bisnis baru, membuka toko baru, mengganti jam atau hari kerja Google Hangouts bisa dimanfaatkan untuk memulai pembicaraan itu. Bahkan sebuah hadiah kejutan bisa ditawarkan agar banyak orang tertarik ikut serta dalam pembicaraan.

Meningkatkan Hubungan

Dari waktu ke waktu, memiliki percakapan biasa dengan konsumen merupakan ide baik untuk perkembangan bisnis. Bahas berbagai hal mulai dari anak-anak, keluarga, pekerjaan, sampai olahraga. Libatkan mereka dalam debat ringan tentang siaran televise favorit atau buku baru yang sedang kita baca. Berika waktu berkualitas dengan konsumen untuk aktivitas di luar bisnis. Pada intinya, yang membuat sukses tidaknya bisnis adalah konsumen, tunjukkanlah bahwa kita peduli.

Hal menarik lainnya dari Google Hangouts adalah fitur On-Air yangs edang dikembangkan. Fitur ini memungkinkan pengguna mencapai pengguna lain dalam jumlah lebih besar melalui bantuan live streaming YouTube. Ini akan menyimpan hangout ke akun kita untuk bisa diedit dan disebarkan di waktu lain. Ini memungkinkan orang yang melewatkan aktivitas live streaming untuk melihat kembali apa yang sudah didiskusikan.

Siap Memanfaatkan Google Hangouts untuk Bisnis?

Sudah terbiasa dengan memanfaatkan Google Hangouts untuk bisnis? Apa fitur favorit Anda? Silahkan berbagi


2 Comments

  1. Pingback: Monthly Report June 2014 Juli 26, 2014
  2. afrid fransisco Agustus 8, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+