7 Fungsi Penting Manajemen Logistik Bagi Perusahaan

  • 7
    Shares

Manajemen logistik apa sih sebenarnya? Sebelum beranjak pada fungsi-fungsi logistik, adabaiknya Anda mengenal dulu apa itu Logistik. Dalam bahasa Yunani, logistic berasal dari dua suku kata, yakni logic yang berarti rasional, masuk akal dan dapat dipertanggung jawabkan, serta thios yang berarti berpikir. Jika kedua arti itu dirangkai, maka logistik akan berarti berpikir secara rasional dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, saat ini pengertian logistik sudah mengalami pergeseran. Kini logistik memiliki arti yakni segala sesuatu yang berupa alat, barang atau sarana prasarana yang digunakan untuk membantu kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Sementara pengertian manajemen logistik sendiri merupakan bagian dari manajemen rantai pasokan yang digunakan untuk menyesuaikan permintaan konsumen melalui beberapa tahapan.

Laluapa saja fungsi manajemen logistik?

  1. Fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan

Sesuai dengan namanya, fungsi ini merupakan tahap pertama dalam manajemen logistik yakni merencan akan dan menentukan kebutuhan dari suatu kegiatan.Pada tahap ini, perencanaan dan penentuan kebutuhan harus mendapat perhatian secara proporsional supaya mendukung efektivitas kinerja tiap unit kerja dan memberikan efisiensi terhadap organisasi secara keseluruhan.

Baca: Peran Manajemen Keuangan Perusahaan

  1. Fungsi penganggaran

Setelah melalui tahap perencanaan dan penentuan kebutuhan, maka dibuatlah anggaran. Anggaran harus dibuat serinci mungkin dengan memperlihatkan pengarahan dan pembatasan tertentu yang berlaku padanya.

Baca: Apa Saja Contoh Manajemen Organisasi?

  1. Fungsi pengadaan

Yakni merupakan tahap dimana terdapat usaha dalam memenuhi kebutuhan operasional yang telah direncanakan, ditentukan dan telah dilakukan penganggaran.

  1. Fungsi penyimpanan dan penyaluran

Setelah barang diadakan, maka dilakukan penyimpanan dan penyaluran kepada instansi pelaksana.

  1. Fungsi pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan suatu usaha untuk mempertahankan kondisi teknis serta daya guna barang sebaik mungkin. Dalam arti lain, pada tahap ini dilakukan sebuah pemeliharaan barang logistik supaya terjamin dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca: 5 Tantangan Pemilik Bisnis Startup

  1. Fungsi penghapusan

Fungsi manajemen logistik ini bisa dilakukan pada barang atau inventaris yang sudah tidak bermanfaat. Yang mana kegiatan ini dilakukan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. (Subagya 1996:92)

  1. Fungsi pengendalian

Terakhir, adalah fungsi pengendalian. Fungsi ini bisa dikatakan sebagai fungsi inti dari seluruh pengelolaan logistik. Pada tahap ini dilakukan monitoring dan pengamanan pada keseluruhan pengelolaan logistik.

Sudah Paham Fungsi Manajemen Logistik?

Itulah penjelasan sederhana akan fungsi manajemen logistik. Sudah paham kan sampai disini?

 


  • 7
    Shares
  • 7
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+