7 Cara Bisnis Melakukan Ekspansi


Cara bisnis melakukan ekspansi dapat beragam bentuknya. Apalagi setelah kamu sudah memahami lebih baik apa itu ekspansi. Sekarang waktunya untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis:

Kolaborasi

Sudah sedikit disinggung sebelumnya, kolaborasi membawa keahlian dan pengalaman baru untuk sebuah bisnis. Dengan menggabungkan kekuatan, kamu bias meningkatkan kesadaran konsumen akan brand bisnis dalam target pangsa pasar yang dituju.

Membuka Lokasi Baru

Jika kamu sudah mendirikan sebuah usaha sukses pada suatu lokasi, satu opsi untuk melakukan ekspansi adalah mendirikan usaha lainnya di tempat yang berbeda.

Ini perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Coba tanya diri sendiri, apakah bisnis kamu sukses karena lokasinya saat ini dan dapat berjalan tanpa peran langsung kamu jika kamu harus menghabiskan waktu di tempat lain memikirkan usaha lainnya?

Buat Franchise Bisnismu

Opsi lain untuk semua orang dengan sebuah model bisnis yang terbukti adalah franchise. Dengan model ini, Franchisee akan mengambil resiko mendirikan usaha di lokasi baru, namun kamu tetap harus bekerja keras mengelola franchise. Model bisnis ini perlu disesuaikan agar dapat berfungsi di beragam tempat berbeda.

Lisensi Produk

Mungkin saja kamu memiliki ide bisnis hebat, namun jika kamu sudah mencapai batas untuk membuat produk dalam skala besar, satu opsi yang tersedia untuk melakukan ekspansi bisnis adalah memberikan lisensi produk itu.

Inilah dimana perusahaan lain mengambil alih tanggung jawab untuk memproduksi dan mendistribusi produk. Mereka mengambil sebagian besar keuntungan dan membayar royalti kepada pemberi lisensi produk.

Model bisnis ini mungkin tidak untuk semua jenis usaha namun banyak pengusaha berhasil dengan lisensi mulai dari games, software, desain.

Jual Produk Atau Jasa Tambahan

Jika konsumen sudah melakukan pembelian dari usaha kamu, dapatkah kamu meningkatkan biaya pembelian dan meningkatkan kesetiaan konsumen dengan menawarkan hal lain yang dibutuhkan konsumen?

Aktivitas ini dapat melibatkan penjualan jasa atau produk dari pihak ketiga dimana kamu akan mendapatkan komisi atau kamu memproduksi sendiri barang atau jasa tambahan itu untuk mengisi permintaan dalam pasar.

Masuki Pangsa Pasar Baru

Ini dapat berarti berjualan di wilayah yang baru, negara yang baru atau kepada konsumen yang baru. Apapun pilihan kamu untuk dimasuki, satu hal pasti adalah kamu harus melakukan riset lebih dahulu.

Jangan berharap mereka akan berperilaku sama dengan konsumen saat ini. Pahami kebutuhan mereka kemudian kembangkan produk relevan untuk memenuhi keinginan mereka.

Melakukan Ekspor

Melakukan ekspor akan menambah pangsa pasar bisnis. Selain itu daya beli konsumen luar negeri juga berbeda dengan konsumen lokal. Perbedaan kemampuan daya beli ini dapat saja menambah keuntungan yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis jangka panjang.

Hadirkan Online

Website atau toko online memungkinkan UMKM melakukan diversifikasi yang efektif. Pilihan mulai dari menjual produk secara online untuk meningkatkan jangkauan konsumen di wilayah geografi lain, atau membawa produk saat ini untuk dapat dipesan secara online, membuat produk itu tersedia kepada dunia secara 24 jam.

Beli Sebuah Bisnis Lainnya



Ini merupakan langkah strategis besar yang mengandung resiko untuk usaha kecil. Mengapa demikian? Karena aspek biaya, waktu dan hukum yang kompleks akan dilibatkan saat membeli sebuah bisnis. Namun jika kamu berhasil menjalankannya, dijamin aktivitas membeli sebuah bisnis lainnya (membeli perusahaan yang sudah berjalan) akan meningkatkan pangsa pasar dan mempercepat pertumbuhan.

Pilih Cara Bisnis Melakukan Ekspansi Yang Sesuai

Menerapkan cara bisnis melakukan ekspansi mengandung resiko. Kesemua strategi yang dibahas di atas pun bukan berarti tanpa resiko. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dan membuat sebuah business plan untuk mendapatkan peluang terbaik dan mengelola resiko sebaik mungkin.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+