6 Dampak Buruk dan Bahaya Tidak Sarapan di Pagi Hari

  • 3
    Shares

Sarapan pagi atau yang kita kenal dengan makan pagi merupakan aktivitas yang wajib dilakukan setiap pagi dan dilakukan secara rutin untuk menjaga pola makan setiap hari. Waktu sarapan pagi mulai dari jam 6 pagi sampai jam 10 pagi ( menjelang siang ).

Makanan yang dianjurkan untuk menjadi santapan pagi hari yaitu makanan yang ringan bagi pencernaan. Makanan yang ringan bagi pencernaan meliputi makanan yang memiliki kadar serat tinggi, protein cukup dan kadar lemak rendah.

Manfaat dari sarapan pagi salah satunya adalah untuk memberikan nutrisi pada otak dan mengendalikan berat badan. Namun beda halnya jika kalian tidak rutin bahkan tidak pernah sama sekali sarapan pagi, apapunalasanya tidak sarapan pagi sangat tidak dianjurkan karena akan menimbulkan beberapa dampak negatif dan bahaya bagi tubuh.

Berikut ini 6 Dampak Buruk Dan Bahaya Tidak Sarapan Di Pagi Hari Bagi Tubuh.

  1. Obesitas

Jarang sarapan pagi bahkan tidak pernah sama sekali sarapan pagi, pastinya di saat siang hari kalian akan sangat kelaparan. Dari situlah pola makan dan porsi makan biasanya diabaikan. Hal itulah yang bisa menimbulkan kegemukan atau yang kita sebut obesitas

  1. Kolesterol Dan Sakit Jantung

Biasanya seseorang yang tidak pernah sarapan pagi cenderung mengkonsumsi lemak daripada nutrisi. Hal inilah yang menyebabkan kolesterol dan sakit jantung.

  1. Haid Tidak Teratur Dan Maag

Tidak sarapan pagi juga dapat mengakibatkan haid atau mentruasi tidak teratur. Lambung yang terus menerus mengeluarkan asam lambung secara terus menerus tanpa ada asupan makanan di dalamnya akan mengakibatkan maag.

  1. Menurunkan Kognisi

Kognisi adalah keyakinan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Ketika tidak ada asupan energi dari sarapan pagi pelajar akan kecepatan untuk menyelesaikan persoalan menurun dan menurunkan kemampuan mengingat.

  1. Diabetes

Menurut penelitian, resiko wanita mengalami diabetes akan meningkat jika tidak rutin dan jarang melakukan sarapan pagi.

Baca: Cara diet Tanpa Olah Raga

  1. Stress Dan Mengalami Gangguan Fisik

Ketika tidak ada asupan makanan di pagi hari, otomatis perut masih kosong sampai siang hari. Keadaan perut kosong itulah yang menyebabkan tidak fokus saar belajar dan bekerja dan pada akhirnya bisa mengakibatkan stress. Tidak hanya itu  gula darah rendah atau hypoglycemia yang diakibatkan karena tidak sarapan pagi akan membuat kalian beresiko mengalami gangguan fisik seperti pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung meningkat.

Ada Dampak Buruk dan Bahaya Tidak Sarapan Lainnya?

Itulah dampak buruk dan bahaya tidak sarapan lainnya. Ternyata sarapan itu memang tidak dapat disepelekan bukan? Bagaimana, setuju?


  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+