5 Tantangan Pemilik Bisnis Startup Harus Hadapi


Tantangan pemilik bisnis startup tetap saja ada sekalipun terlihat lebih menjanjikan dibandingkan bisnis non-startup. Dalam dunia perkembangan teknologi, banyak pemilik usaha yang terinspitasi ingin mengembangkan perusahaan bernilai milyaran. Suka atau tidak, industri berbasis informasi teknologi sangatlah cepat berkembang, sangat luas dan terus menarik perhatian. Penyandang dana dan investor tertarik dengan inovasi teknologi karena potensi keuntungannya tidak terbatas.

Bisnis startup memang terkait erat dengan teknologi, dan sangatlah kompetitif. Sebagai pemain baru di bidang bisnis ini, ketahuilah tantangan pemilik bisnis startup yang harus dihadapi ini.

Perubahan Cepat

Karena kecepatan perubahan teknologi, sangatlah alamiah jika para antusias marketer ingin bergerak cepat mendahului persaingan. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan pergerakan ini akan beresiko kehilangan keuntungan. Anda harus bergerak cepat dan menempatkan rencana kepada aksi nyata sebelum orang lain mencuri ide bisnis Anda.

Lagi-lagi, menjadi pertama yang menawarkan sebuah produk tidak jaminan membuat Anda sebagai pemenang. Sebelum melangkah maju, dapatkan masukan untuk memastikan produk Anda baik. Tempat yang tepat untuk memulai adalah dengan teman dan keluarga. Sampaikan pada mereka akan ide bisnis Anda dan tanyakan masukannya. Jadilah realistis terkait investasi waktu, tenaga dan keuangan untuk mengubah ide itu menjadi konsep bisnis. Dalam dunia bisnis, tidak ada yang lebih menyedihkan ketimbang melihat seorang pengusaha kehilangan ide dan tabungannya.

Ketidakmampuan Mencapai Tujuan




Karena perubahan teknologi sangatlah cepat, Anda mungkin tidak mampu memenuhi semua tujuan yang dibuat sejak awal. Ketimbang menerima kegagalan atau mengubah tujuan, para pendiri bisnis startup memilih untuk membekukan kegiatan. Itu sebabnya banyak startup dengan ide brilian berakhir pada phase tidur. Sampai ada orang lain datang dan mencuri ide itu dan mengubahnya menjadi perusahaan bernilai milyaran.

Perusahaan menengah tidak memikirkan jika satu atau dua proyek mereka mungkin saja gagal. Mereka dapat menerima resiko dan kegagalan. Stratup di sisi lain, tidak dapat menahan kegagalan. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Tidak peduli seberapa sulit proyek itu terlihat. Tidak mengapa jika gagal namun Anda harus mengulang semua dari awal dan jadilah lebih cerdas kali ini ketimbang sebelumnya.

Keputusan Kemitraan

Sebagai pimpinan pemasaran startup, Anda harus bersiap untuk bermitra dengan perusahaan lain. Ketahuilah bahwa bidang aktivitas Anda dan investor potensial mungkin berbeda. Terlepas dari itu, peluang tetap harus dipertimbangkan karena itu bisa mengembangkan bisnis Anda.

Saat menyoal keputusan kemitraan lihatlah prinsip dasar bisnis Anda. Dengan cara ini Anda akan memiliki proses pengambilan keputusan lebih baik untuk diri sendiri dan bisnis startup Anda. Saat membangun bisnis, apapun bidangnya, target inti bisnis seharusnya menjadi fokus untuk semua kebijakan dan hal ini yang terbaik untuk mengatasi resiko. Sebagai pengusaha tentu Anda sadar resiko itu tidak dapat dihindari.

Tantangan Sumber Daya Manusia

Saat tenaga kurang, keputusan mempekerjakan staf baru bisa sangat menantang, apalagi jika Anda bergerak di dunia marketing. Banyak pengusaha pemula mempekerjakan orang terlalu banyak karena salah menterjemahkan beban kerja. Sayangnya memang tidak mudah menentukan beban kerja. Sekalipun Anda beruntung mendapakan investor dengan uang banyak, ingatlah bahwa pengalaman Anda terbatas. Semua bisnis startup akan menghadapi masalah arus kas. Jika Anda ingin berhasil, beri kebebasan pada tim Anda untuk bekerja, dan batasi diri Anda pada sejumlah orang yang wajar.

Serangan Cyber



Dalam konteks tertentu, kebanyakan bisnis modern akan bergantung pada internet untuk pelayanan konsumen dan pemasaran produk mereka. Sebagai pendatang baru, Anda harus mengetahui bahwa perusahaan Anda mungkin saja menjadi korban serangan cyber. Ini merupakan tantangan untuk diselesaikan. Jika Anda tidak mempersiapkan hal ini dengan baik, kerugian bisa lebih besar dari yang diperkirakan. Sebuah mekanisme antivirus, sistem firewall sampai pemanfaatn VPN untuk bisnis bisa menjadi alternative perlindungan berlapis bisnis startup Anda dari serangan cyber.

Hadapi Tantangan Pemilik Bisnis Startup?

Anda ingin memulai bisnis startup? Pastikan Anda mempersiapkan solusi atas tantangan pemilik bisnis startup ini agar perjalanan bisnis Anda dijamin mulus dan lancar. Adakah tantangan lain yang terlewatkan? Ingin berbagi atau bertanya? Silahkan sampaikan di kolom komentar.


One Response

  1. rindu Agustus 21, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+