5 Strategi Warna Cat Toko Kelontong

Warna cat toko kelontong tanpa disadari dapat mempengaruhi perilaku belanja konsumen. Warna yang mengelilingi konsumen saat mereka berbelanja dapat mempengaruhi apakah mereka berbelanja atau tidak. Beberapa konsultan marketing mancanegara bahkan sepakat bahwa warna dalam sebuah toko dapat menciptakan emosi berbeda dan pemilik toko dapat memanfaatkan kondisi psikis ini.

Inilah 5 strategi warna cat toko kelontong dapat mempengaruhi pengalaman berbelanja konsumen.

Menceritakan suasana. Ketimbang memilih warna cat toko secara acak, akan lebih efektif jika Anda memulai dengan tema tertentu dan pilih warna yang mewakili konsep tema pilihan Anda. Misalkan Anda dapat saja menampilkan nuansa pantai dengan warna menyerupai pasir putih, air, dan sinar matahari. Kondisi itu dapat membawa konsumen dalam suasana rileks, tenang, dan memilih untuk berlama-lama di warung Anda.

Seorang pengusaha berbagi pengalaman pilihan warna saat menjual produk alat jahit dan rajut dan memutuskan tema taman antik. Hal itu membuat sang pemilik toko mencari warna cat yang menggambarkan ruang taman. Tembok di cat warna hijau seleri, dan aksen batu bata merah untuk mengesankan pot tanaman.

Konsumen nyaman dan tenang. Warna menenangkan seperti oranye dan cokelat akan mengundang dan memberi “jaminan” pada konsumen. Sedangkan warna sejuk seperti hijau dan biru memiliki dampak menenangkan.

Warna oranye akan membuat Anda bahagia. Konsumen yang senang kemungkinan besar akan berlama-lama di toko kelontong Anda. Ingin warna cat toko kelontong yang membuat konsumen nyaman? Pertimbangkan warna ini.

Beri fokus konsumen pada produk khusus. Toko kelontong Anda punya produk baru, produk promo atau produk khusus lain yang butuh perhatian konsumen? Warna terang seperti kuning dan merah akan mencuri perhatian konsumen. Ini karena kuning merupakan warna yang pertama kali diserap oleh retina mata. Merah, tentu saja, sudah sejak lama melekat dengan arti berhenti yang tersirat dalam lampu lalu lintas, lampu rem kendaraan dan lainnya.

Gunakan warna ini secara proporsional. Terlalu dominan warna merah dapat mengganggu konsumen. Gunakan warna cat toko kelontong terang sebanyak 20% dari keseluruhan warna toko kelontong untuk menciptakan proporsionalitas toko kelontong Anda.

Membangun pengakuan brand. Sebagai bentuk usaha, toko kelontong Anda memerlukan brand juga. Warna dapat meningkatkan pengakuan brand sampai 80% sesuai riset oleh Universitas Loyola di Amerika Serikat.

Jika toko kelontong Anda memiliki logo bisnis maka perpaduan warna cat toko kelontong pilihan Anda akan membantu konsumen mengasosiasikan warna tersebut pada toko kelontong Anda.

Fokus ketimbang berlebihan. Hati-hati dalam menampilkan warna cat toko kelontong Anda. Dalam berjualan tentu Anda ingin produk laku terjual bukan desain warung yang disukai konsumen.

Gunakanlah perpaduan warna cat toko yang proporsional sehingga membantu terciptanya peningkatan penjualan toko kelontong Anda.

Apa Pilihan Warna Cat Toko Kelontong Anda?

Itulah kesemua warna cat toko kelontong yang dapat memberikan dorongan peningkatan penjualan. Punya pendapat lain? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Leave a Reply

CommentLuv badge