5 Peran Pemerintah Dalam Mendorong Tumbuhnya Dunia Usaha

Sektor usaha dapat membantu terciptanya lapangan kerja dan tambahan penerimaan pajak pemerintah. Itu sebabnya akan lumrah jika ada peran pemerintah dalam mendorong tumbuhnya dunia usaha. Baik kecamatan, kabupaten, kota sampai provinsi semuanya akan memberikan stimulus bagi dunia usaha baik individu sampai skala industri.

Dengan demikian tentu saja peran pemerintah tadi dapat dilihat kedalam beberapa hal berikut ini:

Pertumbuhan ekonomi

Pemerintah memiliki kemampuan untuk menciptakan program khusus untuk membantu pertumbuhan usaha, menjaga perkembangannya dan mengembangkan area usaha tertentu. Hal tersebut dilakukan dengan beragam cara mulai dari insentif khusus sampai penciptaan suasana ramah-bisnis seperti cicilan pajak, pelatihan karyawan, lahan gratis, kredit bunga ringan, perbaikan infrastruktur, sampai percepatan proses perijinan.

Pinjaman

Peran pemerintah dalam mendorong tumbuhnya dunia usaha dapat ditunjukkan dengan pemberian pinjaman lunak kepada usaha kecil dan menengah. Kebijakan seperti ini akan mendorong bank lokal untuk menggandeng pelaku UKM yang menjadi prioritas.

Riset dan pengembangan

Peran pemerintah lainnya dapat ditunjukkan melalui kerjasama riset dan pengembangan dengan institusi akademik. Bentuk peran ini misalnya bantuan dana untuk institusi akademik yang mengembangkan teknologi baru yang menguntungkan sektor industri tertentu. Tidak hanya kepada institusi akademik, bantuan juga bisa diberikan kepada perusahaan swasta yang memberikan inovasi kepada sektor vital seperti energi, transportasi, pertanian, komunikasi, dsb.

Perkembangan infrastruktur

Sektor usaha akan maju pesat jika mereka memiliki kemudahan memindahkan bahan baku ke pabrik dan memindahkan barang jadi ke lokasi usaha dan area pemasaran dengan cepat. Jaminan akan jalan raya, jembatan, jalur kereta, Bandar udara, pelabuhan, sistem telekomunikasi dan jalur energi terlalu mahal untuk dikembangkan sendiri oleh satu perusahaan. Disinilah peran pemerintah dalam mendorong tumbuhnya dunia usaha akan semakin diperlukan.

Pelatihan dan pendidikan

Untuk menjamin sektor usaha memiliki akses ke tenaga kerja terampil, pemerintah dapat berperan menyediakan pendidikan gratis untuk pelajar, lebih banyak beasiswa untuk perguruan tinggi dan pelatihan karyawan. Kesemua hal tadi untuk menjamin ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas untuk mendukung perkembangan dunia usaha.

Anda Siap Turut Berperan?

Itulah setidaknya peran pemerintah dalam mendorong tumbuhnya dunia usaha yang penting untuk dilakukan. Jika kesemuanya itu dilakukan tentu perkembangan ekonomi akan semakin baik karena adanya saling dukung antara pemerintah dan dunia usaha. Jika sudah demikian, aktivitas Anda sebagai pengusaha maupun pelajar merupakan bagian dari peran tersebut.

One Response

  1. Nedi Arwandi Januari 20, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+