5 Peluang Bisnis Dari Hobi Menggambar

Hobi menggambar jika dilakukan dengan benar tidak sekedar memberi kepuasan batin tapi juga bisa menjadi peluang bisnis. Menyimak peluang bisnis maka hobi menggambar termasuk sebuah bisnis kreatif karena saat menggambar hanya batasan imajinasi seniman yang bisa membatasi hasil karyanya.

Memang sudah bukan hal aneh lagi jika hobi menggambar bisa mendatangkan sumber penghasilan tambahan pelakunya. Jika sudah demikian bagaimana? Sangat menyenangkan bukan? Untuk kamu yang masih belum yakin menyalurkan hobi menggambar yang terpendam, mungkin inspirasi 5 peluang bisnis dari hobi menggambar ini akan menambah keyakinan kamu.

Menjadi Komikus atau Ahli Menggambar Komik

Komik merupakan buku cerita yang umumnya digemari kalangan muda. Sekalipun demikian kalangan dewasa ada juga yang gemar membaca komik. Kesenangan kamu menggambar komik bisa mendatangkan kesempatan untuk memperoleh penghasilan ekstra dari keahlian menggambar komik.

Besarnya konsumen komik ditambah kemajuan teknologi digital saat ini membuat peluang yang bisa dikembangkan seorang ahli menggambar komik bisa dikembangkan. Keahlian menggambar komik bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk buku komik melainkan juga alur cerita lain mulai dari kampanye sebuah program nasional sampai media sosialisasi. Sebuah informasi yang disampaikan dengan gaya komik tentu akan lebih menarik minat target pemirsanya. Misalkan kampanye kesadaran kebersihan ke kalangan anak SD. Informasi kampanye yang disampaikan dalam bentuk komik akan lebih menarik ketimbang informasi lisan.

Ahli Menggambar Sketsa Wajah

Sketsa wajah merupakan sebuah peluang usaha lainnya yang bisa dikembangkan dari hobi menggambar. Aspek penting untuk mendapatkan konsumen peminat sketsa wajah adalah pemasaran. Kini dengan bantuan media sosial, kamu bisa lebih mudah mendapatkan konsumen untuk sketsa wajah.

Dengan bantuan facebook page misalnya, kamu bisa menawarkan sebuah sketsa wajah bersama foto aslinya. Hasil karyamu bisa menjadi portofolio untuk menarik minat klien sketsa wajah. Melalui facebook page tadi, konsumen yang berminat tentu bisa meninggalkan komentar atau mengirim pesan sebelum akhirnya bertukar orderan sketsa wajah.

Melukis dengan Henna

Melukis dengan henna umumnya dilakukan saat acara pernikahan. Kekhususan penggunaan henna mulai berkembang seiring kemajuan jaman. Kini pemakaian henna tidak sekedar untuk acara pernikahan saja tapi juga untuk beragam kegiatan seperti kontes, lomba fashion, acara sekolah sampai perlombaan.

Kemahiran kamu menggambar dengan henna ini tentu perlu didokumentasikan agar bisa diperlihatkan ke orang lain. Mulailah dari teman dekat. Jika memang berkualitas, tentu karya gambar henna kamu itu akan menyebar dengan sendirinya. Jika sudah demikian, klien akan berdatangan dan penghasilan ekstra dari hobi menggambar ini pun akan didapatkan.

Ahli Desain Interior

Peluang bisnis dari hobi menggambar lainnya adalah untuk bidang properti. Seiring meningkatnya pembangunan properti di kota-kota besar maka kebutuhan desain interior perumahan/apartmen akan meningkat. Untuk kamu yang memiliki kreativitas dalam menciptakan interior ruangan menarik sudah pasti akan ada orang yang berminat untuk memakai jasa kamu.

Untuk kamu yang masih pemula sebaiknya bekerja dulu dengan pihak lain yang sudah berpengalaman. Seiring bertambahnya pengalaman kamu, lakukanlah persiapan yang diperlukan untuk bisa berjalan sendiri. Pelajari bagaimana pemasaran, perancangan gambar desain interior dan penerapan gambar itu menjadi kenyataan. Kesemuanya penting untuk didapatkan dan hanya pengalaman mengerjakan desain interior yang bisa menguatkan mental kamu mengambil peluang bisnis dari hobi menggambar ini.

Membuka Kelas Menggambar

Membuka kelas menggambar tidak sesulit dulu lagi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini kelas menggambar bisa dilakukan secara online.

Mulai dari Youtube misalnya, kamu bisa membuat rekaman video youtube akan aktivitas menggambar sebuah karakter dari awal sampai selesai. Jika video kamu banyak diminati, buatlah seri panduan menggambar kelanjutannya. Semakin banyak penonton maka peluang menghasilkan uang dari iklan youtube semakin besar.

Media sosial facebook juga kini memberikan fitur video yang memudahkan kamu untuk menunjukkan keahlian menggambar. Video yang kamu miliki dalam menunjukkan hobi menggambar akan menjadi modal untuk menarik minat klien membayar jasa kamu untuk melakukan tugas/pekerjaan terkait menggambar.

Selanjutnya tentu saja kelas menggambar konvensional yang berarti kamu harus menyiapkan tempat, kemudian materi, perlengkapan menggambar, dan mempromosikannya kepada pihak-pihak potensial. Misalkan target kamu adalah mendapatkan murid anak-anak usia dini. Maka sebarkan poster atau brosur kelas menggambar di tempat pendidikan anak usia dini terdekat agar bisa diterima para orang tua murid.

Siap Ambil Peluang Bisnis dari Hobi Menggambar?

Itulah peluang bisnis dari hobi menggambar yang akan mendatangkan pemasukan uang tambahan pada pelakunya.

Baca: Cara menggambar kartun Naruto

Namanya sebuah hobi maka uang sebenarnya bukan motif utama melainkan kepuasan batin. Meskipun demikian tidak ada salahnya jika hobi menggambar tersalurkan dengan baik dan memberi manfaat kepada orang lain apalagi memberikan tambahan finansial untuk artisnya. Tentu saja itu akan semakin menarik.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+